Dibutuhkan cara mengempukkan daging yang sederhana untuk bisa memastikan olahan daging yang disajikan nanti benar-benar lezat. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan supaya membuat daging Anda lunak, tidak alot. Namun cara yang ada biasanya membutuhkan bahan dan peralatan yang berbeda-beda. Salah satunya adalah cara mengempukkan daging, berikut adalah beberapa bahan yang bisa dimanfaatkan.

  1. Buah Kiwi

Mungkin sampai detik ini Anda masih tidak percaya bahwa ternyata buah kiwi yang sangat lezat bisa berguna untuk membuat daging lunak. Memang nyata adanya, dan bisa dibuktikan sendiri keefektifannya.

Buah kiwi yang sudah dibeli, harus dipisahkan dahulu dari kulitnya. Setelahnya, buah kiwi yang akan digunakan ini harus dihaluskan supaya teksturnya menyerupai pasta. Barulah kemudian ditaburkan ke daging yang tidak lunak dan didiamkan selama kurang lebih setengah jam.

Sebelum diolah menjadi masakan, daging harus dicuci terlebih dahulu supaya cita rasa kiwi tidak melekat selamanya. Apa yang membuat buah kiwi bisa memberikan manfaat ini adalah karena adanya vitamin C yang terkandung di dalamnya bisa menjadi agen actinidin.

  1. Buah Lemon

Air perasan dari buah lemon juga bisa Anda manfaatkan untuk mengempukkan daging. Dan bisa dikatakan cara mengempukkan daging dengan buah lemon adalah cara yang paling banyak dipilih. Selain bisa membuat daging lebih lunak, air lemon terkadang juga digunakan sebagai salah satu bahan dalam resep menu masakan olahan daging.

Dengan begitu, menggunakannya akan jadi sangat bermanfaat. Cara yang dilakukan adalah dengan menuangkan perasan buah lemon ke permukaan daging. Ditunggu kurang lebih setengah jam, kemudian dimasukkan ke dalam kulkas, dan baru bisa diolah dagingnya. Pastikan dimasukkannya daging ke dalam kulkas ini hingga hitungan jam, sebab jika hanya sebentar maka hasilnya akan kurang maksimal.

  1. Daun Pepaya

Anda bisa juga menggunakan daun pepaya yang mungkin akan lebih disuka karena harganya yang murah dan mudah dicari. Alasan daun pepaya bisa dimanfaatkan untuk membuat daging lunak adalah karena adanya enzim papain di dalamnya. Enzim ini bekerja dengan cara memperbaiki struktur daging sehingga dari luar akan lebih empuk karakteristiknya.

Jika Anda tertarik, caranya adalah dengan meremas-remas daun pepaya terlebih dahulu sampai mengeluarkan getahnya. Kemudian, gunakan daun ini untuk membungkus daging selama kurang lebih satu jam.

Setelahnya daging sudah jauh lebih empuk dan bisa segera diolah atau dimasak.

  1. Jus Tomat

Siapa sangka tomat ternyata juga bisa menjadi bahan pengempuk daging yang keras? Memang bisa, namun tomat yang digunakan harus yang sudah berwujud sebagai jus, bukan perasan atau pastanya.

Prinsipnya dan caranya hampir sama seperti mengempukkan daging dengan buah kiwi. Tomat yang sudah dijus harus dibalurkan ke permukaan daging terlebih dahulu. Harus ditunggu setengah jam, dan baru dicuci. Kemudian baru bisa dimasak dagingnya.

Lebih Praktis Pakai Pengempuk Daging dari PT. Markaindo Selaras

Pengempuk daging Markaindo ditawarkan dengan agen pengempuk yang bisa bekerja dengan cara efektif. Buah-buah atau bahan alami di atas memang bisa dicoba, namun apa yang ditawarkan PT. Markaindo Selaras ini adalah cara instan untuk membuat daging Anda langsung empuk.

Jika Anda berminat, bisa langsung di cek produknya di website www.markaindo.com. Karena produk yang ditawarkan PT. Markaindo Selaras bukan hanya pengempuk daging saja, melainkan banyak pilihan bumbu serta tepung lainnya. Kalau sudah, lakukan pemesanan di email marketing@markaindo.co.id 

Baca Juga : Cara Membuat Sosis Ayam Sederhana dengan Casing yang Mudah Dicari