Siapa yang tidak tahu kudapan satu ini? Cilok bisa dibilang merupakan makanan sejuta umat karena mulai murid SD hingga orang dewasa yang sudah bekerja sangat suka memakannya. Ditambah lagi harganya yang terbilang murah meriah menjadikan cilok jajanan favorit bahkan di saat bokek alias dompet sedang tipis. Meskipun didominasi oleh tepung kanji, namun jika membuat sendiri Anda bisa mengkreasikannya menjadi cilok yang lebih sehat dengan tambahan ikan berprotein tinggi. Apalagi jika ditambahkan isian telur puyuh yang gurih, bisa-bisa tak mau berhenti mengunyah. Nah, berikut ini adalah resep cilok ikan yang bisa Anda coba buat di rumah, lengkap dengan saus kacang lezat yang menjadikan rasanya lebih sempurna. Simak bahan-bahan dan cara pembuatannya dengan baik, ya.

Bahan-bahan cilok

Cilok sendiri menurut kabarnya merupakan sebuah singkatan dari kata “Aci” yang berarti tepung kanji dan “dicolok” yang mengacu pada cara memakannya yang biasanya menggunakan stik bambu kecil untuk menusuk bola-bola aci tersebut. Untuk membuat cilok ikan bahan-bahan yang diperlukan adalah: telur puyuh 15 butir (rebus dan kupas), ikan tenggiri fillet 100 gram (haluskan), tepung terigu 50 gram, tepung sagu 50 gram, seledri 2 batang (cincang), garam 1 sdt, kaldu bubuk ½ sdt, tepung sagu untuk baluran dan air. 

Selain bahan-bahan ini, ada juga yang disebut sebagai adonan biang yang bisa dibuat dari 120 gram tepung sagu, bawang putih 2 siung yang dihaluskan dan air mendidih 185 ml untuk melarutkan adonan. Dan mengingat ada beberapa jenis tepung yang digunakan, lebih baik Anda menggunakan tepung dan juga bumbu bubuk dari Markaindo yang terjamin kualitasnya sehingga kudapan yang Anda buat ini lebih aman dikonsumsi dan tentunya lebih nikmat.

Bahan saus kacang

Makan cilok tidak akan lengkap tanpa saus kacang yang bisa Anda buat sendiri. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah: bawang putih 1 siung (goreng), bawang merah 3 buah (goreng), kacang tanah goreng 50 gram, cabe rawit merah goreng 5 buah, gula merah 20 gram, air rendaman asam jawa 2 sdm, garam 1 sdt, air matang 300 ml. Bahan-bahan saus kacang ini meskipun terlihat banyak namun mudah ditemukan di swalayan atau pasar. Anda juga bisa mencicil untuk menggoreng bawang putih, bawang merah, cabe dan kacang tanah supaya proses pembuatan cilok beserta sausnya jadi lebih cepat.

Cara pembuatan

Bagian pertama yang perlu Anda buat adalah saus kacang. Campurkan semua bahan saus kacang kemudian haluskan. Anda boleh menggunakan penggiling, blender, food processor atau bahkan melakukannya secara manual menggunakan ulekan. Haluskan hingga tingkat kehalusan yang diinginkan dan saus kacang siap digunakan sebagai pelengkap.

Setelah selesai dengan saus kacang, kini saatnya membuat cilok ikan. Dalam wadah, campur bahan biang yaitu tepung sagu dan bawang putih halus. Tuangkan air mendidih, lalu aduk dengan spatula hingga rata. Masukkan tepung terigu, tepung sagu, seledri cincang, garam, dan kaldu bubuk. Uleni dengan tangan hingga tercampur rata kemudian sisihkan. 

Dalam panci, didihkan air untuk merebus cilok. Baluri telapak tangan dengan tepung sagu. Ambil 1 sdm adonan cilok, lalu taruh di tangan. Bentuk jadi pipih, letakkan telur puyuh di tengah-tengahnya, kemudian tutup sambil dibentuk bulat. Masukkan dan rebus cilok dalam air mendidih. Tunggu sampai mengambang dan biarkan sesaat agar masak sempurna hingga ke bagian dalamnya. Angkat dan tiriskan. Terakhir, siram cilok yang baru diangkat dengan air agar tidak menempel satu sama lain. Cilok ikan sehat dan bergizi siap dinikmati bersama saus kacang, beli bumbu dan tepung terbaik hanya di markaindo.

Mudah sekali kan, cara pembuatannya? Daripada membiarkan buah hati jajan cilok sembarangan lebih baik Anda membuatnya sendiri seperti ini supaya kebersihan dan nutrisinya lebih terjaga, apalagi jika Anda memilih tepung dan bumbu berkualitas dari Markaindo. Kunjungi www.markaindo.com atau marketing@markaindo.com untuk info produk dan pemesanan. Selamat mencoba.