Dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk dunia, penggunaan bahan pengawet makanan semakin lazim digunakan di dalam bidang industri pangan. Penggunaan pengawet makanan atau food preservative memang dapat membantu bahan pangan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Kualitas bahan makanan pun akan tetap terjaga saat sampai di daerah-daerah terpencil sekalipun. Namun penggunaan bahan pengawet bukan tanpa resiko. Sejumlah penyakit seperti kardiovaskuler, obesitas, hingga kelainan genetik seperti kanker banyak disebabkan oleh konsumsi makanan berpengawet yang berlebihan. Beberapa pengawet makanan bahkan juga dapat menimbulkan reaksi alergi.

Namun sebenarnya penggunaan bahan pengawet makanan  memang sangat diperlukan. Terutama bagi Anda yang berkecimpung di bidang industri kuliner. Untungnya, ada banyak sekali produk pengawet makanan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Kenali jenis-jenis bahan pengawet makanan yang lazim digunakan dalam industri pangan berikut ini.

Bahan Pengawet Makanan Alami

Alam sebenarnya sudah menawarkan bahan-bahan pengawet alami yang sudah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu. Bahan pengawet makanan alami ini memiliki kandungan yang lebih sehat dan tidak terlalu berpotensi mengakibatkan masalah kesehatan selama dalam kadar yang wajar. Bahan pengawet alami juga memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan pengawet makanan sintetis. Namun kelemahan dari bahan pengawet alami ini adalah sifatnya yang kurang stabil. Sehingga daya tahan dari bahan pengawet ini cenderung lebih lemah. Berikut adalah bahan pengawet makanan alami yang lazim digunakan:

1. Garam

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang dapat digunakan sebagai bahan pengawet. Butiran-butiran garam didapatkan dari proses penguapan air laut yang terpapar sinar matahari atau mesin pemanas. Kandungan klorida yang terdapat di dalam garam merupakan zat yang sangat ampuh dalam membasmi bakteri dan kuman yang memicu terjadinya pembusukan. Zat tersebut juga menyerap air sehingga mencegah terjadinya kelembapan yang juga menjadi faktor utama yang mempercepat proses pembusukan. Proses pengawetan makanan dengan menggunakan garam lazim disebut sebagai pengasinan dan banyak digunakan untuk mengawetkan ikan-ikan laut maupun digunakan di dalam proses pembuatan telur asin. Selain berfungsi sebagai pengawet, garam juga dapat menambah cita rasa makanan.

2.  Gula

Selain garam, gula juga menjadi salah satu bumbu dapur yang dapat digunakan sebagai bahan pengawet makanan. Sama seperti garam, kandungan klorida yang terkandung di dalam gula juga berperan penting untuk mengikat air di dalam makanan. Bakteri pun akan lebih sulit untuk tumbuh sehingga usia makanan dijamin menjadi lebih awet. Gula juga digunakan sebagai penyedap makanan alami dan kerap digunakan bersamaan dengan garam untuk membumbui aneka hidangan sayuran atau tumis untuk memberikan rasa umami. 

Baca juga : produk pengawet makanan alami terbaik

Bahan Pengawet Makanan Sintetis

Berbeda dari bahan pengawet alami, pengawet makanan sintetis memiliki tingkat kestabilan yang sangat baik. Sehingga tak heran jika makanan yang menggunakan pengawet kimia ini mampu bertahan hingga hitungan tahun. Berikut adalah bahan pengawet kimiawi yang sering digunakan dalam pengolahan makanan:

1.  Asam Benzoat

Nama asam benzoat tentunya tidak terdengar asing di telinga. Bahan kimiawi satu ini memang sangat umum digunakan sebagai bahan pengawet makanan. Asam benzoat banyak digunakan di dalam produk olahan buah-buahan, seperti selai dan jus kemasan, kecap, saus tomat, dan margarin. Asam benzoat berperan penting dalam mencegah pertumbuhan bakteri pada makanan.

2. Asam Sitrat

Selain asam benzoat, asam sitrat juga termasuk ke dalam zat pengawet makanan yang sering digunakan. Pengawet makanan ini juga memberikan citarasa asam yang membuatnya banyak digunakan di dalam produk olahan jus buah, selai, dan lain sebagainya. Produk satu ini juga relatif sangat aman untuk digunakan. 

Untuk menunjang kebutuhan produksi pangan Anda, Markaindo hadir sebagai supplier penyedia berbagai macam bahan pengawet makanan terpercaya. Di situs resmi Markaindo, Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai macam produk pengawet makanan alami maupun buatan berkualitas premium dengan harga terjangkau. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi melalui telepon ke +62 – 2187920515.