Berbicara mengenai usaha, tidak selama usaha membutuhkan modal yang sangat besar. Sebaliknya, ada banyak usaha khususnya dibidang kuliner yang bisa Anda tekuni meski hanya bermodalkan bujet kecil. Dengan kata lain, tak ada lagi alasan untuk tak membangun usaha sendiri hanya karena keterbatasan modal. Langsung saja, berikut inspirasi usaha kuliner modal kecil yang bisa Anda pertimbangkan untuk dicoba.

Usaha Jus Buah

Sudah bukan rahasia lagi jika usaha minuman merupakan peluang usaha kuliner yang sangat menguntungkan. Bisa dibilang, menjual jus masuk dalam jajaran usaha kuliner yang paling laris manis. Sebagai usaha kuliner menguntungkan yang tidak membutuhkan banyak modal, tidak heran, jika banyak orang yang tertarik menggeluti usaha sederhana satu ini. Di sisi lain, Anda pun tak membutuhkan keahlian khusus untuk bisa menggeluti usaha yang satu ini. Agar usaha jus buah bisa tetap lancar dalam jangka panjang, alangkah baiknya jika Anda menggunakan buah-buah tropis yang memiliki harga terjangkau dan mudah didapatkan.

Baca juga : Ini Ide Usaha Makanan saat Pandemi yang Wajib Dicoba

Usaha Kopi

Selain jus buah, usaha minuman lainnya yang tidak kalah menguntungkan adalah warung kopi. Hal ini terlihat dari tingginya minat masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi kopi setiap harinya. Berbeda dengan jus buah, untuk bisa menjual kopi dengan cita rasa nikmat yang bersaing, Anda perlu memiliki keahlian khusus. Semakin nikmat kopi yang Anda sajikan akan membuat konsumen semakin mudah untuk berdatangan. Konsep dari usaha kopi juga sangat beragam, Anda bisa membangun sebuah warung kopi, angkringan atau bahkan sebuah cafe. Sesuaikan konsep tersebut dengan modal yang Anda miliki.

Ide Usaha Roti Bakar

Inspirasi usaha kuliner selanjutnya adalah roti bakar. Mengingat roti bakar disukai oleh berbagai macam kalangan, bisa dibilang jika usaha kuliner satu ini sangat menjanjikan. Meski tak membutuhkan keahlian khusus, Anda harus menawarkan banyak inovasi pada sajian roti bakar yang dihidangkan. Semakin unik dan berbeda, akan memudahkan konsumen untuk lebih memilih usaha roti bakar Anda dibandingkan dengan roti bakar lainnya. Untuk bisa berjualan roti bakar, Anda tak membutuhkan ruangan yang terlalu besar. Cukup berjualan di pinggir jalan saja sudah sangat menguntungkan. Hanya saja yang terpenting Anda memilih lokasi yang tepat dan strategis. 

Usaha Gorengan

Anda tentu suka dengan cemilan yang satu ini, bukan? Kenapa tidak Anda jadikan sebagai usaha kuliner. Semakin banyak jenis gorengan yang Anda tawarkan, tentu akan semakin menarik minat para pembeli. Jenis gorengan yang bisa Anda pertimbangkan diantaranya seperti tempe goreng, pisang goreng, tahu goreng, pisang molen, ketela goreng, dan masih banyak lagi. Selain modalnya kecil, untuk bisa membuat gorengan juga tidak membutuhkan keahlian khusus. Hanya saja, pastikan Anda menggunakan tepung berkualitas dari Markaindo agar cita rasa gorengan semakin lezat saja.

Usaha Singkong Keju

Masih berbicara mengenai gorengan, usaha kuliner sederhana ini juga bisa Anda pertimbangkan. Perpaduan antara makanan tradisional dengan sentuhan modern ini sudah banyak disukai oleh masyarakat, baik anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Proses membuat singkong keju juga terbilang sangat sederhana. Agar masyarakat tidak mudah bosan, tawarkan berbagai varian rasa yang bisa dipilih, seperti singkong keju pedas, singkong keju balado, dan lain sebagainya.

Itu tadi kelima inspirasi usaha kuliner yang bisa Anda pertimbangkan. Apapun yang menjadi pilihan Anda nantinya, pastikan Anda selalu menggunakan tepung dan bumbu berkualitas dari Markaindo. Cek www.markaindo.com atau hubungi marketing@markaindo.com untuk informasi lebih lengkapnya, ya!