Pandemi covid-19 yang sudah berjalan beberapa bulan ini memang menyulitkan semua kalangan. Ada yang terpaksa berhenti dari pekerjaannya, ada juga pemilik usaha yang gulung tikar karena daya beli menurun drastis. Tapi bukan berarti Anda boleh putus asa. Tak ada salahnya untuk terus mencoba peruntungan, misalnya dengan berbisnis makanan. Ada beberapa ide usaha makanan saat pandemi yang ternyata cukup viral dan laku keras di mana-mana.

Minuman kafe kemasan literan

Dulu sih mudah saja ya, untuk menikmati segelas coffee latte di kafe favorit. Tapi semenjak pandemi datang, tentu aktivitas semacam ini tak bisa lagi dilakukan. Nah, ini bisa jadi celah usaha untuk Anda. Saat ini banyak kafe yang mengeluarkan produk minuman literan.  Bisanya, seliter minuman dijual mulai harga Rp 100 ribu. Untuk jenisnya ada beragam, mulai dari kopi-kopian, smoothies, matcha, hingga minuman berbahan buah. Anda bisa mencoba menarik perhatian pembeli dengan memilih kemasan unik yang masih jarang digunakan.

Dessert box

Hampir sama nih, dengan minuman kekinian, berbagai jenis dessert dulu juga bisa dengan mudah dinikmati di kafe. Tapi sekarang saat tak bisa nongkrong seenaknya, banyak orang yang memburu dessert box untuk dinikmati bersama keluarga di rumah. Seperti namanya, dessert box merupakan makanan penutup yang dikemas di dalam kotak plastik. Biasanya sih, dessert box ini terdiri dari beberapa lapisan, misalnya saja cake di bagian bawah, kemudian ada krim, remah biskuit, sampai parutan cokelat. Dessert box paling nikmat disajikan dingin. Anda juga bisa berinovasi dengan membuat dessert box yang memiliki sentuhan tradisional, misalnya dessert box klepon atau dessert box kelapa muda.

Makanan premade

Hal lain yang berubah di masa pandemi adalah Anda tak lagi bisa menikmati makanan kesukaan di warung favorit. Tapi di sisi lain, hal ini juga membuka peluang bisnis makanan premade. Sekarang banyak lho, mie ayam, nasi goreng, hingga bakso yang dikemas dalam plastik dan dijual secara online. Makanan-makanan ini sudah matang, namun sengaja diproses dan dikemas sedemikian rupa sehingga lebih awet. Nantinya pembeli tinggal memanaskan dan mencampurkan berbagai bahan yang ada untuk menikmatinya.

Roti kekinian ala Korea

Budaya dan makanan Korea masih jadi hits hingga saat ini. Tak heran kalau berbagai roti kekinian asal Korea juga jadi ngetren di Indonesia. Anda mungkin masih ingat, beberapa waktu lalu populer Korean Garlic Bread alias roti dengan isian krim bawang dan keju yang super gurih. Kemudian belum lama ini populer juga goguma pang alias roti ubi. Dari luar, bentuk roti ini persis seperti ubi ungu. Padahal, itu merupakan roti yang sengaja dibentuk dan diberi bubuk ubi ungu. Bagian dalamnya merupakan krim ubi yang sudah dicampur susu dan gula. Terbayang kan, bagaimana rasanya?

Bumbu jadi

Sejak pandemi, makin banyak orang yang terpaksa masak sendiri di rumah. Nah, hal ini juga bisa dijadikan peluang bisnis dengan menjual aneka bumbu jadi. Anda bisa membeli rempah dan bawang-bawangan mentah, kemudian menghaluskannya dan ditumis dalam banyak minyak, lalu mengemasnya di botol kaca.

Untuk bisa menerapkan berbagai ide usaha makanan saat pandemi, tentu saja Anda wajib memiliki bahan baku berkualitas. PT Markaindo Selaras menawarkan berbagai jenis tepung dan bumbu nomor satu yang bisa dipesan melalui www.markaindo.com atau CP marketing@markaindo.co.id.