Lapis daging boleh jadi masakan yang paling ingin Anda masak untuk saat ini. Entah untuk disajikan pada orang lain di momen spesial atau untuk konsumsi sendiri karena Anda hanya sedang menginginkannya. Pilihan yang tepat karena masakan ini memang sangat pas untuk momen spesial atau untuk sekedar memenuhi keinginan sajian mewah.

Ada cara yang harus Anda ketahui untuk bisa memasak masakan ini tentunya. Sebelum dibahas bagaimana cara membuat lapis daging, Anda akan diberitahu terlebih dahulu bahan apa saja yang harus ada.

Bahan Untuk Membuat Lapis Daging

Supaya resep lapis daging Surabaya ini nanti lebih mudah dipahami, bahan-bahan yang dibutuhkan akan dikelompokan menjadi dua, yaitu bahan utama dan bahan untuk bumbu. Untuk bahan utama, yang dibutuhkan antara lain 2 sendok makan bawang merah goreng, 100 ml kecap manis, 1 buah tomat yang dicincang, 500 ml air, 4 sendok makan minyak sayur, dan 500 gram daging has sapi.

Bahan untuk bumbu yang dibutuhkan antara lain 2 sendok teh garam, 1 sendok teh gula pasir, setengah sendok teh merica bubuk, seperempat butir pala, 2 buah cabai merah keriting, 5 buah kemiri, 5 butir bawang merah, dan 8 siung bawang putih/ bisa juga garlic podwer 1 sdm.

baca juga : resep menu makan siang enak dan praktis

Resep Pembuatan yang Mudah

Jika semua bahan dan bumbu sudah disiapkan, maka langsung saja masuk ke pembahasan bagaimana cara membuatnya. Untuk membuatnya, diawali dengan memotong daging melintang atau berlawanan dengan seratnya.

Dari semua bahan yang digunakan untuk bumbu, kesemuanya ditumbuk sampai halus dan bercampur. Balurkan bumbu tersebut ke daging secara merata. Baru kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit.

Jika sudah, panaskan minyak dan masukkan daging yang sudah dibumbui. Jika sudah beberapa menit kemudian, masukkan tomat yang sudah dicincang disertai dengan kecap manis. Jika dua bahan ini sudah masuk, maka kecilkan api.

Apa yang dilakukan setelahnya adalah menunggu sambil sesekali mengaduk supaya daging matang. Jika sudah matang, Anda bisa mematikan kompor dan memindahkannya ke piring saji. Tidak lupa untuk menambahkan bawang merah goreng supaya lebih lezat. Namun jika anda tidak langsung menyajikan hidangannya, anda bisa menaburkan bawang goreng nanti pada saat menghidangkannya.

Untuk diketahui, resep yang telah dibahas ini akan memberikan 6 porsi lapis daging Surabaya. Cara membuatnya benar-benar mudah, dan jika Anda membutuhkan lebih dari 6 porsi maka Anda hanya perlu mengalikan komposisi bahan-bahan yang telah dibutuhkan. Seperti misalnya jika yang dibutuhkan adalah 12 porsi, Anda hanya perlu mengalikan 2 kali semua bahan yang ada. Berarti daging has sapi yang dibutuhkan nantinya adalah 1000 gram atau 1 kilogram.

Selain bumbu atau bahan di atas, masih ada bahan lainnya yang bisa dijadikan pelengkap atau mendukung lezatnya daging ini.

Cari Bumbu Dari PT. Markaindo Selaras Untuk Rasa Maksimal

Mengolah daging memang harus ekstra hati-hati. Sebab jika salah metode, bisa saja membuat dagingnya terlalu lunak, hancur, atau bahkan terlalu keras untuk dikonsumsi. Selain hati-hati, bumbu yang dibutuhkan untuk mengolah daging akan lebih banyak dan hal ini cukup wajar.

Supaya daging yang diolah lebih terjamin lezatnya, tambahkan bumbu-bumbu spesial dari PT. Markaindo Selaras. Semua bumbu yang ditawarkan terbuat dari bahan alami, sehingga makanan yang disajikan tetap menyehatkan. Bumbu untuk masakan apapun bisa ditemukan, caranya dengan cek websitenya di www.markaindo.com atau langsung menghubungi tim marketingnya di marketing@markaindo.co.id