Ada banyak cara mengolah daging sapi. Salah satunya dengan memasak iga bakar yang lezat. Makanan ini merupakan salah satu olahan daging sapi yang paling digemari banyak orang. Biasanya, masakan iga yang dibakar tersedia di rumah makan. Jadi, Anda harus pergi ke restoran untuk menikmatinya. Namun, sebenarnya Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Untuk memasaknya, Anda cukup mengetahui resepnya. Jadi, Anda bisa mempersiapkan bahan-bahan beserta bumbunya. Meskipun masak sendiri, Anda tidak perlu khawatir karena dagingnya pasti bisa matang dengan empuk. Jadi, masakan iga rumahan yang Anda buat tidak kalah lezatnya dengan yang ada di restoran dan bisa bikin ketagihan. Mari kita simak resepnya!

Bahan-Bahan untuk Memasak Iga Bakar

Sebelum mulai masak, pertama-tama Anda bisa mempersiapkan semua bahannya terlebih dahulu. Siapkan bahannya yakni 1.500 gram iga sapi dipotong-potong, 6 siung bawang putih dicincang halus, 1 bawang bombai dicincang halus, 4 sentimeter jahe dicincang halus, 4 sendok makan kecap manis, 2 sendok makan saus tiram, 2 sendok makan madu, ½ sendok teh garam, ½ sendok teh merica bubuk, 1 sendok teh pala bubuk, 1.500 ml air, 6 sendok makan mentega untuk menumis.

Cara Memasak Iga Bakar yang Enak

Sesudah semua bahan dan bumbu siap, kini waktunya Anda memperhatikan cara-cara untuk memasaknya. Langkahnya yakni pertama Anda bisa mulai dengan menumis bawang putih, bawang bombai dan jahe hingga aromanya harum. Selanjutnya, masukkan iga lalu aduk-aduk hingga warnanya berubah.

Setelah itu, masukkan kecap manis, saus tiram, madu, garam, merica bubuk dan juga pala bubuk. Lalu, aduk rata semuanya agar tercampur. Setelah itu, tuangkan air pelan-pelan agar airnya tertuang secara bertahap. Kemudian, masak kembali sampai matang dan bumbunya meresap ke daging.

Kalau sudah, waktunya Anda membakar iga sapi tersebut sembari mengoleskan bumbu yang tersisa sampai harum aromanya. Warnanya pun berubah jadi kecokelatan. Bakar sampai iga benar-benar matang dan siap dihidangkan. Sajikan dengan nasi hangat.

Tips Rahasia Bikin Daging Iga Bakar Empuk dan Gurih

Untuk memperoleh hasil iga bakar yang sempurna, ada caranya yang bisa Anda coba. Jadi, ini bisa Anda lakukan sebelum mulai mengolah iga. Anda bisa memperhatikan bagian belakang iga tersebut. Anda akan melihat lapisan tipis di sana, sebaiknya bagian ini dibuang saja. Ini karena bagian inilah yang bisa mengeras selama proses Anda memasaknya.

Cara membuang bagian tipis ini juga sederhana saja. Anda bisa memegangi bagian ujung iga. Kemudian, iris bagian bawahnya dengan sangat hati-hati. Anda perlu menggerakkan pisau perlahan-lahan sampai satu lapisan tersebut bisa terlepas dari iga. Kalau sudah, tarik lapisannya dengan tangan.

Di samping itu, Anda juga bisa membuat iga bakar yang lezat dan empuk dengan cara mengungkep dagingnya terlebih dahulu, baru kemudian dibakar. Pastikan iga terendam semua bagiannya di dalam campuran bumbu ketika diungkep. Ini juga akan membantu menghilangkan lemak, membuat daging empuk dan proses pembakarannya jadi lebih cepat.

Sempurnakan Masakan dengan Bumbu dari PT Markaindo Selaras

Apabila Anda ingin mendapatkan hasil masakan yang lebih lezat lagi, gunakan saja bumbu dari PT Markaindo Selaras. Bumbunya sangat lengkap dan ada beragam varian yang bisa Anda cek di katalog website www.markaindo.com. Tak hanya itu, Anda juga bisa bekerja sama untuk memulai bisnis kuliner, cukup hubungi kontak email marketing@markaindo.co.id