Makanan rendang sangat terkenal di seluruh Indonesia bahkan dunia. Masakan khas nusantara ini memiliki citarasa yang cocok di lidah siapa saja. Selain membelinya di rumah makan, Anda juga bisa memasak rendang sendiri. Namun, memasak daging rendang bisa dibilang susah-susah gampang. Hal yang membuatnya sedikit sulit yakni cara membuat dagingnya benar-benar empuk.

Jadi, tidak hanya membuat bumbunya meresap saja. Akan tetapi, Anda juga harus membuat dagingnya empuk sehingga mudah digigit dan dikunyah. Sedikit kuncinya yakni memasak rendang dengan daging dan semua bumbunya selama tiga sampai empat jam. Kemudian, yang terpenting Anda tahu berbagai macam bumbunya sehingga masakan Anda menghasilkan rasa yang lezat. Mari simak resepnya untuk dicoba sendiri di rumah.

Mempersiapkan Bahan untuk Rendang Daging

Untuk cara buat daging rendang yang pertama yakni Anda bisa mempersiapkan semua bahannya. Bahan tersebut yakni 500 gram daging, 1 batang serai digeprek, 3 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam, 1 ruas lengkuas digeprek, 2 sentimeter kayu manis, 1 sendok teh gula merah, 1 sendok teh kaldu sapi dan garam, ½ sendok teh jinten bubuk, ½ sendok teh merica bubuk, jeruk nipis dan 500 ml santan.

Mempersiapkan Bumbu Halus untuk Rendang Daging

Selanjutnya, Anda bisa mulai menyiapkan bahan-bahan untuk bumbunya. Siapkan 6 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 2 butir kemiri, ½ sendok teh ketumbar, 3 cabai merah besar dibuang bijinya, 2 sentimeter kunyit, 3 sentimeter jahe.

Memasak Rendang Daging dengan Semua Bahan dan Bumbu

Jika semua bahan dan bumbu dapur sudah siap, kini Anda tinggal menyelesaikan proses memasaknya. Pertama-tama, cuci daging hingga bersih. Kemudian, potong daging sesuai selera. Beri perasan jeruk nipis lalu cuci lagi dagingnya.

Setelah itu, haluskan bumbu. Kemudian, tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan diberi serai, daun salam, daun jeruk, kayu manis dan lengkuas. Teruskan menumis hingga matang. Jika bumbu sudah matang, masukkan daging lalu aduk rata. Kemudian masukkan santan. Lalu, masak dengan api kecil. Jangan lupa untuk terus mengaduknya tapi sesekali saja.

Kemudian sekarang masukkan garam, kaldu, jinten, merica dan gula merah. Biarkan semuanya sampai seluruh bumbu tersebut meresap. Tunggu sampai airnya juga menyusut. Kalau sudah, Anda bisa mengoreksi rasa. Cicipi dahulu, kemudian rasakan apa yang kurang. Nanti bisa Anda tambahkan gula atau garam jika kurang manis atau asin, atau mungkin bumbu lainnya bisa ditambahkan. Setelah beres, angkat rendang dan sajikan.

Bahan Pelengkap Rendang Selain Daging

Tidak hanya daging saja, tapi Anda juga bisa menambahkan bahan lainnya untuk rendang. Jika tidak, Anda bisa memasak rendang dengan alternatif bahan tersebut. Bahan-bahan yang dimaksud yakni telur, kentang, ayam, telur puyuh serta jengkol. Apapun bahan rendangnya yang penting Anda memahami bumbu serta cara mengolahnya yang tepat. Jadi, masakan Anda bisa terasa nikmat. Apalagi, kalau Anda menggunakan bumbu rendang instan yang rasanya berkualitas.

Masak Rendang Nikmat Pakai Bumbu dari PT Markaindo Selaras

Kalau Anda ingin memasak daging rendang yang enak maka Anda juga bisa mengandalkan bumbu dari PT Markaindo Selaras. Selain rendang, ada banyak pilihan bumbu yang bisa Anda lihat katalognya di www.markaindo.com. Tak hanya untuk masak, jika Anda sedang ingin memulai usaha kuliner maka Anda juga bisa bekerja sama dengan PT Markaindo Selaras. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi contact person melalui email marketing@markaindo.co.id