Ada banyak sekali teknik mengempukkan daging yang bisa dipilih sesuai tingkat kepraktisan dan juga kebutuhan. Masing-masing teknik punya kelebihan dan kekurangan, serta ada kalanya harus dipertimbangkan sesuai kecocokan dengan menu yang akan dibuat. Yuk, simak 3 cara mengempukkan daging yang wajib dikuasai pencinta masakan!

  1. Sous Vide

Akan dibutuhkan plastik kedap udara untuk melakukan teknik ini. Kantong plastik kedap udara yang disiapkan akan digunakan untuk membungkus daging. Setelah dibungkus, daging direndam ke dalam air dingin alias bersuhu rendah. Bisa dengan cara ini saja, namun juga bisa ditambahkan bahan lain.

Bahan yang dimaksud antara lain minyak zaitun, lemon, dan bawang putih. Untuk apa bahan-bahan ini? Selain untuk mengempukan daging, memasukan bahan-bahan tersebut juga dapat menambah citarasa daging. Anda hanya perlu memasukan bahan-bahan ini ke dalam plastik bersama dengan daging. Selanjutnya sama, yaitu ditutup plastiknya dan direndam ke dalam air.

  1. 5-30-7

Ini menjadi teknik mengempukkan daging yang benar-benar paling sederhana dari dua teknik lainnya. Sebab dalam teknik ini, Anda akan melakukan perebusan daging dua kali, secara berulang. Maksud dari angka 5, 30, dan 7 adalah jumlah menit. Jadi, jika Anda tertarik dengan teknik ini, maka Anda akan membagi dua sesi untuk merebus daging.

Sesi yang pertama adalah dengan merebus daging selama 5 menit, kemudian matikan kompor selama 30 menit, dan nyalakan lagi untuk merebus daging selama 7 menit.

Tujuan dari diaplikasikannya teknik ini adalah untuk membuat daging memiliki kondisi matang sempurna. Jika sudah matang sempurna, maka keempukannya akan pas. Tidak akan terlalu empuk atau lembek yang membuat daging jadi kurang nikmat. Perlu diketahui bahwa teknik 5-30-7 ini tidak hanya bisa diaplikasikan ke daging saja. Bisa juga diaplikasikan ke lontong, ubi, singkong, dan juga nasi.

  1. Rendam

Mungkin terkesan lebih sederhana dari dua teknik sebelumnya. Namun soal efisiennya tak perlu diragukan. Beberapa buah-buahan yang dibutuhkan untuk mengaplikasikan teknik ini antara lain pir, pepaya, nanas, dan buah kiwi. Bagaimana cara melakukannya?

Dalam teknik mengempukkan daging ini Anda akan menghaluskan buah-buahan di atas, dan membalurkan sari atau ampasnya ke permukaan daging. Seperti misalnya jika buah yang dipilih adalah nanas. Nanas harus dihaluskan sampai menjadi seperti ampas, kemudian dibalurkan ke daging dan didiamkan sekitar setengah jam.

Lebih bagus lagi jika lebih lama dan dilakukan sesaat sebelum dimasak. Seperti misalnya dibalurkan selama 2 sampai 3 jam, dan dibersihkan lalu langsung dimasak.

Apa yang membuat buah-buah di atas bisa dimanfaatkan adalah karena mengandung enzim protease. Merupakan enzim yang bisa memecah protein dalam daging yang membuat daging kurang empuk.

Saatnya Tambahkan Bumbu dan Tepung dari PT. Markaindo Selaras

Adakah satu saja teknik mengempukkan daging di atas yang akan selalu Anda andalkan? Pasti ada, sebab setiap teknik di atas dihadirkan untuk memberikan solusi. Bagi Anda yang sudah siap menyajikan daging, harus tambahkan bumbu khusus supaya lebih empuk dan bagus kualitasnya.

PT.Markaindo Selaras sudah hadirkan banyak pilihan bumbu dan tepung untuk memaksimalkan apa yang Anda masak. Termasuk untuk mengolah daging sapi, ada bumbu khusus yang dibuat dari bahan-bahan pilihan. Langsung saja cari apa yang Anda butuhkan di www.markaindo.com. Kemudian lakukan pemesanan melalui email yakni di marketing@markaindo.co.id.  

Baca Juga : Begini Cara Menjaga Kualitas Daging Supaya Rasa Terjamin dan Lebih Awet