Laksa memang menjadi makanan yang lezat dan pas untuk merayakan momen spesial. Untuk sekedar makan malam atau makan siang pun pasti juga akan pas karena terasa menyegarkan dan mungkin membuat rindu.

Anda yang ingin menjadikan masakan ini sebagai menu andalan di momen spesial nanti, pasti harus tahu bagaimana cara membuatnya. Berikut adalah bahan yang Anda butuhkan dan bagaimana cara membuatnya.

Daftar Bahan yang Harus Ada

Jangan kaget bila Anda akan menjumpai banyak jenis bahan yang harus ada untuk membuat masakan ini. Sebab memang untuk masakan selezat laksa rasanya juga tidak akan mungkin bila hanya membutuhkan sedikit bahan saja. Supaya lebih mudah, bahan-bahannya akan dikelompokkan menjadi bahan utama, bahan pelengkap, dan bahan untuk membuat bumbu halus.

baca juga : Resep ayam panggang oven yang enak

Bahan utama yang dibutuhkan adalah gula, garam, minyak goreng, 65 ml santan instan, 100 ml susu UHT, 1,5 liter air matang, 1 ruas jahe, 4 lembar daun jeruk, 4 lembar daun salam, 2 batang serai, seperempat buah lemon atau jeruk nipis, dan seperempat ekor ayam.

Jahe dan serai batang harus dimemarkan terlebih dahulu. Juga tak lupa untuk mencuci ayam terlebih dahulu sebelum diolah.

Bahan pelengkap yang dibutuhkan antara lain bawang goreng, bihun, cabai bubuk, acar timun, jeruk limau, kecap manis, sambal, tauge, daun kemangi, emping, telur rebus, ayam suwir, dan oncom yang telah digoreng.

Bahan untuk membuat bumbu halus adalah 9 butir kemiri, 5 ruas kunyit, 12 siung bawang putih, dan 5 siung bawang merah. Memang hitungan siung yang dibutuhkan, bukan butir atau buah, sebab memang dibutuhkan banyak bawang merah dan bawang putih untuk membuat masakan ini.

Cara Membuat

Meskipun bahan yang dibutuhkan cukup banyak, resep laksa kali ini tidak akan ribet. Memang sedikit saja ribetnya, namun tidak akan seribet yang dibayangkan. Diawali dengan mencuci ayam sampai bersih, dan melumurinya dengan air lemon atau air jeruk nipis (tergantung yang disiapkan). Diamkan sampai 15 menit dan bilas.

Jika sudah, rebus ayam yang telah terlumuri ini ke dalam air sebanyak 1,5 liter. Tidak lupa untuk menambahkan bahan-bahan seperti serai, jahe, daun jeruk, dan daun salam. Gunakan api kecil untuk kali ini.

Semua bahan di bagian bumbu halus yang telah disebutkan ditumis sampai benar-benar harum. Jika sudah selesai ditumis, masukkan bumbu ini ke dalam panci yang sudah ada ayamnya. Tambahkan juga garam dan gula. Tunggu sampai ayam lebih matang.

Jika sudah, maka goreng ayam sampai keemasan. Ke dalamnya ditambahkan susu UHT dan santan instan. Tunggu sambil sesekali mengaduknya sampai matang dan bercampur.

Jika sudah, maka ayam siap disajikan dengan bahan pelengkap. Bahan pelengkap seperti telur, oncom, kemangi, bihun, dan tauge. Kemudian tuangkan kuah yang berisi campuran susu UHT dan santan instan tadi. Setelahnya, tambahkan bahan pelengkap lainnya seperti jeruk limau, kecap manis, cabai bubuk, bubuk bawang putih, sambal, dan acar.

Bumbu Khusus Dari PT. Markaindo Selaras Untuk Laksa Lebih Lezat

Bahan-bahan di atas belum cukup memberikan kelezatan sempurna untuk masakan yang akan disajikan. Oleh sebab itu, Anda harus menambahkan bumbu-bumbu ekstra yang bisa mendukung kelezatannya.

PT. Markaindo Selaras menawarkan bumbu yang dimaksud ini. Bumbu yang bisa membuat cita rasa masakan ini menjadi terjamin lezat. Coba sendiri perbedaan masakan dengan bumbu ini dengan yang tidak, dengan cara memesan melalui www.markaindo.com maupun marketing@markaindo.co.id