Ada cara membuat bakso kenyal yang bisa diandalkan kapan saja. Tidak melulu harus beli ketika yang diinginkan adalah semangkuk bakso di rumah, sebab kini Anda bisa membuatnya sendiri dengan jaminan tekstur kenyal dan rasa nikmat. Berikut adalah cara membuat bakso kenyal dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Bahan :

  • Agar-agar tanpa rasa (1 bungkus)
  • Baking powder (2 sendok teh)
  • Lada (setengah sendok teh)
  • Gula (1 sendok teh)
  • Garam (setengah sendok teh)
  • Bawang merah (2 siung)
  • Bawang putih (2 siung)
  • Putih telur(2 buah)
  • Tepung tapioka (10 sendok makan)
  • Daging ayam halus (200 gram)
  • Daging sapi halus (300 gram)

Cara membuat :

  1. Pastikan daging ayam dan daging sapi yang digunakan sudah digiling.
  2. Tumbuk dua daging dengan food processor, boleh juga dengan alat lain jika punya.
  3. Putih telur dihaluskan bersama semua daging.
  4. Bawang merah yang sudah digoreng, bawang putih yang sudah dicincang, garam, lada, gula, dan baking powder disatukan.
  5. Adonan ditambahkan ke daging.
  6. Tepung tapioka dan bubuk agar-agar tanpa rasa ditambahkan. Kemudian haluskan semuanya sampai benar-benar merata.
  7. Adonan dimasukan ke dalam lemari es antara 2 sampai 3 jam.
  8. Adonan dibentuk bulat, rebus sampai mengapung ke permukaan air.
  9. Bakso siap disajikan dengan bahan pelengkap seperti kuah kaldu, mie, dan sayur.

Apa Lagi yang Harus Diperhatikan?

Penggunaan agar-agar tanpa rasa dalam cara membuat bakso kenyal sebenarnya bersifat opsional. Hal ini dikarenakan penambahan agar-agar memang menjadi salah satu tips dalam mengupayakan bakso yang lebih kenyal.

Dari sini pula, bisa dikatakan tips untuk membuat bakso lebih kenyal tak hanya satu saja. selain ditambahkan dengan bubuk agar-agar tanpa rasa, tips lainnya adalah untuk selalu menggunakan daging yang masih segar. Untuk Anda yang sudah terbiasa memasak, pasti tak akan kesulitan dalam melakukan hal ini.

Jika stigma yang ada selama ini bakso dengan daging full daging sapi adalah yang terbaik, maka jangan lagi gunakan stigma ini. Justru bakso yang dibuat dari kombinasi daging ayam dan daging sapi lah yang terbaik. sifatnya akan kenyal, dan cita rasanya juga lebih imbang.

Jika kedepannya resep di atas kurang bisa memenuhi kebutuhan Anda, maka ada perbandingan atau komparasi yang bisa dijadikan andalan. Perbandingan antara daging sapi dengan daging ayam untuk membuat bakso yang baik adalah 3:2. Artinya, jika Anda membutuhkan satu kilogram bakso, maka akan dibutuhkan 600 gram daging sapi dan 400 gram daging ayam.

Soal penyajian, waktu terbaik untuk menyantapnya adalah sesaat saat bakso sudah jadi sampai sehari setelahnya. Terus menghangatkan bakso hingga hari-hari berikutnya memang boleh. Namun kekenyalan nya tidak akan sama dan hal ini cukup wajar.

Tambahkan Bumbu dan Tepung dari PT. Markaindo Selaras

Sudah ada PT. Markaindo Selaras yang menawarkan bumbu dan tepung spesial untuk membuat bakso. Bakso yang akan Anda buat nanti tak hanya akan lebih kenyal saja, melainkan lebih lezat dan juga awet. Meskipun bumbu yang ditawarkan terbuat dari bahan alami, namun semua itu tetap bisa anda dapatkan.

Di www.markaindo.com Anda bisa mengetahui selengkapnya bumbu dan tepung yang ditawarkan. Dan kemudian untuk pemesanan, bisa melalui marketing@markaindo.co.id. Coba buktikan sendiri apakah bakso Anda nanti benar-benar bisa sempurna dengan produk PT. Markaindo Selaras.

Baca Juga : Tips Sukses Memulai Usaha Kuliner Bagi Pemula