Ayam bakar dengan bumbu meresap sempurna, dipadu dengan sambal pedas dan lalapan segar, lalu dilahap dengan nasi hangat, dijamin membuat siapa pun ketagihan. Menu ini bisa jadi pilihan jualan yang sangat sempurna. Membuat ayam bakar juga cenderung mudah dipelajari, sehingga Anda yang tak bisa memasak pun dijamin akan mudah menyajikannya. Ada beberapa jenis bumbu ayam bakar yang bisa Anda buat, misalnya:

Bumbu ayam bakar madu

Untuk Anda yang ingin menghadirkan menu ayam bakar dengan cita rasa yang manis, maka bumbu bakaran madu ini adalah pilihan yang sangat pas, bahan yang harus dipersiapkan adalah bawang putih, bawang bombay, seledri, madu, kecap manis, kecap ikan, minyak goreng, merica bubuk, dan garam. Haluskan semua bahan kemudian cicipi rasanya. Sesuaikan dengan bumbu yang Anda inginkan. Setelah itu, rendam ayam di dalam bumbu selama satu jam di dalam kulkas. Jika bumbu sudah meresap, ayam bisa langsung dibakar di atas api atau di atas pan. Untuk hasil matang merata, sebaiknya memang dibakar di atas api langsung. Namun Anda harus berhati-hati agar tidak terlalu gosong.

Bumbu ayam bakar kecap

Alternatif bumbu ayam bakar untuk jualan lainnya adalah berbahan kecap. Untuk membuatnya juga sangat mudah dan praktis, cukup dengan bumbu cabai merah besar, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan kunyit. Bumbu ini haluskan dengan blender atau ulekan. Kemudian untuk bumbu lain yang tidak perlu dihaluskan adalah lengkuas, serai, daun jeruk, dan jahe. Memarkan lalu masukkan ke dalam bumbu halus dan tumis hingga matang. Rendam ayam di dalam bumbu bakaran dan diamkan selama bebeberapa saat. Sambil menunggu, cairkan mentega dan campurkan dengan kecap manis. Saat ayam yang bumbunya sudah meresap dibakar, olesi dengan campuran mentega dan kecap manis. Lakukan berulang sampai bumbu kecapnya cukup banyak.

Bumbu ayam bakar taliwang

Ingin menu yang istimewa dan beda dari yang lain? Cobalah menyajikan menu ayam bakar Taliwang khas Lombok. Menu ini memiliki rasa pedas gurih yang bikin ketagihan. Untuk membuatnya, Anda membutuhkan santan kental, gula merah yang sudah disisir, dan juga minyak goreng. Untuk bumbu halusnya, siapkan bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, kemiri, dan juga terasi. Untuk terasi, pastikan pilih terasi udang yang memiliki kualitas bagus. Penggunaan terasi akan saat berpengaruh terhadap rasa bumbu bakar Taliwang. Haluskan dan campurkan semua bumbu, lalu masukkan ayam ke dalam bumbu dan diamkan selama beberapa saat. Setelah itu, bakar dengan api besar sampai matang. Untuk ayam bakar Taliwang, biasanya ayam tidak dipotong dalam ukuran kecil namun dibakar utuh.

Bumbu ayam bakar Padang

Selain ayam bakar Taliwang, ada juga ayam bakar Padang yang pasti digemari. Rasanya cenderung pedas dengan sedikit rasa manis yang menggugah selera. Anda bisa membuat bumbu ayam bakar Padang dengan mencampurkan santan, kayu manis, cengkeh, daun jeruk, daun kunyit, dan serai yang sudah dimemarkan. Bumbu halusnya adalah bawang putih, bawang merah, cabai merah, merica, jintan, ketumbar, kunyit, jahe, lengkuas dan kemiri.

Mudah bukan, cara membuat bumbu-bumbu ayam bakar tersebut? Pastikan Anda menggunakan bumbu dari PT Markaindo Selaras dengan membelinya melalui www.markaindo.co.id atau CP marketing@markaindo.co.id. Selain bumbu-bumbu kering, di Markaindo juga banyak terdapat bahan makanan untuk industri.