Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan MSG, bukan? MSG atau micin merupakan salah satu produk penguat rasa yang populer. Di mana MSG sendiri seringkali ditambahkan pada sebuah masakan untuk membuatnya memiliki cita rasa yang lebih enak. Kandungan yang terdapat di dalam MSG juga diklaim mampu mengeluarkan rasa umami. Hal tersebutlah yang membuat banyak orang seringkali menggunakan sedikit MSG pada masakan mereka. Selain dapat membuat makanan lebih enak, penguat rasa juga hadir dengan beragam manfaat yang baik lainnya. Berikut ini beberapa manfaat penguat rasa yang perlu Anda ketahui:

Mengurangi Konsumsi Garam

Garam menjadi salah satu bahan masakan utama yang tidak boleh dilewatkan. Kehadiran garam dapat menambah cita rasa dari sebuah masakan. Sama halnya dengan MSG, garam juga dilengkapi dengan kandungan natrium di dalamnya. Namun, kandungan natrium yang terdapat di dalam garam diklaim lebih banyak dibandingkan dengan yang ada di MSG.

Hal tersebutlah yang membuat banyak orang percaya bahwa mengkonsumsi MSG mengurangi kadar garam pada makanan yang Anda masak. Anda pun dapat lebih terhindar dari penyakit darah tinggi yang disebabkan karena mengkonsumsi natrium berlebihan.

Merangsang Produksi Air Liur

Tahukah Anda bahwa adanya MSG dalam sebuah masakan dapat memicu produksi air liur? Di mana adanya air liur akan semakin memudahkan Anda dalam melumat makanan hingga halus. Kadar air liur yang cukup juga akan memudahkan makanan masuk ke dalam tenggorokan Anda. Sehingga mengkonsumsi makanan yang mengandung penguat rasa akan membuat air liur Anda meningkat.

Membuat Tanaman Lebih Subur

Siapa sangka, selain memiliki banyak manfaat untuk tubuh, kandungan yang terdapat di dalam penguat rasa juga bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Di mana MSG bisa Anda jadikan sebagai salah satu alternatif cara untuk membuat tanaman lebih subur. Caranya pun terbilang sangat mudah, Anda hanya perlu melarutkan MSG dengan menggunakan air. Larutan MSG tersebut bisa langsung Anda siramkan pada tanaman secara rutin untuk membuatnya lebih subur dan segar.

Secara tidak langsung, hal tersebut akan mengurangi penggunaan pupuk. Menggunakan pupuk terlalu sering tidak baik bagi pertumbuhan tanaman Anda. Kandungan kimia pada pupuk dianggap mampu membuat kualitas air dan tanah menjadi menurun. Untuk itu, kurangi penggunaan pupuk dan jadikan MSG sebagai cara menyuburkan tanaman.

Meningkatkan Produksi Cairan Lambung

MSG juga dianggap dapat membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Di mana kandungan yang terdapat di dalam penguat rasa tersebut dapat meningkatkan produksi cairan di lambung Anda. Dinding lambung yang menipis akibatnya kurangnya cairan tentu tidak baik bagi kesehatan Anda. Kondisi tersebut juga dapat memicu timbulnya penyakit gastritis atrofik. Agar risiko terkena penyakit tersebut menjadi berkurang, konsumsi MSG secukupnya.

Setelah mengetahui aneka manfaat penguat rasa di atas, kini Anda tentu semakin yakin dalam menggunakan MSG pada setiap proses memasak. Namun, perlu diingat juga bahwa kadar MSG perlu Anda perhatikan dengan baik. Mengkonsumsinya secara berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan tubuh. Di mana hal tersebut dapat memicu timbulnya aneka penyakit.

Markaindo merupakan salah satu produsen bahan masakan yang juga jual penguat rasa dengan berbagai macam merk. Aneka bahan masakan lainnya juga tersedia secara lengkap di website Markaindo. Untuk itu, segera kunjungi website Markaindo dan lengkapi bahan masakan Anda.