Cara membuat sosis rumahan berbeda dengan cara membuat sosis pada umumnya. Untuk skala rumahan, bahan yang dibutuhkan lebih sedikit dan peralatan yang digunakan lebih sederhana. Anda yang tertarik untuk membuatnya bisa menyimak bagaimana caranya berikut.

Bahan dan Alat Untuk Membuat Sosis Rumahan

Menyiapkan bahan pembuat makanan di awal adalah urutan yang pasti. Untuk membuat sosis rumahan ini bahan yang dibutuhkan agak banyak. Namanya memang ‘sosis rumahan’ dan Anda membuat sebuah sosis, yang mana bukan makanan sederhana. Lagipula semakin lengkap bahan-bahannya akan semakin lezat pula cita rasanya.

Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain 300 gram daging sapi, 200 gram lemak sapi, 200 gram tepung tapioka, setengah sendok makan garam, satu sendok teh merica, satu sendok teh paprika bubuk, tiga siung bawang putih, tiga telur ayam, dan 150 gram es serut.

Bagian telur ayam yang dibutuhkan adalah bagian putihnya, sehingga Anda bisa menyimpan bagian kuning untuk digunakan kebutuhan lain. Pastikan bawang putih sudah dihaluskan semua sebelum digunakan. Daging sapi yang dibutuhkan sebaiknya daging bagian brisket atau sandung lemur.

Sedangkan untuk alat, Anda akan membutuhkan benang putih secukupnya, plastik khusus sosis atau casing sosis, plastik segitiga, gunting, food processor, panci, dan baskom.

Cara Membuat Sosis Rumahan

Cara membuat sosis rumahan telah diawali dengan menyiapkan alat dan bahan. Jika sudah siap semua dan beberapa bahan sudah siap digunakan, maka langsung saja membuatnya. Cara yang pertama adalah dengan memisahkan daging bagian brisket dengan jaringan ikat. Setelah terpisah, potong daging ini kecil-kecil supaya food processor bisa memaksimalkan kerjanya.

Daging bagian brisket dan lemak daging dicampur dengan es serut. Baru kemudian ketiganya dimasukkan ke dalam food processor. Setelah halus dan homogen, campur adonan dengan semua bahan yang ada (paprika bubuk, gula pasir, garam, putih telur, bawang dan merica).

Kemudian adonan yang sudah mencampur ini dimasukkan ke dalam plastik segitiga. Cara membuat sosis yang selanjutnya adalah dengan memotong ujung plastik segitiga dan menyemprotkan isinya ke dalam plastik casing. Terus semprot dan setiap sosis sepanjang 10 cm, ikat dengan benang. Cara ini dilakukan terus sampai adonan habis.

Jangan dipotong menjadi per bagian, melainkan masukkan dulu ke dalam air yang telah mendidih. Kukus sosis yang ada di dalam casing ini selama kurang lebih setengah jam.

Jika sudah, maka Anda baru boleh melepaskan ikatan benang tadi dan juga boleh memotong per bagian. Cara membuat sosis sudah selesai, Anda bisa langsung mengolah sosis rumahan ini untuk olahan lain juga bisa menyimpannya ke dalam freezer.

Gunakan Bumbu Dari PT. Markaindo Selaras Supaya Lebih Berhasil Bikin Sosis

Sudah mencoba cara di atas, namun adonan tak bisa homogen? Atau mungkin ketika sosis direbus justru adonannya hancur dan tak mau menyatu? Berarti ada bumbu yang kualitasnya kurang bagus yang telah Anda pakai.

Supaya pembuatan sosis rumahan ini berhasil, Anda bisa memanfaatkan bumbu-bumbu dari PT. Markaindo Selaras. Ada banyak sekali jenis bumbu dan tepung yang ditawarkan PT. Markaindo Selaras untuk proses memasak yang pasti berhasil.

Tak ada lagi keluhan adonan hancur, sosis tak bisa tahan lama, atau sosis berubah bentuk saat diolah menjadi masakan lain. Tertarik untuk membuktikannya? Anda bisa hubungi email marketing@markaindo.com.id atau mengunjungi website nya www.markaindo.com.