Ayam panggang memang salah satu masakan lezat yang tidak membutuhkan bahan-bahan mahal dan bahan yang sulit dicari. Daging ayam bisa didapatkan dengan harga murah. Ditambah lagi, dengan sentuhan pengolahan yang benar akan menjadikan daging ayam yang murah menjadi masakan mewah. Salah satunya adalah masakan yang akan dibahas kali ini.

Tidak sulit untuk bisa memanggang ayam sampai menjadi sajian yang benar-benar lezat. Apalagi sudah bermunculan bumbu-bumbu yang fungsinya untuk memaksimalkan cita rasanya. Memilih bumbu yang kaya bahan kimia akan membuat rasanya tak selezat bumbu yang terbuat dari bahan alami. Di akhir akan dijelaskan bagaimana Anda bisa menemukan bumbu alami untuk memaksimalkan kelezatan masakan ini.

Bumbu dan Bahan yang Digunakan

Anda akan memanggang ayam yang rasanya tentu berbeda dengan ayam yang diolah dengan cara lain. Karenanya akan dibutuhkan sedikit lebih banyak bahan. Semakin banyak bahan yang digunakan untuk memasak, maka akan sempurna pula cita rasanya.

Langsung saja, bahan yang Anda butuhkan antara lain 1 sendok makan madu, 2 sendok makan mentega, 1 sendok makan garam, sekitar 1 cm jahe, setengah sendok teh ketumbar, setengah sendok teh merica bubuk, 20 gram bawang bombay, 7 siung bawang putih/ bubuk bawang putih, 100 ml kecap, 100 ml minyak sayur, dan 1 ekor ayam negeri.

Mentega dan madu nantinya digunakan untuk olesan. Kecap, ayam, dan minyak sayur adalah bahan utama.

baca juga : Resep Dimsum ayam ala rumahan yang enak

Cara Membuat dan Penyajian

Untuk diketahui di bagian awal, resep yang akan dibahas ini akan memberikan Anda 8 porsi ayam panggang. Sebelum masuk ke bagaimana cara membuatnya, bersihkan dulu ayam dengan mencucinya. Pastikan kotoran dan sisa darah juga sudah tidak ada.

Pertama-tama, balurkan seluruh bagian ayam dengan garam kasar. Setelah membalurkannya, gosok-gosokkan juga supaya teresap ke dalam daging. Kemudian campurkan bahan yang digunakan untuk bumbu, diantaranya adalah 1 sendok makan garam, sekitar 1 cm jahe, setengah sendok teh ketumbar, setengah sendok teh merica bubuk, 20 gram bawang bombay, dan 7 siung bawang putih. Setelah semua bumbu tercampur, baru kemudian tambahkan kecap.

Oleskan bumbu tersebut ke seluruh bagian ayam, dan taruh ke loyang oven. Panggang selama kurang lebih 1 jam. Setelah selesai, olesi ayam dengan madu dan mentega baru dipanggang lagi sampai kering. Pemanggangan yang kedua ini tidak selama pemanggangan yang pertama. Jika sudah kering permukaannya, bisa segera diangkat dan disajikan. Pastikan sampai permukaannya kering saja, jangan sampai warnanya menjadi hitam atau terlalu gelap. 

PT. Markaindo Selaras Tawarkan Bumbu Khusus Ayam Panggang

PT. Markaindo Selaras adalah perusahaan yang menawarkan banyak jenis bumbu makanan, yang salah satunya adalah bumbu ayam oven yang dipanggang dengan bahan-bahan pilihan. Resep di atas sudah akan memberikan Anda hidangan daging yang lezat, apalagi jika memasaknya sesuai dengan instruksi, pasti berhasil.

Namun mungkin saja, Anda merasa kurang lezat atau ingin membuat sajian kali ini lebih spesial dari biasanya. Jika demikian, maka gunakan saja bumbu-bumbu dari PT. Markaindo Selaras. Tidak hanya difungsikan untuk membuat sajian yang enak menjadi lebih enak saja tetapi, Bumbu yang ditawarkan bisa juga membuat sajian kurang lezat menjadi lezat.

PT. Markaindo Selaras tidak hanya menawarkan bumbu untuk resep ayam panggang oven saja. Masih banyak bumbu lainnya yang juga bisa Anda dapakan di www.markaindo.com atau email marketing@markaindo.co.id