Siapa, sih, yang nggak kenal mochi? Kudapan lembut dan kenyal khas Negeri Sakura Jepang yang terbuat dari ketan tumbuk berbentuk bulat dengan beragam isian ini memang bikin semua orang ketagihan. Tak cuma anak-anak, orang dewasa pun banyak yang menggemari kue satu ini. Tekstur kue mochi yang legit berpadu dengan rasanya yang manis memang sangat sulit digantikan dengan jajanan lain.

Meski kudapan manis satu ini umumnya merupakan sajian pada perayaan tahun baru di negara asalnya, tetapi sekarang Anda bisa menjumpainya kapan pun. Selain semakin banyak tempat yang menjual kue mochi ini, Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah berbekal bahan-bahan pilihan.

Dari sekian banyak jenis kue mochi yang ada, seperti mochi matcha, mochi sederhana, mochi maizena, mochi kacang, mochi coklat, hingga mochi es krim yang kekinian, kue mochi ketan a la Korea menjadi salah satu yang wajib Anda coba buat di rumah. Yuk, intip bahan-bahan dan cara membuatnya di bawah ini:

Resep Kue Mochi Ketan Korea

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Tepung ketan 200 gram

Gula Pasir 3 sdm

Garam ¼ sdt

Air 150 ml (secukupnya)

Bubuk kacang kedelai secukupnya

Cara membuat kue mochi a la Korea:

Pertama masukkan tepung, gula dan garam. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Selanjutnya tuangkan air sembari diaduk hingga menjadi adonan yang teksturnya padat, akan tetapi tak terlalu liat.

Kemudian kukus adonan selama 5 menit. Agar adonan tidak basah karena terkena tetesan uap air, Anda bisa melapisi tutup kukusan dengan kain bersih.

Angkat dan aduk adonan menggunakan sendok nasi. Lakukan ini selagi adonan hangat. Uleni beberapa saat dan masukkan kembali ke dalam kukusan. Kukus selama 5 menit.

Keluarkan dan uleni sampai adonan agak hangat. Angkat dari wadah dan gunakan sedikit air untuk membasahi adonan agar Anda mudah membentuknya.

Cetak membentuk gulungan memanjang. Taburkan bubuk kacang kedelai dan potong-potong kue mochi Korea.

Agar seluruh permukaan tertutupi dengan bubuk kacang secara merata, gulung adonan yang telah dipotong.

Susun di piring saji dan kue mochi ketan Korea alias injeolmi pun siap dinikmati bersama keluarga dengan secangkir teh hangat.

Tak punya kukusan atau malas menggunakan kukusan? Anda masih bisa membuat kue mochi lezat kaya gizi ini dengan microwave, kok. Cara membuat kue mochi ketan khas Korea menggunakan microwave pun mudah, tak berbeda dengan cara memasak memakai kukusan. Masaklah adonan dalam microwave kurang lebih selama 3 menit sebanyak 2 hingga 3 kali. Dan jangan lupa untuk menutup wadah adonan menggunakan plastic wrap atau penutup mangkuk sebelum Anda memasukkannya ke dalam microwave agar adonan tidak rusak.

Kue mochi ketan Korea ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai bekal putra putri tercinta Anda. Selain karena bentuknya yang cantik dan menarik, rasanya yang manis pun dijamin akan disukai anak-anak. Apalagi dengan kandungan nilai gizi tinggi yang terdapat di dalam kudapan lezat ini berkat bubuk kedelai isolated soy protein ISP.

Dibuat dari bahan biji kedelai protein tinggi, bubuk kedelai yang diproduksi Crown Soya ini menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Tentu tak perlu diragukan lagi jika bubuk kedelai yang digunakan untuk membalut kue mochi ketan khas Korea ini dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang di dalam masa pertumbuhan.

Untuk mendapatkan bubuk kedelai isolated soy protein ISP berkualitas premium Anda cukup melakukan pemesanan secara online. Anda bisa langsung mengakses website resmi PT Markaindo Selaras, di alamat www.markaindo.com, atau melalui e-mail marketing@markaindo.co.id.

Sebagai distributor resmi produk dari Crown Soya di Indonesia, PT Markaindo Selaras, menyediakan berbagai produk unggulan dari Crown Soya untuk olahan lezat bergizi buatan rumahan.