Bawang putih merupakan bumbu dapur yang selalu dibutuhkan dalam setiap masakan. Tanpa bawang putih, rasa masakan cenderung hambar dan kurang beraroma. Nah, jika selama ini Anda terbiasa membeli bawang putih dalam jumlah banyak untuk disimpan agar bisa langsung digunakan ketika akan memasak, ada satu kendala yang bikin jengkel, yaitu bawang putih yang keliru proses penyimpanannya bisa cepat busuk atau bahkan kering sehingga tidak dapat digunakan lagi.

Nah, agar hal itu tidak Anda alami lagi, Anda bisa mencoba beralih dengan membuat bubuk bawang putih. Dengan begitu Anda pun bisa menyimpan bumbu dapur satu ini dalam jumlah banyak tanpa khawatir akan menjadi busuk dan berakhir di tempat sampah.

Cara Bikin Bawang Putih Bubuk yang Kaya Aroma:

Kupas bawang putih sampai benar-benar bersih. Jika Anda termasuk orang yang ogah repot harus mengupas bawang putih satu persatu, cobalah trik ini. Masukkan bawang putih ke dalam wadah yang ditutup rapat, kemudian kocok wadah tersebut selama sekitar 1 menit atau lebih. Dan bawang putih pun siap untuk Anda gunakan.

Selanjutnya iris tipis bawang putih.

Panaskan oven dan siapkan dalam suhu 150 derajat Celcius.

Sembari menunggu hingga oven panas, Anda bisa menyusun irisan bawang putih di atas loyang. Pastikan irisan bawang putih tertata rapi tanpa ada yang menumpuk agar keringnya bisa merata dan sempurna.

Panggang bawang putih selama 4 jam atau hingga seluruh bawang putih kering dengan sempurna. Agar tidak ada bawang putih yang gosong, Anda harus terus menengok bawang putih di dalam oven selama proses pemanggangan.

Keluarkan bawang putih panggang yang sudah kering.

Haluskan bawang putih panggang menggunakan blender, ulekan, food processor atau coffee grinder alias mesin penggiling biji kopi. Pastikan tidak ada bawang putih panggang yang besar-besar.

Masukkan bawang putih panggang yang telah halus sempurna dalam wadah kaca kering kedap udara dan simpan.

Biasanya untuk 2 bonggol bawang putih Anda bisa menghasilkan sekiar 2 – 3 sendok makan bubuk bawang putih.

Nah, dengan cara buat bubuk bawang putih seperti yang telah dijabarkan di atas, Anda bisa memasak dengan tenang tanpa takut simpanan bawang putih di rumah cepat busuk atau kering, deh.

Rasakan Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

Bawang putih ternyata tak hanya sebagai bumbu dapur yang bikin masakan menjadi lebih bercita rasa dan beraroma. Karena banyak penelitian membuktikan, bawang putih merupakan tumbuhan dengan nilai lebih sebagai obat herbal untuk berbagai macam masalah kesehatan.

Kandungan allicin, senyawa menyehatkan yang menjadi asal aroma khas dan menyengat bawang putih ini bertanggung jawab untuk sebagian besar manfaat kesehatan, loh.

Selain efektif meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit tahunan, seperti demam dan influenza, bawang putih juga dapat menurunkan tekanan darah, mengatur tingkat kolesterol hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Melihat begitu banyaknya manfaat yang dimiliki bawang putih, tentu Anda semakin semangat menambahkan bumbu dapur satu ini ke dalam setiap masakan, bukan? Agar lebih praktis, Anda bisa menggunakan bubuk bawang putih yang diproduksi oleh Wiberg Berger & Co. G.m.b.H.

Temukan produk-produk berkualitas untuk masakan bercita rasa tinggi dari Wiberg di PT Markaindo Selaras. Temukan bumbu dapur Anda dengan mengunjungi website resmi Markaindo di www.markaindo.com dan pesan semua produknya melalui e-mail di marketing@markaindo.co.id sekarang juga.