Teh menjadi salah satu minuman yang sangat populer. Bahkan teh menjadi minuman populer di seluruh dunia. Kalau di Jepang, biasanya ada upacara minum teh untuk jamuan tamu. Sedangkan, di Inggris, ada budaya minum teh seperti afternoon tea. Di samping itu, teh juga menjadi pilihan bagi yang kurang suka dengan kopi. Sebab, kandungan kafein di dalam teh lebih rendah. 

Aneka Macam Teh dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Teh lebih dari sekadar minuman alami yang menyegarkan. Namun, beberapa jenis teh juga memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Manfaat tersebut di antaranya seperti mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, menurunkan berat badan, dan lainnya. Berikut jenis aneka Macam teh beserta manfaatnya untuk kesehatan tubuh:

Teh Hitam

Teh hitam dianggap memiliki rasa paling kuat kalau dibandingkan dengan teh jenis lainnya. Namun, biasanya teh hitam mempunyai kandungan kafein lebih rendah kalau dibandingkan dengan kopi. Banyak manfaat teh hitam seperti salah satunya antioksidan. Menurut penelitian di National Library of Medicine, antioksidan pada teh hitam dapat menjauhkan radikal bebas serta mencegah sel tubuh dari kerusakan.

Teh Hijau

Teh hijau sangat populer. Apalagi, teh hijau juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat tersebut seperti menyehatkan otak, meminimalisir risiko penyakit jantung dan kanker, serta membuat berat badan menurun. Ini semua berkat kandungan antioksidan yang tinggi serta kafein di dalam teh hijau.

Teh Putih

Teh putih dianggap memiliki kandungan antioksidan paling tinggi. Selain itu, manfaat teh putih juga banyak, seperti menangkal radikal bebas, mengurangi risiko sakit jantung, menurunkan berat badan, melawan kanker, melindungi gigi dari bakteri, mencegah osteoporosis, menurunkan risiko resistensi insulin dan masih banyak lagi. Maka dari itu, minuman teh putih juga sangat baik untuk tubuh.

Teh Oolong

Teh oolong adalah teh yang berasal dari China. Ini adalah jenis teh tradisional di mana daun tehnya diambil dari tumbuhan bernama camellia sinensis dengan banyak manfaat. Di dalam teh oolong terdapat kandungan antioksidan yang dapat menurunkan insulin dan kadar gula darah di dalam tubuh. Teh oolong juga mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada orang yang meminumnya.

Teh Puerh

Teh puerh juga berasal dari China. Cara pembuatannya dengan fermentasi dari daun teh yang umurnya sampai puluhan tahun. Pembuatan melalui cara fermentasi menjadikan teh puerh baik sebagai probiotik atau bakteri baik untuk tubuh. Cara kerja probiotik yaitu dengan cara mengendalikan nafsu makan, juga mengontrol gula darah. Maka dari itu, teh puerh cocok untuk membantu menurunkan berat badan.

Teh Herbal

Teh herbal tidak terbuat dari daun teh. Ini adalah jenis teh dengan bahan dari rempah-rempah, buah-buahan kering atau bunga. Misalnya, seperti teh chamomile, rooibos, krisan dan kembang sepatu. Manfaat teh herbal sudah sangat terkenal, terutama untuk kesehatan. Contohnya, teh chamomile memberi efek menenangkan, sehingga dapat membantu mengatasi stres, juga menjadikan tidur Anda lebih nyenyak serta berkualitas.

Itu tadi keenam jenis aneka macam teh dan manfaatnya untuk kesehatan. Teh paling enak dinikmati dengan makanan ringan sebagai pendampingnya. Misalnya, minum teh dengan ditemani roti dan waffle buatan sendiri. Bikin yang mudah dengan resep simpel. Dapatkan bahan tepung berkualitas di Markaindo. Ada aneka macam tepung sampai bumbu dapur juga tersedia. Untuk pemesanan, kunjungi website www.markaindo.com atau kirim email ke marketing@markaindo.co.id.

Baca Juga : Aneka Jenis Tempe yang Terbuat dari Berbagai Macam Bahan