Pesatnya perkembangan industri makanan membuat masyarakat kini memiliki banyak pilihan makanan untuk dikonsumsi. Bayangkan saja, Anda saat ini tidak harus memasak bahan-bahan makanan mentah untuk disajikan sebagai menu lezat di meja makan. Anda bisa memilih makanan instan yang proses memasaknya lebih mudah dan cepat seperti sosis atau patty. Makanan-makanan olahan ini bukan berarti tidak memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Para produsen telah memikirkannya agar produknya tetap bisa dikonsumsi. Salah satu bahan makanan yang ditambahkan saat pembuatannya yaitu kolagen. Kolagen merupakan sejumlah protein yang terdapat dalam tubuh manusia dan beberapa hewan seperti spesies laut, sapi, dan babi. Untuk makanan, kolagen yang umum digunakan adalah kolagen dari spesies laut, sapi, atau babi. 

Dalam industri pengolahan makanan, kolagen sering dipakai sebagai bahan tambahan untuk menambah volume  dan kualitas produk sehingga produksi lebih menguntungkan. Ada keuntungan berupa efek emulsi sehingga produk bisa lebih halus dan padat sempurna, tekstur produk yang lebih baik, serta meningkatkan stabilitas termasuk pada suhu tertentu seperti saat pengolahan atau dimasak. Manfaat kolagen lainnya yaitu sebagai media pengontrol kadar air dan lemak pada produk daging olahan. Kolagen biasanya dipasarkan dalam bentuk lembaran maupun bubuk. Jika Anda ingin menggunakannya untuk produksi olahan pangan skala besar seperti pabrik, bentuk bubuk adalah yang paling tepat. 

Untuk mendapatkannya, ada collagen powder dari D.C.P. Ingredients yang bisa Anda gunakan. D.C.P. Ingredients merupakan perusahaan bersertifikasi Internasional yang bergerak di bidang pembuatan kolagen sapi untuk makanan produk daging olahan. Collagen powder D.C.P Ingredients tersedia dalam tiga jenis kolagen yang penggunaannya bisa disesuaikan dengan jenis produk daging olahan Anda. Jenis produk kolagen yang pertama yaitu Kapro B95 SF yang cocok untuk produk daging olahan beremulsi dan reform. Anda bisa menggunakannya untuk  mengurangi penyusutan volume saat produk dimasak. 

Baca juga: manfaat kolagen yang wajib diketahui

Kapro B95 SF cocok untuk semua jenis daging karena bersifat tidak mengubah rasa produk daging olahan. Jenis kolagen berikutnya yaitu Kapro B95 yang memiliki rasa netral dan cocok untuk semua jenis daging. Bedanya, Kapro B95 lebih digunakan untuk produk yang menggunakan produksi injeksi. Anda juga bisa menggunakan Kapro B95 dalam larutan marinasi karena bentuk collagen powder yang sangat halus. Jenis ketiga dari collagen powder D.C.P Ingredients yaitu dalam bentuk Kapro B95 C yang memiliki bentuk serat-serat tipis. Jenis yang ketiga ini sangat cocok jika digunakan untuk reform produk karena mampu mengurangi celah antar partikel dengan sangat baik. Rasa yang dimiliki oleh Kapro B95 C adalah netral sehingga cocok untuk semua jenis daging.

Dari beragam manfaat kolagen berupa collagen powder D.C.P Ingredients, Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan tanpa harus pusing dengan meningkatnya biaya produksi. Untuk hasil produksi yang lebih maksimal, sesuaikan jenis produk daging olahan Anda dengan tiga jenis collagen powder yang ada. Anda tidak perlu khawatir akan jaminan halal kolagen D.C.P Ingredients karena sudah ada sertifikat halal dari Food Safety System Certification (FSSC 22.000). Bagi Anda yang ingin mendapatkan collagen powder D.C.P. Ingredients, Anda bisa mengunjungi website Markaindo. Markaindo merupakan perusahaan yang menyediakan berbagai bahan baku industri pangan sejak tahun 1982. Selain melalui website, Anda juga bisa menghubungi Markaindo melalui telepon di +62 – 2187920515 atau +62 – 2187920516.