Kuliner nusantara memang sangat beragam. Seperti salah satunya sate klatak yang sangat khas dari Jogja. Masakan yang masih masuk ke dalam keluarga sate-satean ini khas dengan daging kambingnya sebagai bahan utama. Anda tidak harus pergi jauh-jauh ke Jawa Tengah jika ingin menikmatinya. Sebab, ada resep sate klatak yang bisa Anda coba olah sendiri di rumah.

Keunikan sate klatak memang terletak pada tusukan satenya. Bukannya tusuk bambu, tapi sate ini menggunakan tusukan dari jeruji roda sepeda. Ini bukan cuma untuk estetik tapi juga supaya panasnya cepat sampai ke dalam daging dan menyeluruh, sehingga dagingnya bisa matang dengan empuk. Anda bisa menggunakan tusukan berbahan besi atau stainless steel tapi jika tidak ada maka Anda pun dapat memakai tusuk sate biasa. Langsung saja, yuk, simak resepnya!

Bahan Daging dan Olesan Bumbu Sate

Resep sate klatak memang pas banget untuk Anda yang sedang ingin masak daging kambing. Bahannya yang pertama yakni untuk daging-dagingannya. Siapkan 500 gram daging kambing muda, 50 gram bawang putih dihaluskan, 15 gram bawang merah dihaluskan, 1 butir jeruk limau diperas lalu diambil airnya, dan garam. Sementara, bahan olesannya yakni 150 gram kecap manis, 25 gram jahe dihaluskan dan 250 gram margarin.

Bahan Kuah Gulai untuk Melengkapi Sajian

Biasanya sate ini disajikan bersama gulai juga. Bahan gulai yang perlu disiapkan adalah 300 gram tetelan kambing diiris tipis, ½ sendok teh cengkeh bubuk, 500 ml santan cair, 200 ml santan kental, 3 lembar daun jeruk, ½ sendok teh kayu manis bubuk, 1 sendok makan ketumbar bubuk, ¼ sendok makan jintan bubuk, 2 batang serai, 1 sendok makan air asam Jawa, 3 sendok makan minyak goreng.

Bumbu Halus untuk Sate Ketika Disajikan

Kalau sudah, sekarang kita mempersiapkan bumbu halus untuk satenya. Persiapkan 5 siung bawang putih/ garlic powder, 2 siung bawang merah, 2 sentimeter jahe, 2 sentimeter kunyit, 3 butir kemiri, 3 sentimeter lengkuas, garam, merica bubuk dan bawang merah goreng untuk taburan.

Cara Membuat Sate yang Empuk dan Gurih

Kini kita masuk ke langkah-langkah memasaknya. Pertama, potong daging kambing dengan ukuran 2 x 2 sentimeter, atau bisa sesuai selera Anda. Lalu, masukkan potongan daging ke dalam wadah. Kemudian, masukkan bawang merah dan bawang putih halus, garam, serta air jeruk limau ke dalam wadah daging. Balurkan bumbu tersebut hingga merata ke seluruh daging. Diamkan dahulu di dalam kulkas selama 30 menit.

Jika sudah, ambil daging, kemudian tusuk dengan tusukan besi atau stainless steel. Lalu, bakar sate di atas tempat pembakaran. Sesekali, oleskan bahan olesan yang sudah disiapkan ke permukaan daging sate. Langsung angkat sate begitu sudah matang dan jangan tunggu sampai kering.

Pada waktu yang sama, siapkan kuah gulai. Tumis bumbu halus dengan daun jeruk dan serai sampai harum. Masukkan tetelan daging, tumis hingga dagingnya matang. Masukkan cengkeh, ketumbar, kayu manis dan santan cair. Aduk perlahan sampai bumbu matang. Masukkan santan kental lalu masak lagi dengan api sedang. Angkat dan sajikan. Anda bisa menikmati sate klatak dan kuah gulai saat masih hangat.

Jika Anda sedang tidak sempat masak ribet, maka Anda bisa pakai bumbu jadi dari PT Markaindo Selaras. Anda bisa mnegunjungi website resminya untuk melihat pilihan bumbu lengkap di www.markaindo.com. Buat Anda yang mau berbisnis kuliner, Anda juga bisa bekerja sama dengan menghubungi contact person di email marketing@markaindo.co.id