Martabak menjadi salah satu sajian kuliner yang disukai oleh banyak orang. Bahkan, tidak ada orang yang menolak jika diberi makanan yang satu ini. Tidak hanya itu saja, martabak juga seringkali disebut sebagai makanan yang ampuh meluluhkan hati calon mertua. Hal inilah yang membuat usaha martabak sering dilirik oleh banyak orang. Namun, sebelum memutuskan untuk membangun usaha kuliner satu ini, simak dulu tips memulai usaha martabak berikut.

Siapkan Modal

Hal pertama yang perlu Anda persiapkan adalah modal. Pastikan modal awal yang Anda miliki cukup untuk menjalankan bisnis setidaknya selama satu bulan ke depan. Sesuaikan juga konsep yang ingin Anda buat dengan modal yang dimiliki. Bagi Anda yang memiliki modal terbatas, tidak ada salahnya jika sementara waktu Anda berjualan martabak di pinggir jalan dengan membeli sebuah gerobak atau sejenisnya. 

Memiliki Ciri Khas

Populernya martabak membuat makanan satu ini bisa dengan mudah dijumpai. Agar bisnis martabak Anda bisa lebih dilirik oleh konsumen, pastikan martabak buatan Anda memiliki ciri khas yang tidak dimiliki kompetitor. Ciri khas disini bisa berdasarkan jenis atau varian martabak yang Anda tawarkan. Anda pun juga bisa berinovasi dengan mengandalkan kemasan atau bentuk dari martabak itu sendiri. Dalam menawarkan inovasi baru, jangan lupa untuk terus perhatikan trend yang ada. Jika Anda menyasar masyarakat modern, beri sentuhan kekinian pada varian martabak milik Anda.

Pertahankan Kualitas

Bagaimana cita rasa martabak yang Anda buat juga menjadi salah satu kunci berhasil tidaknya bisnis yang akan Anda jalani nantinya. Sekalipun Anda hadirkan varian martabak yang unik dan menarik, tentu bisnis Anda akan kalah dengan kompetitor yang menawarkan cita rasa martabak yang enak. Untuk membuat kualitas martabak Anda tetap lezat dan mampu bersaing, gunakan bahan-bahan berkualitas yang terjamin. Sebagai contoh, pastikan Anda menggunakan tepung dari Markaindo.

Pilih Lokasi Strategis

Cita rasa martabak sudah enak, kemasan sudah kekinian, kedua hal tersebut rasanya akan sia-sia jika Anda tidak memilih lokasi bisnis yang strategis. Pasalnya, lokasi menjadi salah satu hal yang patut Anda pertimbangkan saat akan membangun usaha. Sebisa mungkin, pilih lokasi yang bisa dengan mudah dijangkau oleh konsumen Anda. Hindari juga memilih lokasi yang berada tidak jauh dari bisnis martabak kompetitor. Peluang Anda akan semakin besar jika lokasi strategis pilihan Anda jauh dari lokasi kompetitor.

Manfaatkan Teknologi

Agar tidak kalah bersaing dengan kompetitor lainnya, pastikan Anda tidak lupa untuk juga memanfaatkan teknologi yang ada. Anda bisa menawarkan layanan pesan antar atau delivery order untuk menjangkau konsumen yang tidak bisa keluar rumah. Layanan ini secara tidak langsung akan membantu Anda dalam mencapai target penjualan setiap harinya.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk promosi dan meningkatkan brand awareness. Pasang iklan pada Instagram Ads atau Facebook Ads untuk mengenalkan bisnis Anda pada konsumen dengan jangkauan yang lebih luas. Penggunaan Facebook Ads tersebut bisa langsung menyasar konsumen yang sesuai dengan target pasar Anda.

Baca Juga : Jangan Putus Asa, Ini Ide Usaha Makanan saat Pandemi yang Wajib Dicoba

Agar persiapan bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar, tips memulai usaha di atas patut Anda pertimbangkan dengan baik. Jangan lupa untuk juga selalu menggunakan tepung dan bumbu dari PT Markaindo Selaras. Ingin mengenal perusahaan ini lebih lanjut? Langsung saja kunjungi  www.markaindo.com atau hubungi marketing@markaindo.com sekarang!