Ide untuk menu buka puasa selalu dibutuhkan di bulan ramadan ini supaya menu yang dihidangkan selalu baru nuansanya. Bisa dicari siapa saja yang menjalankan ibadah puasa, baik yang sudah berkeluarga maupun yang belum. Untuk Anda yang tahun ini harus menyiapkan makanan sendiri, atau Anda yang harus menyiapkan menu buka puasa untuk banyak orang, simak beberapa ide menu buka puasa berikut.

  1. Sate Susu

Jika kali ini Anda punya lebih banyak waktu untuk menyiapkan menu buka puasa, Anda bisa memilih sate susu. Memang tidak sesederhana beberapa ide menu buka puasa di poin berikutnya, namun hasilnya nanti dijamin tidak mengecewakan.

Untuk Anda yang baru pertama kali mendengar sate susu, perlu diketahui bahwa makanan ini merupakan makanan khas yang berasal dari Bali. Tidak perlu datang langsung ke sana untuk mencicipinya, sebab informasi resepnya sudah tersebar luas dan mudah dicari.

Menu ini cukup istimewa dan cocok sebagai menu buka karena bahan yang digunakan untuk membuat sate ini adalah kulit kantung susu sapi, penasaran kan bagaimana rasanya?

  1. Pakat

Jika menu buka sebelumnya berasal dari Bali, kali ini ada makanan yang asalnya dari Tapanuli. Untuk mencicipi bagaimana keunikan rasanya anda tidak perlu pergi Tapanuli.

Pakat merupakan makanan sederhana yang dibuat dari bahan rotan muda, kedengaran aneh? Memang itulah bahan yang digunakan dan kabar baiknya, rasanya sangat lezat. Dari tampilannya, pakat ini cukup mirip dengan lontong. Penyajiannya biasa disertai dengan sambal tomat dan potongan bawang merah segar.

  1. Aneka Olahan Kurma

Sudah pasti kurma masuk dalam daftar ide menu buka puasa. Sebab bulan Ramadan tanpa ada eksistensi kurma akan membuat anda merasa ada yang kurang saat berbuka nanti. Banyak orang yang merindukan buah ini di luar bulan puasa, yang semakin membuat buah ini semakin spesial saja ketika bulan puasa tiba.

Kurma memang lezat meskipun tanpa diolah, Namun akan semakin lezat jika dibuat hidangan lain seperti sup buah, sebagai tambahan jus, hingga minuman penyegar. Apalagi untuk mendapatkan buah ini sama sekali tidak sulit, banyak yang menjualnya ketika bulan puasa dengan tingkat kualitas yang berbeda-beda.

  1. Kolak

Hidangan ini sangat mudah untuk dijumpai terutama di bulan puasa, banyak dijual baik di pinggiran jalan, di rumah makan, hingga dibuat sendiri di rumah. Banyak yang menyukai kolak dari anak kecil hingga orang tua.

Cara membuat kolak yang simple dengan bahan yang mudah didapat membuat siapa saja bisa membuatnya. Hidangan ini bisa disajikan dalam keadaan masih hangat, juga bisa dengan es batu sehingga terasa menyegarkan. Meskipun terbuat dari santan kental, minuman ini tetap terasa menyegarkan dan bisa membuat cukup kenyang.

Menu Buka Puasa Lebih Istimewa dengan Produk PT. Markaindo Selaras

Apapun ide menu buka puasa yang paling membuat Anda tertarik, pastikan anda tidak sembarangan memilih bahan pembuatnya nanti. Setelah menjalani puasa seharian, tentu sajian istimewa saja yang ingin anda santap. Salah satu caranya adalah dengan memastikan bahan yang digunakan hanyalah bahan berkualitas.

PT. Markaindo Selaras menawarkan banyak pilihan bumbu atau bahan masakan dengan kualitas tinggi. Semuanya merupakan bahan masak yang terbuat dari bahan alami. Jika Anda tertarik untuk dengan produk yang dijual, anda bisa mengunjungi www.markaindo.com. Bisa juga hubungi langsung tim marketing untuk pemesanannya di marketing@markaindo.co.id.

Baca Juga : 6 Kue Khas Lebaran yang Paling Banyak Disukai