Masakan sup memang segar sekali. Apalagi, jika Anda menggunakan bahan iga untuk olahan sup Anda. Sup iga tidak hanya menyegarkan rasanya, nikmat di lidah, tapi juga menyehatkan karena banyak kandungan protein dari dagingnya. Namun, terkadang ada kalanya hasil olahan sup tersebut belum sesuai dengan keinginan Anda.

Hal tersebut bisa Anda hindari dengan memilih daging dengan teliti. Di samping itu, Anda juga bisa memperhatikan hal-hal tertentu untuk membuat supnya jadi benar-benar enak. Kalau Anda mengetahui tipsnya, maka sup buatan Anda pasti akan bercitarasa nikmat serta gurih. Maka dari itu, mari simak resep beserta tips untuk memasak sup iga yang lezat.

Memilih Iga Sapi yang Tepat

Pertama, yakni Anda bisa membeli iga sapi di pasar tradisional atau supermarket. Kalau beli di pasar tradisional, biasanya iga dijual utuh satu potong. Jadi, Anda harus beli seluruhnya, ini termasuk pangkal tulang iga yang ukurannya besar. Anda bisa pilih iga sapi dengan sisa lapisan daging tebal. Mintalah juga ke tukang daging untuk memotong iga menjadi potongan yang lebih kecil. 

Sementara, kalau beli di swalayan, pilihlah potongan short ribs untuk iga sapi ini. Pilih potongan tulang kecil tapi tebal lapisan dagingnya. Sebaiknya Anda juga memilih iga dengan lapisan tipis lemak.

Memperhatikan Cara Merebus Iga

Iga dicuci dahulu sampai bersih dengan air dingin, tujuannya supaya semua kotoran larut. Kemudian, siapkan panci dan didihkan air di dalamnya. Masukkan iga lalu biarkan sampai mendidih. Angkat, kemudian buang air rebusan yang pertama. Taruh lagi potongan iga di dalam panci, tuangkan air panas kemudian didihkan. Gunakan api kecil saja. Tetap pakai api kecil sampai daging iganya jadi empuk.

Menyiapkan Bumbu Sup dengan Baik

Kelezatan rasa sup dan gurihnya bergantung pada bumbu Anda. Untuk menumis bumbunya Anda bisa menggunakan mentega. Bumbu sup ini yaitu bawang bombay atau bawang merah yang dicincang kasar, lalu 2 atau 3 siung bawang putih/ bisa juga garlic powder dimemarkan, pala bubuk, merica bubuk dan garam. Anda tinggal memasukkan bawang bombay dan bawang putih yang sudah ditumis terlebih dahulu ke dalam kaldu. Lalu, masukkan kaldu ke dalam air rebusan iga, kemudian tinggal tambahkan garam, pala dan merica.

Melengkapi dengan Sayuran

Lengkapi nutrisi masakan Anda dengan sayuran. Cara bikin sup iga yang tepat adalah dengan menambahkan sayuran ke dalam supnya, seperti kentang, wortel, brokoli atau buncis. Sayuran ini dipotong-potong lebih dahulu dengan ukuran sama sehingga matangnya bersamaan. Ketika daging iga sudah empuk baru masukkan sayuran, yang keras dahulu seperti kentang dan wortel. Setelah itu, baru masukkan tomat, buncis atau brokoli.

Terakhir, Anda tinggal memberi sentuhan pelengkap seperti bawang goreng untuk taburannya. Kemudian, siapkan juga sambal cabai rawit dengan jeruk nipis sesuai selera. Sajikan sup selagi hangat, dan enak sekali dinikmati dengan nasi. Cita rasanya gurih dan nikmat.Demikian resep dan cara beserta tips untuk membuat sup iga yang lezat. Dagingnya empuk dengan rasa sup segar dan juga gurih. Untuk menyempurnakan masakan Anda, gunakan bumbu dari PT Markaindo Selaras. Ada banyak pilihan bumbunya, lihat varian lengkapnya di www.markaindo.com. Anda juga dapat mengajukan kerja sama untuk membuka bisnis kuliner sambil berkonsultasi, hubungi kontak email marketing@markaindo.co.id. Wujudkan kecintaan Anda terhadap kuliner dengan memulai usaha bersama partner yang berpengalaman dan terpercaya.