Mungkin tidak sedikit masyarakat yang menjadikan mie cakalang sebagai menu makanan kesukaannya. Menu mie yang satu ini memang memiliki rasa yang lezat dan cocok sebagai penghangat di musim hujan.

Sekilas tentang Mie Cakalang

Mie kuah cakalang merupakan salah satu jenis menu sajian hidangan utama yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Mie khas Manado ini sangat terkenal karena memiliki aroma ikan cakalang yang begitu kuat.

Mie kuah cakalang sangat cocok disajikan selagi hangat, ditambah dengan sambal sebagai penyedap rasanya. Anda bisa menemukan mie kuah cakalang diberbagai tempat makan yang ada di Manado Sulawesi Utara.

Jika berada di luar daerah Manado, Anda juga bisa mencicipi nikmatnya mie kuah cakalang dengan membuatnya sendiri di rumah. Saat ini, resep mie cakalang sudah banyak beredar di berbagai media dan bisa diakses dengan mudah.

Mie Cakalang Jadi Menu Andalan di Manado

Selain bubur Manado, mie kuah cakalang juga termasuk sebagai menu Andalan bagi masyarakat Manado, Sulawesi Utara. Menu olahan mie ini sering dijadikan menu sarapan yang kemudian disajikan dengan bubur Manado.

Rasa dari mie kuah cakalang sangat menyegarkan, sehingga sangat disukai, dan biasanya disajikan juga dengan sambal. Sambal yang disajikan bersama mie kuah cakalang terdiri dari 2 jenis, yakni sambal cuka dan sambal Lombok ijo/merah.

Bahan Mie Cakalang

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat mie adalah mie telur, minyak goreng, dan sawi hijau (potong-potong kecil). Siapkan juga ikan cakalang (suwir), irisan daun bawang, dan bawang merah goreng.

Kemudian untuk kuahnya, siapkan bawang putih (cincang halus), air, garam, merica bubuk, dan minyak goreng. Selanjutnya, untuk sambal cuka, bahan-bahannya adalah cabe merah, bawang putih, cuka, garam, dan air kaldu cakalang.

Cara Membuat Mie Cakalang

Pertama, didihkan air dalam panci, kemudian masukan mie ke dalam panci berisi air mendidih tersebut, berikan sedikit minyak goreng. Rebus mie hingga lunak, lalu angkat dan tiriskan. 

Setelah itu, panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan, lalu tumis bawang putih hingga harum dan masukan suwiran ikan cakalang. Kemudian, masukan daun bawang, sawi, dan merica ke dalam bahan tumis tadi, lalu tambahkan air, tunggu hingga mendidih. Jika kuah mie sudah mendidih dan mie sudah matang, silahkan angkat dan tiriskan mie. 

Cara Penyajian Mie Cakalang

Khusus untuk penyajiannya, tata mie di piring saji, lalu siram dengan kuah yang telah dibuat tadi. Setelah itu, taburkan bawang goreng di atas mie, dan mie kuah cakalang khas Manado siap disantap bersama sambal cuka.

Sebagai tambahan informasi, proses pembuatan mie kuah cakalang khas Manado bisa berlangsung selama 70 menit. Sedangkan waktu untuk menyiapkan bumbu bisa berlangsung cukup singkat, yakni selama 20 menit.

Maksimalkan Rasa Mie Cakalang dengan Aneka Bumbu dari PT. Markaindo Selaras

Setelah mengetahui apa saja bumbu yang diperlukan dalam resep mie cakalang, Anda bisa langsung menyiapkannya. Aneka bumbu dari PT. Markaindo Selaras merupakan bumbu berkualitas yang bisa Anda gunakan untuk membuat mie kuah cakalang.

Tidak hanya bumbu untuk membuat mie kuah cakalang, PT. Markaindo Selaras menyediakan bumbu untuk semua jenis masakan. Setiap bumbu yang tersedia bisa Anda temukan di www.markaindo.com, dan untuk pemesanannya, silahkan hubungi email marketing@markaindo.co.id. Tingkatkan cita rasa mie kuah cakalang buatan Anda dengan aneka bumbu dari PT. Markaindo Selaras.