Terpikir untuk membuka usaha kuliner tapi masih bingung ingin menjual apa? Makanan ringan dan snack kering memang bisa jadi pilihan utama jika Anda terbatas modal dan waktu. Tapi kalau Anda ingin membuka tempat makan atau restoran kecil, menu lokal seperti ikan bakar bisa jadi pilihan terbaik. Ya, siapa yang tak suka dengan ikan bakar gurih yang diolesi bumbu super sedap? Simak yuk, rahasia bumbu ikan bakar super nikmat yang wajib Anda coba!

Bumbu ikan kembung bakar

Salah satu ikan yang murah tapi enak dan banyak disukai adalah ikan kembung. Untuk membuat bumbu ikan bakar ini sangatlah mudah, bahan yang dibutuhkan antara lain bawang putih, bawang merah, cabai rawit merah besar, cabai merah keriting, jahe, garam, kunyit, dan juga kemiri. Blender semua bahan tersebut dengan minyak goreng. Setelah itu, tumis sampai matang. Pastikan cukup lama menumisnya agar tidak ada rasa pengar dari rempah-rempah seperti kunyit dan kemiri. Selama ditumis, jangan lupa untuk membumbuinya dengan kaldu bubuk, garam, gula, dan merica. Selalu cicipi untuk mengoreksi rasa. 

Bumbu ikan nila bakar saos Padang

Ikan nila juga bisa dijadikan salah satu menu andalan untuk berjualan. Ikan ini memiliki tekstur lembut dengan rasa gurih alami. Ikan nila cocok sekali diolah dengan saos padang yang mempunyai rasa manis dan pedas. Untuk membuatnya cukup mudah, kok. Siapkan santan kental yang didapatkan dari perasan kelapa pertama, kemudian serai, daun kunyit, daun jeruk, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, jahe, kunyit, dan lengkuas. Haluskan semua bahan kecuali serai, daun kunyit, dan daun jeruk. Setelah dihaluskan, tumis hingga matang dan tambahkan air jika dirasa terlalu kental. Bumbui dengan kaldu jamur, garam, dan juga sedikit gula. 

Bumbu ikan gurame bakar saos asam manis 

Gurame bisa dibilang merupakan rajanya ikan. Ukurannya yang cukup besar dengan daging tebal menjadikan gurame nikmat dibakar dengan bumbu asam manis. Untuk membuat bumbu ini juga gampang. Siapkan bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah besar, jahe, kunyit, dan juga kemiri. Haluskan semua bahan, tambahkan gula, garam, dan kaldu bubuk. Sesaat sebelum bumbu matang, masukkan irisan tomat untuk menambah rasa asam. Jika suka, bisa juga menambahkan perasan air jeruk lemon pada ikan saat dibakar. Untuk rasa manisnya, Anda juga bisa menambahkan gula sesuai selera.

Bumbu ikan bawal saos madu

Bumbu ikan bakar untuk dijual tentunya harus bervariasi. Nah, ikan dengan bumbu bakaran madu ini juga wajib masuk ke dalam menu Anda. Rasanya yang manis legit akan berpadu pas dengan sambal dan nasi hangat. Untuk membuatnya, siapkan bawang putih, bawang merah, kunyit, ketumbar, lada bubuk, dan daun jeruk. Haluskan semua kecuali daun jeruk, lalu tambahkan madu, kecap manis, kecap asin, dan sedikit garam. Tumis bumbu ini dengan mentega. Pastikan terus mengaduknya, sebab adanya madu dan kecap di dalamnya bisa membuat bumbu cepat gosong. Saat membakar ikan juga pastikan tidak terlalu lama meletakkan di atas api agar tidak mudah gosong.

Nah, sudah tentukan bumbu ikan bakar mana saja yang akan Anda masukkan ke menu? Jangan lupa lengkapi kebutuhan bumbu dari PT Markaindo Selaras. Anda bisa melakukan pembelian melalui CP marketing@markaindo.co.id atau membuka situs resmi www.markaindo.com