Roti goreng menjadi salah satu makanan paling favorit di Indonesia. Biasanya, roti yang digoreng ini menjadi alternatif menu sarapan bagi yang diburu waktu sehingga tak sempat menyiapkan makanan. Selain itu, roti goreng juga bisa menjadi makanan ringan yang dinikmati sesekali di waktu santai. Maka dari itu, roti goreng ini pun dapat dijadikan ide bisnis. Apalagi, resepnya sangat mudah. Banyak resep roti goreng simpel yang bisa Anda coba. Mari simak dalam ulasan selengkapnya.

Resep Roti Goreng Paling Mudah dan Enak

Bahan yang digunakan untuk membuat roti goreng sangat sederhana. Selain itu, cara membuatnya juga simpel. Berikut resep roti goreng simple untuk dijadikan menu sarapan maupun ide bisnis kuliner:

Roti Goreng Sosis

Bahan:

260 gram tepung terigu protein tinggi

1 sendok teh ragi instan

1 butir telur

30 gram gula

30 gram mentega

100 ml susu cair

Garam secukupnya

Bubuk vanila secukupnya

Sosis secukupnya

Tepung panir secukupnya untuk pelapis

Cara Membuat:

1. Campurkan susu cair dan telur dengan total 180 ml. Gunakan wadah terpisah. Ayak tepung terigu dengan vanili bubuk. Taruh di dalam wadah terpisah yang telah disiapkan, lalu sisihkan.

2. Campurkan terigu, gula dan ragi instan. Tambahkan campuran susu dan telur. Tuangkan sedikit-sedikit saja, jangan sekaligus semua dimasukkan.

3. Uleni sampai setengah kalis. Lalu tambahkan mentega dan garam. Uleni kembali sampai kalis.

4. Ambil adonan secukupnya. Lalu bentuk bulat kemudian pipihkan. Taruh sosis yang sudah dipotong di bagian tengah adonan. Satukan kedua ujung adonan.

5. Celupkan adonan isi sosis ke dalam air. Gulingkan di tepung panir. Kemudian diamkan dahulu selama 1 jam sampai mengembang dua kali lipat.

6. Panaskan minyak goreng. Gunakan api kecil untuk menggoreng roti sampai matang dan kedua sisinya berwarna keemasan. Siap disajikan.

Selain roti dengan isi sosis yang gurih, Anda juga dapat membuat roti goreng dengan isian cokelat yang manis. Resepnya juga mudah.

Roti Goreng Isi Cokelat

Bahan:

15 sendok makan tepung terigu

1 sendok teh ragi instan

1 sendok teh gula pasir

4 sendok makan air hangat

4 sendok makan susu UHT

2 sendok makan tepung maizena

2 sendok makan mentega

Cokelat blok secukupnya

Cara Membuat:

1. Pertama-tama aktifkan ragi. Caranya, campurkan ragi, air hangat dan tambahkan gula. Tunggu sekitar 5 menit hingga berbusa.

2. Lelehkan mentega, taruh di wadah kecil. Siapkan wadah terpisah. Lalu, masukkan tepung, susu UHT, ragi. Aduk rata. Kemudian tambahkan mentega. Uleni sampai kalis.

3. Gunakan wrap untuk menutup adonan. Diamkan 1 jam sampai adonan mengembang.

4. Kempiskan adonan. Uleni sebentar. Kemudian, pipihkan adonan lalu isi dengan cokelat. Setelah semua adonan terisi cokelat, diamkan 10 menit.

5. Panaskan wajan. Gunakan minyak sedang dengan api panas untuk menggoreng hingga matang. Angkat. Taburkan gula halus di atas roti goreng. Siap disajikan.

Demikian resep roti goreng yang sangat simpel. Anda bisa menggunakannya untuk membuat sendiri di rumah. Resep tadi juga dapat dijadikan referensi untuk ide bisnis rumahan bakery. Untuk bahan tepung yang berkualitas, Anda bisa memesannya di Markaindo. Tersedia aneka macam jenis tepung lengkap. Ada juga berbagai bumbu dapur dari Markaindo. Untuk pemesanan kunjungi website www.markaindo.com atau bisa mengirimkan email ke marketing@markaindo.co.id.