Ikan, kerang, udang, cumi-cumi, merupakan beberapa bahan makanan yang bisa diolah jadi berbagai menu lezat. Tak hanya itu saja, berbagai jenis seafood ini juga memiliki kandungan protein yang tinggi dan baik untuk kesehatan. Masalahnya, seafood selalu memiliki aroma amis, yang seringkali masih tercium bahkan ketika makanan sudah matang. Tentu hal ini bisa mengurangi nafsu makan, bukan? Tapi tenang saja, ada cara menghilangkan bau amis yang anti gagal dan wajib Anda coba:

Selalu pilih bahan yang fresh

Sudah bukan rahasia lagi kalau bahan yang berasal dari laut selalu memiliki aroma amis. Tapi tahukah Anda jika aroma amis ini akan makin menyengat jika bahan makanan sudah tidak segar? Ya, ikan atau seafood jenis lain yang sudah disimpan dalam waktu lama akan mengeluarkan aroma tajam. Bahkan meski Anda sudah menyimpannya dalam lemari pendingin, tetap saja aroma ini tidak akan hilang. Yang terbaik adalah membeli ikan segar di pasar dan meminta penjual untuk langsung membersihkan bagian dalam perutnya. Sesampainya di rumah, segera olah ikan dan seafood yang Anda beli.

Perhatikan cara pengolahan

Beberapa jenis cara pengolahan ikan juga bisa meningkatkan aroma amis. Misalnya saja, mengukus, merebus, atau memasak ikan dan seafood di dalam kuah bisa membuatnya lebih amis, terlebih jika Anda menggunakan sedikit bumbu. Solusinya, pastikan untuk memilih cara pengolahan seperti menggoreng atau membakar jika ingin seafood terhindar dari rasa amis.

Kucuri air lemon sebelum dimasak

Setelah mencuci ikan atau seafood lain yang akan dimasak, kucuri dahulu dengan air lemon di seluruh permukaannya. Air lemon memiliki aroma yang menyegarkan, dan di sisi lain tingkat keasamannya tidak terlalu tinggi sehingga tak akan berpengaruh ke rasa. Berbeda dengan jeruk nipis yang cenderung sangat asam, namun aromanya kurang harum. Tapi jika tidak ada lemon, Anda tetap bisa kok menggunakan jeruk nipis atau jenis jeruk asam lainnya untuk menghilangkan aroma amis dari ikan, menghilangkan bau amis juga bisa menggunakan fosfat seafood.

Gunakan serai dan jahe

Untunglah kita tinggal di negara yang kaya akan rempah. Berbagai jenis rempah ini bisa lho, membantu menghilangkan bau amis pada seafood. Serai misalnya, bisa memberikan aroma wangi yang khas pada ikan atau seafood lain yang Anda masak. Terlebih untuk jenis masakan berkuah, Anda tinggal memasukkan serai yang digeprek ke dalam masakan dan membiarkannya hingga matang. Sedangkan untuk jahe, bisa digunakan untuk olahan dengan cara digoreng atau dibakar. Haluskan jahe dan campurkan ke dalam bumbu yang akan digunakan untuk memasak. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan agar tidak terlalu banyak menggunakan kedua bahan tersebut karena rasanya yang sangat kuat.

Maksimalkan penggunaan bumbu

Kalau Anda termasuk pecinta seafood namun tak tahan dengan aroma amisnya, pastikan untuk memaksimalkan penggunaan bumbu pada masakan. Untuk ikan misalnya,  bisa diolah dengan bumbu kecap dan bawang putih kemudian dibakar. Untuk udang, bisa dimasak dengan bumbu balado. Untuk cumi, bisa digoreng lalu dicocol sambal terasi. Dengan adanya aroma dan rasa bumbu yang kuat, maka bau amis pun tak akan tercium. Jangan lupa coba cara menghilangkan bau amis ini ya, saat memasak!

Untuk setiap masakan seafood, jangan lupa selalu gunakan bumbu dari PT Markaindo Selaras. Aneka bumbu nikmat, halal, dan tentu saja berkualitas ini bisa didapatkan dengan mengunjungi situs www.markaindo.com atau hubungi CP marketing@markaindo.co.id.