Bukan hanya untuk membuat makanan kenyal, manfaat pengenyal makanan secara spesifik lebih dari itu dan bisa dikembangkan hingga berikan manfaat-manfaat lain. Poin utamanya memang untuk membuat tekstur makanan lebih kenyal sehingga lebih sedap, namun juga bisa mengemulsikan beberapa bahan sekaligus supaya bisa menyatu.

Itu baru dua contohnya saja, nantinya Anda akan menyimak lebih banyak manfaat pengenyal makanan. Untuk diketahui terlebih dahulu, zat pengenyal ini tidak memiliki rasa dan wujudnya bisa apa saja. Karena tidak punya rasa, bisa diaplikasikan pada berbagai bahan masak. Ada yang berwujud suspensi, bubuk, dan juga ada yang serpihan.

  1. Meningkatkan Volume Makanan

Diawali dengan salah satu manfaatnya untuk meningkatkan volume makanan. Menjadi fungsi ganda, sebab beberapa bahan makanan yang harus menyatu bisa tetap menyatu namun dengan volume yang bertambah.

Bagi pelaku usaha tentunya ini menguntungkan, tampilan makanan yang dihidangkan menjadi lebih menarik. Namun perlu diketahui juga bahwa peningkatan volume ini tetap wajar, tidak yang berlebihan sehingga kurang masuk akal atau terasa ‘kosong’ saat dimakan.

Dan memang beberapa bahan makanan yang digabungkan harus ditingkatkan volume nya. Sebab jika tidak, akan terasa sangat mengenyangkan saat dikonsumsi sehingga kurang menarik lagi kedepannya.

  1. Mendukung Pengolahan Makanan Sistem Injeksi

Salah satu sistem yang digunakan dalam pengolahan makanan adalah sistem injeksi. Pada sistem ini, pengenyal dengan wujud butiran halus tak bisa dihindari. Butiran pengenyal ini nantinya dicampur ke dalam marinasi atau larutan brine, barulah kemudian dicampurkan dengan makanan yang diolah.

  1. Mengemulsi Daging Olahan

Dalam menjalankan usaha makanan berupa daging, dibutuhkan suatu inovasi untuk memberikan varian yang berbeda sehingga menarik daya beli. Dalam kondisi ini pun pengenyal makanan juga akan dibutuhkan.

Pengusaha akan membutuhkan zat pengenyal jika ingin menggabungkan dua atau beberapa jenis daging sekaligus. Malahan bukan hanya daging dengan daging saja, daging dengan sayur pun juga akan membutuhkan pengenyal.

Sekali lagi, zat pengenyal yang bagus tidak berasa. Jadi tak ada kekhawatiran dalam memberikan cita rasa terbaik saat menggabungkan bahan-bahan.

  1. Mempercepat Proses Produksi

Sebelum zat pengenyal makanan ada, orang biasa memakai beberapa bahan sekaligus untuk membuat makanan kenyal. Sekarang pun bahan-bahan ini masih dipakai, terutama pada resep-resep rumahan yang butuh bahan-bahan sederhana.

Adapun bahan yang dipakai adalah campuran tepung terigu, tepung tapioka, dan baking powder. Itu pun tidak langsung jadi, setelah dihaluskan bersama, harus di cek dulu apakah sudah cukup bisa membuat makanan kenyal atau belum. Jika belum, baking powder harus ditambahkan lagi. Begitu seterusnya sampai bisa benar-benar membuat kenyal.

Inilah mengapa manfaat dari pengenyal makanan salah satunya adalah untuk mempercepat proses produksi. Zat ini dibuat dengan takaran yang tepat sehingga satu kali pakai saja sudah bisa langsung kenyalkan makanan.

Setelah mengetahui apa saja manfaat pengenyal makanan secara spesifik, mungkin Anda sudah tertarik untuk langsung mencobanya. Tanpa perlu cari-cari lagi, kini Anda akan mengetahui di mana bisa mendapatkannya.

PT. Markaindo Selaras telah menawarkan beraneka bumbu dan tepung masakan untuk mendukung cita rasa yang lezat. Salah satunya adalah collagen powder dengan DCP ingredients, merupakan produk pengenyal makanan yang bisa berikan semua manfaat di atas. Ketahui lebih lanjut tentang produk ini di website www.markaindo.com atau hubungi lewat email marketing@markaindo.co.id.  

Baca juga : Resep Ayam Goreng Untuk Jualan Ini Akan Pangkas Pengeluaran Jualan Anda