Ada cukup banyak varian ramen dan terus bertambah seiring berkembangnya waktu karena semakin banyak yang kreatif, namun diantara semuanya, paling mudah dibuat adalah ramen Jepang rumahan. Makanan berbasis mie seperti ini tidak membutuhkan bahan ribet atau susah dicari.

Rasanya dijamin tetap lezat, dan besar kemungkinannya akan tetap sama dengan yang ditawarkan restoran-restoran ramen. Mungkin sebelumnya Anda telah mencoba membuat ramen Jepang ala rumahan namun ternyata tidak berhasil. Jika demikian, sebaiknya Anda coba resep untuk membuat ramen berikut karena resep berikut ini dijamin pasti berhasil.

Bahan yang Dibutuhkan

Pada resep ramen Jepang ala rumahan kali ini bahan yang dibutuhkan hanya sedikit saja. Namanya saja ‘ala rumahan’, pastilah hanya membutuhkan bahan-bahan yang seharusnya biasa ada di dapur.

Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain telur ayam, daun bawang, sayuran, bakso, kaldu jamur, bumbu ramen kuah, mie telur, dan air. Untuk sayuran, sayuran apa saja boleh dipilih, namun tetap gunakan sayur pada resep kali ini. Ramen belum bisa disebut sebagai ramen jika tidak ada sayurannya. Karenanya, Anda bisa sesuaikan dengan selera.

Air yang dibutuhkan sebanyak 600 ml. Mie telur yang dibutuhkan 1 keping saja, telur boleh 1 atau 2 butir, kaldu jamur yang dibutuhkan 1 sachet atau kurang lebih 5 gram. Sedangkan untuk bumbu ramen kuah, yang dibutuhkan 2 sendok makan saja.

baca juga : Cara membuat mie yang enak

Cara Membuat

Setelah semua bahan siap, Anda sudah bisa segera membuat ramen Jepang ala rumahan. Pasti tidak sulit karena sekali lagi, judulnya saja ‘ala rumahan’.

Pertama-tama siapkan dulu panci kecil dan masukkan semua bahan ke dalamnya. Setelah masuk semua, rebus sampai semuanya matang. Kali ini Anda bisa menyesuaikan apakah suka ramen pedas atau tidak. Jika lebih suka ramen pedas, maka Anda hanya perlu menambahkan cabai bubuk sesuai selera atau secukupnya.

Anda juga bisa memvariasikan tekstur mie ramen. Apakah Anda suka yang mienya agak keras atau yang benar-benar lunak. Bakso jangan lupa dipastikan sudah matang hingga bagian dalam. Caranya dengan menumbuk-numbuk menggunakan sendok, jika bagian atas sudah empuk maka bisa dipastikan sudah matang. Pastikan sayur juga sudah layu saat api dimatikan.

Jika semuanya sudah siap, maka bisa segera disajikan. Ramen akan semakin lezat bila disajikan dalam keadaan masih hangat. Kepedasannya akan maksimal jika sebelumnya Anda membuat versi pedas dengan cabai bubuk.

Ramen Jepang Lebih Lezat Dengan Bumbu PT. Markaindo Selaras

Resep di atas sudah akan memberikan ramen Jepang lezat dan sederhana pembuatannya. Kelezatan dari ramen yang akan dibuat lebih terjamin jika Anda menambahkan bumbu dapur khusus yang memang bisa mendukung cita rasa.

Bumbu khusus tersebut telah ditawarkan oleh PT. Markaindo Selaras. Bumbu yang dibuat dari bahan alami sehingga bisa diandalkan untuk membuat ramen yang sama rasanya dengan restoran. Pasti ada perbedaan, apa perbedaannya bisa Anda buktikan sendiri dengan mencobanya.

Tidak hanya bumbu untuk ramen rumahan saja, PT. Markaindo Selaras juga menawarkan banyak jenis bumbu lainnya dan tepung berkualitas. Bisa memenuhi semua kebutuhan memasak dan sajian ekstra lezat yang akan Anda buat kedepannya. Tertarik untuk mencobanya sendiri? Anda bisa mendapatkannya dengan cara mengunjungi website www.markaindo.com atau mengunjungi tim marketing melalui email marketing@markaindo.co.id.  Pesan bumbu sebanyak mungkin supaya semua masakan yang akan Anda coba berikutnya terjamin lezatnya.