Jagung menjadi salah satu makanan pokok dan banyak dibudidaya di Indonesia. Jagung tidak hanya dikonsumsi dalam bentuk utuh tapi juga dibentuk dalam banyak olahan lain. Salah satu olahan jagung yang populer yaitu corn starch. Corn starch merupakan pati jagung atau sering disebut juga maizena. Namun maizena merupakan merek dari suatu produk pati jagung. Kemudian ada juga yang menganggap tepung jagung dan pati jagung sama tapi ternyata berbeda. Tepung jagung merupakan hasil dari jagung yang sudah digiling dan dikeringkan. Sementara pati jagung merupakan hasil endapan dari air perasan jagung. 

Manfaat corn starch ini cukup beragam baik untuk masakan maupun kesehatan kulit. Untuk masakan, corn starch banyak dipakai untuk mengentalkan makanan. Anda bisa membuat masakan seperti capcay dengan menggunakan maizena sebagai pengental kuahnya. Kemudian, corn starch bisa dimanfaatkan sebagai tepung kanji atau tapioka. Hal ini karena corn starch memiliki fungsi sama dengan tapioka yaitu mengentalkan. Ditambah lagi, warna corn starch lebih bening dibandingkan tepung tapioka. Warna yang lebih cantik ini membuat hasil masakan lebih menarik dan menggugah selera. Corn starch juga bisa digunakan untuk membuat nugget. 

Penambahan corn starch akan membuat daging lebih menyatu dan tekstur garing saat digoreng. Makanan-makanan lain yang bisa menggunakan corn starch sebagai campuran yaitu stik kentang keju yang sedang hits. Sementara manfaat corn starch untuk kesehatan kulit diantaranya bisa digunakan untuk masker wajah. Untuk menggunakannya, cukup campurkan beberapa sendok corn starch dengan 1 butir telur dan sedikit air. Aduk secara merata dan oleskan pada wajah sebagaimana pemakaian masker wajah. Kemudian bisa digunakan untuk scrub. Scrub cukup penting untuk dilakukan secara rutin meski tidak setiap hari. Perawatan kulit dengan scrub akan membuat kulit lebih bersih karena sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam bisa diangkat. 

Baca juga : resep bakpao hijau yang enak

Manfaat selanjutnya yaitu untuk menghilangkan bekas gigitan serangga. Bekas gigitan serangga biasanya menimbulkan bekas seperti bercak merah di kulit yang dapat menurunkan rasa percaya diri. Untuk menghilangkannya, cukup oleskan corn starch pada bekas gigitan. Manfaat selanjutnya yaitu untuk mengatasi lecet saat mengenakan sepatu baru atau pun high heels. Caranya yaitu cukup dengan menaburkan corn starch secukupnya di sekitar tumit sepatu atau tungkak. 

Adanya corn starch akan membuat gesekan antara kaki dan dan permukaan sepatu bagian dalam lebih halus sehingga tidak menimbulkan lecet. Kemudian manfaat lainnya yaitu untuk meminimalisir rambut lepek. Anda cukup mencampurkan secukupnya minyak esensial rosemary dengan 4 sdm corn starch. Lalu aduk rata dan aplikasikan pada rambut seperti memakai gel atau minyak rambut seperti biasa. Untuk pencampuran bahan yang lebih banyak, Anda bisa menyimpannya dalam wadah sehingga bisa dipakai untuk hari-hari berikutnya.

Corn starch sudah menjadi bahan yang umum untuk digunakan. Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagai produksi bahan makanan olahan. Manfaat kesehatan dari corn starch yang cukup beragam juga sebaiknya tidak Anda abaikan. Bagi Anda yang membutuhkan corn starch khususnya dalam jumlah besar, Anda bisa mendapatkannya di website Markaindo. Markaindo merupakan perusahaan penyedia bahan baku industri makanan termasuk corn starch. Berdiri sejak tahun 1982, Markaindo terus berkomitmen menyediakan bahan baku yang berkualitas untuk produk olahan Anda. Selain melalui website, Anda juga bisa melakukan pemesanan melalui telepon ke +62 – 2187920515.