Pie susu atau pastei susu merupakan salah satu makanan manis yang berasal dari Bali, dan cukup diminati oleh masyarakat. kue dengan tekstur smooth dan crunchy ini ternyata memiliki sejarahnya tersendiri dan cara pembuatan yang unik, lho.

Asal-Usul Pie Susu

Pastei susu pertama kali diperkenalkan di Hong Kong pada tahun 1940 oleh Tengs Cha Chaan. Kue ini pada mulanya diperkenalkan dari café dan toko roti.

Banyak teori yang beredar terkait asal usul dari pastei susu yang kini juga termasuk salah satu makanan khas Bali. Sebuah teori mengatakan jika pastei susu merupakan kue hasil adaptasi dari tart mustard asal Inggris.

Selain itu, ada juga teori lainnya yang mengatakan bahwa pastei susu mirip dengan kue pastel de nata asal Portugis. Sedangkan pastei susu khas Bali merupakan gabungan menu pastei susu dari Hong Kong dan Portugis.

Aneka Sebutan Pie Susu

Cukup terkenal di seluruh dunia, pastei susu juga memiliki sebutan masing-masing di setiap daerah. Di Hong Kong dan beberapa negara asia lainnya, pastei susu juga disebut sebagai egg tart dan termasuk dalam jenis kue tart custard. Sedangkan di Indonesia, khususnya di kawasan Bali, kue kering ini juga disebut dengan sebutan longgo.

Resep Pie Susu Bali

Resep pie susu pertama yang bisa Anda coba adalah pie susu khas Bali. Jika ingin membuatnya, Anda perlu menyiapkan tepung rendah protein, margarin, butter, gula halus dan telur, sebagai bahan crustnya.

Kemudian untuk bahan fla susunya, siapkan susu cair full cream, creamer kental manis, tepung maizena dan kuning telur. Cara membuatnya, pertama, campurkan semua bahan crust kemudian aduk lalu uleni hingga tercampur rata dan bisa dibentuk.

Setelahnya, olesi cetakan pie dengan margarin, lalu cetak adonan crust sebanyak 20 gram pada cetakan, kemudian tusuk-tusuk dengan garpu. Ketiga, campur semua adonan fla susu, aduk hingga rata, lalu saring dan tuang adonan fla di atas adonan crust.

Jika sudah, panaskan oven lalu panggang adonan pastei susu tadi ke dalam oven hingga matang (crust berwarna kecoklatan). Setelah pastei susu Bali sudah matang, keluarkan dari cetakan dan sajikan selagi hangat.

Kreasi Pie Susu

Selain pastei susu original, Anda juga bisa membuat kreasi pastei susu sesuai dengan keinginan dan selera. Salah satu contoh kreasi pastei susu yang bisa Anda coba adalah pastei susu keju yang memiliki rasa manis gurih.

Kreasi pastei susu ini sangat cocok untuk Anda yang juga menyukai aneka olahan keju dan cemilan gurih. Pastei susu yang umumnya berukuran kecil juga bisa dikreasikan, salah satunya dengan membuat pastei susu jumbo. 

Tidak hanya pastei susu keju dan jumbo, Anda juga bisa membuat pastei keju ekonomis dengan 1 telur. Jika tidak memiliki oven, pastei susu juga bisa Anda buat dengan menggunakan Teflon, sehingga menjadi pastei susu Teflon.

Kreasikan Pie Susu dengan Aneka Tepung dan Bumbu dari PT. Markaindo Selaras

Setelah mengetahui resep pie susu Bali, Anda perlu menyiapkan bahan utama dan pelengkap yang akan digunakan. Supaya pastei susu yang dibuat lebih nikmat, Anda bisa menggunakan aneka tepung dan bumbu dari PT. Markaindo Selaras.Perusahaan ini menyediakan berbagai jenis produk tepung dan bumbu untuk semua jenis masakan dengan kualitas yang terjamin. Anda bisa langsung mencari produk yang dibutuhkan dengan mengunjungi website di www.markaindo.com. Cara pemesanannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengirimkan pesan via email ke marketing@markaindo.co.id.