Bakso, yang sebenarnya merupakan makanan asli orang Tionghoa ini telah melalui berbagai proses pengembangan hingga menjadi sajian yang biasa kita nikmati. Rasa bakso tak hanya pas di lidah, namun juga cocok dengan selera orang Indonesia. Hadirnya bakso yang resepnya dikembangkan oleh para keturunan Tionghoa di Nusantara ini tentu saja memberi warna baru dalam dunia kuliner kita yang semakin beragam.

Nah, berbicara tentang bakso, ternyata tak melulu terbuat dari daging sapi atau ayam saja, loh. Ada juga bakso ikan yang meski kepopulerannya tak seperti bakso sapi atau bakso ayam, akan tetapi memiliki cita rasa yang tak kalah gurih. Dijamin bikin Anda lupa bakso sapi dan bakso ayam, deh!

Anda mungkin berpikir bakso ikan memiliki aroma amis yang bikin eneg. Eits, tunggu dulu! Dengan resep bakso ikan homemade di bawah ini, dijamin jauh dari yang namanya amis, deh.

Bakso Ikan Homemade

Bahan Bakso Ikan Homemade:

Ikan kakap 1 kg, ambil dagingnya saja

Putih telur 4 butir

Tepung kanji 12 sdm

Bawang putih 5 siung

Bawang merah 4 butir, goreng dan haluskan

Lada bubuk 1 sdt

Garam secukupnya

Penyedap rasa secukupnya

Air dingin 1 gelas

Es batu secukupnya, haluskan

Cara Membuat Bakso Ikan Homemade:

Uleni daging ikan dan bumbui dengan garam, penyedap rasa, lada dan bawang. Tambahkan dengan air dan putih telur. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan rata.

Masukkan tepung kanji sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Uleni hingga merata dan menjadi adonan bakso.

Siapkan air dan didihkan di atas api besar. Jika sudah mendidih, matikan kompor

Cetak bakso bulat-bulat. Ukurannya bisa Anda sesuaikan. Langsung masukkan bakso yang telah dibentuk ke dalam air panas yang sebelumnya sudah dididihkan. Lakukan hingga semua adonan habis.

Panaskan panci berisi bakso dan tunggu hingga bakso mengapung ke permukaan tanda jika bakso sudah matang.

Segera pindahkan bakso yang sudah matang ke dalam wadah berisi air dan es batu. Diamkan selama 30 detik. Setelah itu angkat dan tiriskan.

Bakso ikan pun siap untuk disajikan bersama menu pelengkap dengan kuah kaldu ikan yang rasanya menggugah selera.

Bagaimana, mudah kan membuat bakso ikan homemade dengan resep praktis di atas?

Anda bisa menyimpan bakso yang telah matang di lemari pendingin. Bakso yang disimpan di lemari pendingin bisa tahan hingga seminggu untuk kemudian dipanaskan kembali dan dinikmati. Tak hanya enak dinikmati bersama kuah, bakso ikan juga nikmat disajikan dengan cara digoreng, loh. Wah, dijamin anak-anak pasti suka camilan sehat satu ini!

Rasa bakso ikan homemade buatan Anda akan semakin mantap, jika dihidangkan bersama dengan kuah kaldu dan sayuran hijau yang telah ditumis dengan bumbu. Tambahkan juga gorengan bakso ikan supaya ada tekstur berbeda yang unik.

Ingin agar bakso ikan Anda memiliki tekstur kenyal seperti bakso yang dijual? Pastikan Anda menggunakan produk pengenyal makanan STPP yang food grade, ya? Karena pengenyal makanan STPP food grade khusus dibuat untuk digunakan dalam campuran bahan makanan sehingga aman dikonsumsi.

Jangan salah pilih jenis pengenyal untuk menyempurnakan bakso ikan homemade Anda. PT Markaindo Selaras memiliki produk pengenyal makanan Abastol dan Carnal dari Budenheim. Pengenyal makanan STPP food grade buatan perusahaan internasional ini dijamin kehalalannya. Jadi Anda tak perlu khawatir.

Untuk pemesanan pengenyal makanan STPP food grade dari Budenheim, Anda bisa langsung mengakses website resmi Markaindo di www.markaindo.co.id atau e-mail di marketing@markaindo.co.id dan sajikan makanan sehat dan enak.