Cara mengolah daging memang harus diperhatikan dengan jeli, supaya tekstur daging yang didapat tidak terlalu keras atau sebaliknya. Sering kali, cara memasak daging yang salah bisa merusak tekstur daging serta menghilangkan kandungan nutrisinya. Supaya bisa mendapatkan hasil daging yang maksimal, berikut cara terbaik mengolah daging.

  1. Potong Daging Melawan Arah Serat

Cara mengolah daging yang baik dan benar pertama adalah, potong daging melawan arah serat, supaya bisa mendapat tekstur lembut. Saat memotong daging, jangan mengikuti serat panjang yang tampak pada permukaan daging.

Jika serat daging tampak melintang, maka Anda harus memotongnya secara membujur, dan begitupun sebaliknya.

  1. Masak dengan Temperatur yang Tepat

Cara kedua, masak daging dengan temperatur yang tepat, supaya kematangan daging pas, sesuai dengan keinginan. Saat memasak, sebaiknya daging tidak dimasak terlalu lama karena nanti kualitas gizi dan kandungan saripatinya bisa menurun.

Selain itu, proses memasak yang terlalu lama juga bisa membuat daging jadi alot dan keras saat akan dimakan. Jangan pula memasak daging dengan temperatur yang terlalu rendah, karena hal tersebut bisa membuat daging menjadi kering.

  1. Masak Secara Perlahan

Cara ketiga, masak daging secara perlahan dengan api sedang, supaya tekstur daging yang dimasak bisa lebih empuk. Penambahan garam saat memasak daging sebaiknya dilakukan setelah daging sudah cukup empuk.

  1. Gunakan Meat Pounder

Cara mengolah daging yang baik dan benar keempat adalah menggunakan meat pounder saat memotong daging, supaya lebih mudah. penggunaan meat pounder bisa membuat daging jadi lebih empuk saat dimasak nantinya. Cara ini bisa digunakan jika Anda tidak ingin kerepotan saat memotong daging.

  1. Marinasi Daging Sebelum Dimasak

Cara kelima, marinasi daging sebelum dimasak, dengan tujuan supaya tekstur daging jadi lebih empuk saat dimasak. Dalam proses marinasi ini, Anda membutuhkan bahan seperti nanas, daun pepaya, dan rempah-rempah.

Proses marinasi ini biasanya dilakukan sebelum daging diolah, dan sebaiknya proses ini tidak dilakukan terlalu lama. jika proses marinasi dilakukan terlalu lama, maka daging bisa hancur saat akan dihidangkan, karena teksturnya terlalu lembut.

  1. Rebus dengan Sari Santan

Selain menggunakan daun pepaya ataupun buah nanas, Anda juga bisa melembutkan daging dengan sari santan. Caranya, rebus daging dengan sari santan, hingga sari tersebut mendidih.

Ukurannya, untuk melembutkan 1 kilogram daging, maka Anda perlu menyiapkan 1 buah kelapa. Tidak hanya membuat daging lebih empuk, sari santan juga bisa membuat daging terasa lebih gurih.

Cara ini bisa Anda gunakan, sebagai alternatif lain dari penggunaan daun pepaya atau buah nanas.

  1. Gunakan Penggiling Berkualitas

Jika menginginkan daging giling untuk diolah, Anda juga bisa menggunakan penggiling daging berkualitas setelah menjalani serangkaian proses tadi. Ukuran dari alat penggiling daging nantinya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Dapatkan Daging Berkualitas dengan Aneka Bumbu dari PT. Markaindo Selaras

Setelah mengetahui cara mengolah daging yang benar, maka selanjutnya anda juga harus mulai memilih aneka bumbu yang akan digunakan. Bumbu dari PT. Markaindo Selaras bisa menjadi bumbu pilihan yang bisa Anda gunakan untuk mendapat daging berkualitas.

PT. Markaindo Selaras menyediakan berbagai jenis bumbu dan tepung, semua produk tersebut bisa Anda temukan di www.markaindo.com. Jika ingin melakukan pemesanan, Anda bisa melakukannya secara online dengan mengirimkan pesan via email ke marketing@markaindo.co.id