Menyiapkan menu sahur mungkin merupakan salah satu kegiatan yang paling ditunggu di bulan ramadan ini. namun mungkin saja sebagian dari anda merasa bosan dengan menu yang selalu sama setiap bulan ramadan, sehingga anda membutuhkan ide menu sahur yang bisa memberikan nuansa baru di rutinitas sahur kali ini. Di bawah ini adalah beberapa ide menu sahur yang bisa jadi andalan, mulai dari yang mudah sampai yang agak rumit.

  1. Cah Jamur Tiram

Mungkin nama menu yang satu ini jarang Anda dengar atau jumpai, dan mungkin Anda berpikir cara membuatnya akan sulit. Cara membuatnya mudah, bahan yang digunakan pun juga mudah dicari.

Cah jamur tiram bisa dibuat sebagai lauk, juga bisa sebagai sayur. Penyajiannya untuk sahur hanya perlu ditambahkan dengan nasi saja. Alasan mengapa menu ini bisa untuk sayur bisa juga untuk lauk, adalah karena menggunakan jamur sekaligus beberapa sayuran di dalamnya.

Waktu yang diperlukan untuk menyiapkan hidangan ini tidak lama, sebab pada dasarnya untuk membuat menu sahur ini Anda hanya perlu menumis beberapa bahan saja.

  1. Terong Penyet Dengan Sambal

Jika ingin yang sedikit menghangatkan, Anda bisa pilih menu yang pedas. Tingkat kepedasan yang diberikan menu sahur ini standar, sehingga tidak perlu khawatir perut akan terasa sakit setelah mengonsumsi hidangan ini.

Bahkan cabai merah dan tomat yang digunakan untuk membuat menu ini sangat opsional jumlahnya. Bisa banyak juga bisa sedikit, sehingga bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Sederhananya, Anda hanya perlu memotong-motong terong, membuat sambal, dan menumis dua bahan ini bersama.

  1. Oseng Tempe

Apakah Anda selama ini mengandalkan menu oseng tempe pada kondisi tertentu? Memang sangat bisa diandalkan ketika tidak punya banyak waktu untuk memasak, atau ketika tidak sempat pergi ke pasar untuk bisa dapatkan banyak pilihan bahan.

Tidak ada salahnya memilih oseng tempe untuk menu sahur. Meskipun mudah dibuat, citarasa sayur ini sangat enak dan bisa mengenyangkan. Anda tetap bisa menambahkan sayur lain seperti buncis supaya semakin spesial hidangannya.

Jangan lupa untuk tambahkan daun jeruk dan daun salam ketika membuat menu sahur ini nanti. Rasanya akan cukup berbeda antara oseng tempe yang ditambahkan dua bahan tersebut dan yang tidak ditambahkan.

  1. Orak Arik Tahu Telur

Ketika Anda lebih tertarik sahur dengan telur, orak arik telur tahu bisa jadi andalannya. Dengan pilihan menu ini, Anda bisa lebih bebas dalam berkreasi jika dengan menggunakan telur. Seperti misalnya harus menambahkan sayur tertentu karena Anda menyukainya, atau ingin menambahkan bahan masak tertentu karena cita rasanya disukai.

Cara membuatnya yang sangat mudah, menjadi alasan mengapa menu ini layak dijadikan salah satu poin ide menu sahur. Bahan utama yang dibutuhkan untuk menu ini adalah telur, tahu, minyak goreng, dan daun bawang saja. Namun sekali lagi, tetap bisa ditambahkan sayuran atau bahan masak lain.

Tambahkan Bumbu dari PT. Markaindo Selaras

Jika Anda menggunakan bumbu pilihan, maka menu yang disajikan nanti akan semakin terasa spesial. Apalagi kebutuhan kali ini adalah menu untuk sahur, pasti dibutuhkan menu yang istimewa, mengenyangkan, dan lezat sekaligus.

Semua ide menu sahur di atas bisa disajikan versi istimewanya dengan bumbu dari PT. Markaindo Selaras. Banyak pilihan bumbu dan tepung yang ditawarkan oleh PT. Markaindo Selaras yang bisa Anda ketahui di www.markaindo.com. Setelahnya Anda bisa melakukan pemesanan melalui marketing@markaindo.co.id.

Baca Juga : Ide Bisnis Bulan Ramadhan Sebagai Inspirasi Cuan Saat Bulan Puasa