Fosfat adalah salah satu zat kimia yang berperan penting untuk tubuh. Salah satu peranannya untuk membantu pembentukan struktur sel serta memproduksi energi. Fosfat terdapat pada beragam jenis makanan. Ketika manusia mengonsumsi makanan maka tubuh menyerap fosfat. Di dalam tubuh manusia, sekitar 85% fosfat terdapat di dalam tulang. Kenali kegunaan fosfat untuk makanan sehat dalam ulasan selengkapnya berikut ini.

Mengenal Fosfat

Agar lebih memahami apa itu fosfat, secara singkat ini adalah zat kimia yang memiliki kandungan fosfor. Fosfor yang ada di dalam makanan akan masuk ke dalam usus lalu diserap. Kemudian fosfor di dalam usus bercampur dengan oksigen yang kemudian membentuk fosfat. Fosfat menjadi salah satu zat penting dalam mendukung sistem kinerja di dalam tubuh manusia.

Manfaat Fosfat

Peranan fosfat penting untuk tulang dan gigi, saraf, otot, hingga sel-sel tubuh. Jika dijelaskan lebih lanjut, manfaat fosfat antara lain yaitu mendukung pembentukan tulang dan gigi serta memperkuatnya. Kemudian, fosfat juga bermanfaat untuk membantu membuat fungsi saraf serta kontraksi otot berjalan dengan baik. Selain itu, fosfat bermanfaat sebagai bahan baku untuk pembentukan struktur penting di dalam sel tubuh.

Penggunaan Fosfat Budenheim dalam Makanan

Fosfat juga tersedia sebagai campuran bahan olahan makanan. Maka dari itu, Markaindo jual fosfat food grade dengan kualitas terbaik seperti produk dari Budenheim. Budenheim adalah sebuah perusahaan kimia di Jerman. Budenheim memproduksi fosfat dan produk turunannya. 

Perusahaan Budenheim merupakan pionir di bidang teknologi fosfat yang telah berpengalaman selama 50 tahun lebih. Teknologi yang digunakan Budenheim adalah ciptaan sendiri, yaitu metode produksi melalui ekstraksi untuk memurnikan phosphoric acid. Metode ini dinamakan dengan Budenheim Process. Di samping itu, Budenheim juga memiliki teknologi khusus untuk membuat produk fosfat specialties.

Kelebihan Fosfat Budenheim Dibandingkan Produk Lainnya

Fosfat Budenheim memiliki kelebihan dibandingkan produk lainnya yang sejenis. Kelebihannya ada pada komposisi produk serta teknologi produksi yang digunakan. Komposisi fosfat Budenheim optimum untuk setiap penggunaan. Sementara, dari segi teknologi, semua produk Budenheim dibuat melalui proses produksi yang menggunakan teknologi spray drying

Teknologi tersebut membuat hasil produk berupa chemical blend atau campuran kimiawi, dan bukan sekadar mechanical blend yang bercampur secara fisik saja atau physical mixing. Selain itu, penerapan teknologi spray drying membuat hasil produk yang sepenuhnya homogen. Jadi, tingkat kelarutan atau solubility yang dimiliki tinggi. Fosfat dengan solubility memberikan efek yang begitu signifikan untuk proses pengolahan makanan. Terutama, pada produk daging olahan dan hasil laut.

Kegunaan Fosfat Budenheim untuk Olahan Daging dan Hasil Laut

Ada dua merek fosfat Budenheim yang paling umum, yaitu Abastol dan Carnal. Keduanya digunakan untuk berbagai produk hasil laut dan olahan daging. Tujuan penggunaan fosfat Abastol dan Carnal tersebut di antaranya yaitu untuk memperbaiki penampakan produk serta mempertahankan nilai nutrisinya, misalnya yakni mineral dan vitamin. 

Fosfat ini juga penting untuk meningkatkan berat produk, mengurangi susut pemasakan, menghambat perkembangan bakteri, menghasilkan tekstur produk kenyal dan empuk serta mencegah tengik.

Semua produk fosfat Budenheim mudah sekali digunakan, juga sederhana serta efisien. Hasilnya juga memuaskan. Selain itu, produk Budenheim juga aman dan halal. Anda bisa membeli semua produknya di Markaindo. Markaindo juga menyediakan aneka produk tepung dan bumbu dapur lengkap. Untuk pembelian, Anda bisa mengunjungi website www.markaindo.com atau kirimkan email ke marketing@markaindo.co.id. 

Baca Juga : Mengenal Aneka Macam Teh dan Manfaatnya untuk Kesehatan