Bumbu dapur sudah menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari yang harus selalu ada untuk mengolah aneka masakan. Selain memiliki rasa dan aroma yang unik, tiap bumbu masak juga memiliki manfaat tersendiri, lho. Berikut aneka bumbu masak dan manfaatnya yang perlu Anda ketahui.

  1. Kayu Manis

Kayu manis termasuk sebagai salah satu bumbu yang bisa meningkatkan kualitas rasa dan aroma dari makanan dan minuman. Kayu manis bisa memberikan rasa manis, sehingga makanan/minuman yang diolah dengan bahan ini tidak perlu ditambahkan banyak gula.

Kayu manis juga memiliki banyak manfaat, diantaranya bisa mengontrol kadar gula darah, menurunkan kolesterol, dan mencegah penyakit jantung.

  1. Bawang Putih dan Bawang Merah

Kedua jenis bumbu ini sepertinya sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat, karena hampir digunakan setiap hari. Bawang putih dan bawang merah bisa dijadikan sebagai campuran bumbu untuk meningkatkan rasa masakan, sekaligus bahan tambahan (bawang goreng).

Bumbu yang memiliki aroma tajam dan rasa gurih ini ternyata bisa menurunkan tekanan darah, serta menyehatkan jantung, lho.

  1. Cabai

Bumbu yang khas dengan rasa pedas ini banyak ditemukan pada masakan kental bercita rasa pedas. Cabai terdiri dari banyak jenis, yakni cabai merah, hijau, rawit, keriting, dan lainnya.

Dalam masakan, cabai biasanya diolah dengan cara dihaluskan, dikeringkan, dan diiris, sesuai dengan jenis masakan dan tingkat kepedasannya. Sebagai tambahan informasi, cabai bisa berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh.

  1. Lada

Jika ingin memasak makanan pedas, lada menjadi salah satu bumbu yang tidak boleh sampai terlewatkan. Tidak hanya bisa meningkatkan kualitas rasa pada makanan, lada juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Lada bisa membantu mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh.

  1. Jahe

Jahe menjadi tanaman yang sangat terkenal saat ini, karena memiliki banyak khasiat, dan sering digunakan pada makanan dan minuman. Bumbu yang satu ini biasa digunakan pada masakan bersantan maupun tumis.

Contoh produk olahan jahe yang banyak dikonsumsi adalah wedang jahe dan gingerbread (kue kering khas inggris).

  1. Kunyit

Jenis bumbu selanjutnya adalah kunyit yang berfungsi sebagai pemberi rasa sekaligus pemberi warna pada makanan. Kunyit sering digunakan di berbagai menu makanan, seperti nasi kuning, pepes ikan, dan nasi goreng daun kunyit.

Bahkan tidak hanya makanan, kunyit juga bisa diolah sebagai minuman yang menyehatkan dengan rasa yang unik. Kunyit bisa mengurangi komplikasi kardiovaskular, gejala arthritis, mual, mencegah penyakit jantung, serta mengobati maag dan menjaga kesehatan pencernaan.

  1. Cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu jenis bumbu masakan khas Indonesia yang digunakan pada banyak jenis masakan. Selain menjadi bumbu masakan, cengkeh juga digunakan sebagai bahan produk kesehatan gigi, karena bisa mengobati penyakit gigi dan gusi.

Dapatkan Bumbu Dapur Lengkap dan Berkualitas di PT. Markaindo Selaras

Supaya bisa mendapatkan masakan dengan rasanya maksimal, Anda bisa membeli aneka bumbu dapur instan alami di tempat terpercaya. Salah satu tempat terpercaya yang menyediakan bumbu lengkap dan berkualitas adalah PT. Markaindo Selaras.

Perusahaan ini jual bumbu dapur instan terbaik yang Anda butuhkan untuk memasak semua jenis makanan dengan harga yang bersahabat. Aneka produk bumbu dari PT. Markaindo Selaras bisa Anda lihat dengan mengakses website www.markaindo.com

Beberapa jenis bumbu masak instan yang tersedia di PT. Markaindo Selaras adalah lada bubuk, cabai bubuk, dan kunyit bubuk. Pemesanannya pun bisa dilakukan secara online dengan mudah dan cepat melalui email di marketing@markaindo.co.id