Perubahan gaya hidup masyarakat yang kian modern membuat semakin banyak perusahaan pangan yang memproduksi makanan cepat saji. Sebagian besar orang bahkan tidak memiliki cukup waktu untuk makan, sehingga umumnya mereka akan menginginkan makanan yang tidak langsung habis namun bisa dimakan setelah pekerjaan selesai atau hingga keesokan harinya. Di situlah peranan pengawet makanan dibutuhkan. Terlepas dari kontroversi yang menaunginya, pengawet makanan memang sudah menjadi bagian dari hidup sehari-hari. Namun sebagai produsen, tentunya Anda juga harus mempertimbangkan faktor kesehatan dari konsumen. Itulah mengapa semua pengusaha pangan hanya diperbolehkan untuk menggunakan pengawet food grade berikut ini dalam takaran yang terukur:

1. Natrium & Asam Benzoat

Natrium benzoat sebenarnya merupakan hasil senyawa dari asam benzoat. Kandungan senyawa kimiawi ini memiliki komponen yang sangat serupa dengan garam beserta dengan fungsinya. Natrium benzoat berperan penting dalam menghambat mikroorganisme dari berkembangbiak dan memicu terjadinya proses pembusukan pada beberapa jenis makanan. Penggunaan asam benzoat maupun natrium benzoat kerap digunakan di dalam pengolahan bahan makanan dengan citarasa asam, seperti jus lemon, minuman soda, saus dressing salad, dan lain sebagainya.

2. Sulfur Dioksida

Sulfur dioksida atau sulfit adalah produk pengawet makanan yang sangat ampuh dalam mencegah berkembangnya bakteri pembusuk makanan yang dapat menurunkan kualitas bahan pangan. Produk pengawet makanan food grade ini sering digunakan sebagai bahan pengawet untuk bermacam-macam jus buah dan olahan dari buah-buahan yang lainnya. Tak hanya itu, pengolahan minuman fermentasi anggur yaitu wine juga memanfaatkan bahan pengawet satu ini. Sulfit juga memiliki peranan dalam memberikan warna yang segar dan menarik pada produk minuman tersebut. 

3. Nisin

Nisin merupakan zat pengawet makanan yang berasal dari bakteri Lactococcus lactis. Mikroorganisme tersebut merupakan jenis bakteri asam yang dapat membantu memaksimalkan proses fermentasi sekaligus melawan pembentukan spora jamur maupun bakteri gram positif. Produk pangan yang menggunakan pengawet jenis nisin antara lain olahan produk susu seperti yoghurt, keju, roti, daging dan ikan, serta minuman beralkohol. 

Pilih Produk Koyo Chemical untuk Pengawet Food Grade yang Aman

Koyo Chemical merupakan perusahaan bahan pangan kimia asal Jepang yang meluncurkan berbagai macam produk pengawet makanan dan food longevity agents terbaik di dunia. Produk pengawet dari perusahaan ini diproses dengan menggunakan gabungan antara metode pengolahan makanan tradisional dengan menggunakan produk cuka alami dan asam asetat sebagai pendekatan modern. Di saat yang sama, produk pengawet makanan ini juga berperan sebagai food longevity agent. Hal ini dikarenakan produk bubuk tersebut juga berfungsi untuk menahan volume air yang terdapat di dalam bahan makanan. Dengan demikian, tidak hanya bakteri akan mengalami kesulitan untuk berkembang biak, tekstur dari produk tersebut pun akan menjadi lebih lembut dengan tingkat kekenyalan yang pas. Berikut adalah beberapa produk pengawet makanan Koyo Chemical yang dapat Anda gunakan:

Goat Roll: Produk ini berfungsi sebagai pengatur keasaman yang dapat membantu mengontrol tingkat keasaman dari sebuah produk makanan. Dengan tingkat keasaman yang tepat, maka makanan pun akan menjadi lebih tahan lama.Produk ini menggunakan kombinasi antara asam fumarat & sodium asetat.

NSK: NSK merupakan bahan pengawet yang berfungsi untuk mengatur keasaman dari sebuah produk pangan. Bahan pengawet makanan tersebut terdiri dari kombinasi komponen aktif antara asam asetat dan sodium asetat.

Rice-B: Produk pengawet dari Koyo Chemical ini diformulasikan khusus untuk menjaga tekstur nasi agar tetap lembut dan kenyal selama masa penyimpanan.

Untuk mendapatkan variasi pengawet makanan termutakhir dari Koyo Chemical, Anda dapat membeli produk tersebut dengan mudah lewat situs Markaindo. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi melalui telepon ke +62 – 2187920515.

Selain menyediakan produk pengawet makanan, Markaindo juga meluncurkan bermacam-macam produk tambahan pangan untuk meningkatkan kualitas dan harga jual produk makanan.