Biasanya, kita membeli daging tapi tidak untuk langsung dimasak semua. Jika tidak, di momen-momen seperti Idul Adha, Anda juga mendapatkan daging qurban sehingga makin bertambah persediaan di rumah. Tentu saja Anda harus menyimpannya di dalam lemari pendingin supaya daging Anda tersebut awet. Makanya, Anda perlu mengetahui cara menyimpan daging yang benar.

Kalau disimpan dengan baik, maka daging Anda bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Tentu saja ini membuat Anda lega karena Anda bisa mengolahnya sewaktu-waktu Anda membutuhkannya. Sebenarnya, cara untuk menyimpan daging sendiri tidak sulit. Anda cukup mengetahui sejumlah triknya sehingga penyimpanan Anda bisa lebih optimal. Maka dari itu, mari kita simak cara yang tepat untuk menyimpan daging.

baca juga : teknik pengolahan daging yang benar

Tidak Mencuci Daging Terlebih Dahulu

Ketika akan menyimpan daging, maka disarankan Anda tidak mencucinya terlebih dahulu. Sebab, jika daging dicuci maka ini bisa menjadikan aroma prengus makin tajam. Tak hanya itu, jika air meresap ke dalam serat daging, maka ini bisa membuat dagingnya jadi lebih cepat rusak. Jadi, tidak perlu mencuci daging sebelum Anda menyimpannya.

Memotong-Motongnya Agar Jadi Lebih Kecil

Sebaiknya, Anda memotong-motong daging menjadi lebih kecil agar mudah untuk disimpan. Potong-potonglah sesuai takaran untuk konsumsi hidangan keluarga Anda. Sebab, ini membantu Anda saat mencairkan daging tersebut. Dagingnya yang sudah berukuran lebih kecil jadi lebih gampang cair dibandingkan daging yang ukurannya besar. Lagipula, potongan daging yang lebih kecil juga membutuhkan tempat lebih sedikit di dalam kulkas.

Menggunakan Wadah Kedap Udara

Cara menyimpan daging di kulkas yang benar selanjutnya adalah dengan memasukkannya ke dalam wadah kedap udara. Anda bisa menggunakan wadah atau kantong plastik dengan bahan food grade, karena wadah ini yang bakal bersentuhan dengan daging dengan jangka waktu lama, sampai berbulan-bulan. Jadi, pastikan wadah yang digunakan tidak mengandung bahan yang bisa membahayakan bagi kesehatan.

baca juga : mengenal beragam metode pengawetan ikan

Membekukan dengan Suhu -18 Derajat Celcius

Anda juga perlu memperhatikan suhu di tempat penyimpanan daging tersebut. Gunakan suhu -18 derajat Celcius karena ini membuat daging bertahan lebih lama. Jadi, Anda membekukan daging bertujuan untuk menidurkannya. Ketika daging beku, maka bakteri di dalamnya takkan bereaksi. Inilah yang akan membuat daging Anda awet dengan cara yang alami.

Memindahkan Daging ke Bagian Kulkas dengan Suhu Lebih Rendah Sebelum Mencairkan

Untuk cara menyimpan daging yang terakhir adalah bagaimana Anda mengolah dagingnya sebelum mencairkannya. Caranya yaitu daging yang masih beku sebaiknya tidak dicairkan pada suhu ruangan. Sebab, ketika daging bersentuhan dengan udara luar maka dagingnya akan memunculkan reaksi terhadap bakteri. Jadi, Anda bisa memindahkan daging terlebih dahulu ke luar freezer. Taruh saja dagingnya di rak yang bersuhu lebih rendah di dalam kulkas sehingga daging bisa mencair, tapi tidak menghilangkan suhu dinginnya.

Kini, Anda sudah mengetahui berbagai cara untuk menyimpan daging yang benar di dalam kulkas. Ini bisa Anda terapkan mulai sekarang saat menyimpan potongan daging yang akan Anda olah. Jadi, dagingnya bisa lebih awet dan tentunya tetap aman serta sehat untuk dikonsumsi. Apabila Anda suka mengolah daging dan suka masak-memasak, serta mulai memikirkan untuk mencoba bisnis kuliner, maka Anda bisa menghubungi PT Markaindo Selaras untuk berkonsultasi, maupun menjalin kerja sama. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi contact person melalui email marketing@markaindo.co.id