Seafood adalah salah satu bahan makanan terbaik yang kaya sumber protein. Namun sayangnya, cara mengolah seafood yang salah justru bisa meningkatkan risiko penyakit, mulai dari keracunan yang ditandai dengan mual dan diare, sampai dengan peningkatan kolesterol. Lain cerita jika Anda sudah tahu bagaimana cara mengolah seafood yang benar, pasti tetap bisa dikonsumsi dengan manfaat menyehatkan. Yuk, simak cara terbaik untuk mengolah seafood berikut ini.

  1. Tidak Menambahkan Bahan Kaya Lemak

Untuk Anda yang sudah terbiasa berkutat dengan bumbu dapur pasti sudah paham bumbu atau bahan apa saja yang kaya akan lemak. Bukannya semakin lezat, seafood jika disajikan dengan bahan-bahan seperti ini justru akan kehilangan rasa alaminya.

Memang boleh berkreasi ketika memasak seafood, namun pastikan bahan yang kaya akan lemak tidak digunakan. Salah satu cara mengolah seafood yang menyehatkan kali ini adalah dengan menghindari mayones, kuning telur, dan santan. Ketiganya kaya akan lemak, sehingga bisa merusak cita rasa seafood.

  1. Mengetahui Cara Masak yang Benar

Sudah tahukah Anda cara masak seperti apa yang paling ideal untuk seafood? Jawabannya adalah antara rebus, panggang, dan kukus. Tiga cara masak ini jauh lebih baik dari menggoreng, hanya berlaku untuk seafood saja.

Sebab dengan cara menggoreng, apalagi deep fry, akan membuat kandungan lemak dalam seafood semakin tinggi saja, bisa berbau amis, dan bisa merusak cita rasanya. Kedepannya selalu pilih tiga cara masak di atas supaya bisa menyehatkan seafood yang dikonsumsi.

  1. Membersihkan Seafood

Cara mengolah seafood yang ketiga adalah dengan membersihkannya. Memang selama ini selalu dibersihkan dulu sebelum dimasak, namun anda harus pastikan apakah sudah benar atau belum?

Terutama untuk cumi dan udang, harus benar-benar bersih supaya tidak amis. Isi perut dan insang ikan juga harus dibuang, harus benar-benar bersih, supaya tidak ada yang ikut dimasak dan dikonsumsi.

Sedikit saja sisa isi perut yang tertinggal saat dibersihkan, bisa merusak cita rasa. Apalagi jika hidangan seafood yang dibuat kali ini untuk orang spesial, jangan sampai masih ada yang tertinggal.

  1. Hanya Gunakan Seafood Segar

Jangan berspekulasi dengan seafood yang kurang segar untuk dimasak, apapun itu jenis seafood nya. Baik sekedar ikan-ikanan, kepiting, udang, cumi, atau seafood jenis lainnya.

Dengan begitu, Anda harus tahu bagaimana kriterianya. Pastikan seafood yang akan dimasak tidak berlendir, sebab ini bisa menandakan seafood yang sudah lama penyimpanannya. Untuk ikan, bisa diperhatikan bagian matanya.

Seafood yang segar lebih bisa memberikan cita rasa naturalnya. Tidak perlu effort banyak atau bahan masak ekstra untuk mendapatkan cita rasa tersebut.

  1. Tambahkan Bahan Masak Lainnya

Seafood yang ditambahkan dengan sayuran tepat akan menjadi sajian yang lebih memuaskan. Tambahkan saja pendamping seperti sayuran, atau buah-buahan seperti irisan lemon.

Olah Seafood dengan Bumbu dari PT. Markaindo Selaras

Produk yang ditawarkan PT. Markaindo Selaras adalah bumbu dan tepung tambahan yang menyehatkan. Fungsi utamanya bukan hanya untuk menyehatkan saja, melainkan juga meningkatkan cita rasanya. Bukannya sebagai pengawet atau penyedap, sebab semua bumbu dari sini tetap diproduksi dengan bahan alami.

Apa saja yang ditawarkan PT. Markaindo Selaras bisa Anda ketahui di www.markanido.com. Cari bumbu untuk resep apa saja yang ingin Anda buat, kemudian lakukan pemesanan langsung melalui email marketing@markaindo.co.id.  

Baca Juga : Begini Cara Menjaga Kualitas Daging Supaya Rasa Terjamin dan Lebih Awet