Untuk Anda yang ingin punya bisnis menguntungkan namun mudah dilakukan, menjual makanan ringan bisa jadi pilihan terbaik. Terlebih lagi, saat ini banyak sekali ide usaha makanan ringan kekinian yang selalu diburu pembeli. Bahkan tak sedikit, makanan ringan sederhana bisa dijual dengan harga lebih tinggi jika dikemas menarik dan dipasarkan dengan cara yang tak biasa.

Kalau butuh inspirasi ide usaha makanan ringan, simak informasi berikut ini:

Basreng alias bakso goreng

Jangan bayangkan bakso goreng ini mirip dengan batagor alias bakso tahu goreng, ya. Basreng sendiri merupakan keripik yang terbuat dari irisan bakso, kemudian digoreng hingga kering dan renyah. Rasa bakso yang gurih masih ditambah lagi dengan berbagai taburan bumbu yang super nikmat, mulai dari bumbu pedas, manis, hingga rasa internasional seperti nori khas Korea atau bumbu takoyaki khas Jepang.

Baca juga : cara memulai bisnis kuliner

Toast alias roti bakar

Makanan ringan lain yang juga sedang naik daun adalah toast alias roti bakar. Bedanya, toast yang sedang hits ini biasanya menggunakan roti tebal dengan aneka topping unik. Anda bisa berinovasi dengan menggunakan roti pandan atau roti cokelat, sehingga rasanya juga lebih nikmat dan tampilannya lebih menarik. Untuk topping, selain menggunakan cokelat atau keju, bisa juga tambahkan irisan buah segar seperti stroberi, kiwi, dan anggur. Dijamin rasanya lebih nikmat.

Nugget pisang

Ingin usaha makanan ringan dengan modal kecil tapi untung besar, nugget pisang bisa jadi pilihan sempurna. Seperti namanya, camilan ini terbuat dari bahan utama buah pisang yang dihaluskan dan dibentuk kotak menyerupai nugget. Pisang kemudian dibaluri tepung panir lalu digoreng hingga kering dan dilapisi berbagai topping mulai dari cokelat, keju, kacang, matcha, sampai berbagai jenis selai. Pisang yang harganya murah langsung naik kelas saat diolah jadi camilan kekinian ini.

Stik Talas

Hampir sama dengan nugget pisang, makanan ringan satu ini juga dibuat dari bahan yang murah meriah. Ya, talas merupakan salah satu jenis umbi yang selama ini banyak diremehkan. Tapi siapa sangka, saat diolah menjadi keripik, umbi ini terasa super gurih dan bikin ketagihan. Teksturnya yang renyah dan berpadu dengan sedikit rasa manis, menjadikan stik talas cocok dijadikan camilan. Apalagi kalau diberi taburan berbagai jenis bumbu, makin mantap dan pasti laris saat dijual.

Tahu tuna

Mirip dengan tahu bakso tapi punya rasa lebih gurih. Ya, itulah tahu tuna! Seperti namanya, tahu tuna merupakan camilan yang terbuat dari tahu dengan isian adonan tuna yang sudah dibumbui. Tahu kemudian dibelah dan adonan tuna dimasukkan hingga padat, lalu tahu direbus. Makanan ringan ini bisa langsung disantap, atau bisa juga digoreng jika ingin tekstur renyah dan garing. Supaya lebih awet, tahu tuna bisa dibekukan sehingga tahan lama. 

Dimsum

Satu lagi makanan ringan yang juga sangat banyak diminati, dimsum! Berasal dari China, makanan ini sudah lama diadaptasi ke dalam masakan Indonesia. Dimsum versi Indonesia biasanya berisi aneka jenis daging dan sayur, ada yang direbus dan ada juga yang digoreng. Tentu saja tak boleh dilewatkan cocolan sambal yang menggoyang lidah.

Untuk memastikan semua camilan yang Anda jual berkualitas, selalu gunakan tepung dan  bumbu dari PT Markaindo Selaras. Anda bisa buka www.markaindo.com untuk melihat produknya atau hubungi marketing@markaindo.co.id untuk melakukan pemesanan.