Udang adalah makanan laut yang cenderung cepat basi dan rasanya kurang enak jika tidak dalam kondisi segar. Bagi Anda yang pemula nyatanya membutuhkan tips memilih udang segar untuk menunjang menu olahan yang lebih sehat. Udang yang sehat juga memiliki cita rasa yang lebih enak untuk dijadikan menu apapun. 

Tips Memilih Udang Segar

Untuk melihat kesegaran udang Anda bisa menggunakan 4 kriteria utama sebagai acuan pemilihannya. Adapun tips yang bisa dilakukan ada di bawah ini:

  1. Kenali baunya

Anda harus tahu terlebih dahulu aroma udang segar itu yang seperti apa. Udang yang segar cenderung memiliki aroma udang yang sangat menyengat namun masih dalam tahap yang wajar. Aroma menyengat yang dimaksud adalah aroma segar khas udang mentah pada umumnya. 

Namun jika aroma udangnya justru amis dan busuk lebih baik jangan dibeli. Udang tersebut sudah tidak segar atau disimpan terlalu lama. Kandungan gizinya juga cenderung sudah berkurang. 

  1. Kenali warnanya

Hal kedua yang bisa menjadi parameter udang yang masih segar adalah bisa dilihat dari warnanya. Udang yang masih segar cenderung memiliki warna kulit yang bening dan daging cenderung merah. Perhatikan dengan baik kondisi kulit dan daging dari udangnya sebelum membeli dengan seksama. 

Curigalah dengan udang yang kulitnya sudah kusam dan dagingnya sudah memucat. Bisa jadi udang ini sudah tidak segar lagi. 

  1. Kepala udang

Parameter ketiga dari udang segar adalah bisa dilihat dari kepala udangnya. Udang yang masih segar bagian kepalanya masih menyatu dengan baik. Sementara udang yang sudah tidak segar kepalanya akan terlepas dengan mudah. 

Selain itu Anda bisa melihat dari warnanya, kepala udang yang bagian dagingnya sudah merah biasanya sudah tidak segar lagi. 

  1. Kenali tekstur daging

Anda bisa melihat udang yang masih segar dari segi tekstur dagingnya. Udang yang segar ini memiliki tekstur yang keras dan kenyal untuk bagian dagingnya. Sementara ketika dilihat secara sekilas bentuknya memang lebih segar dan menggugah selera. Cobalah untuk menekan dagingnya untuk melihat kekenyalannya. 

Udang Lebih Awet Dengan Penyimpanan yang Benar

Anda membeli udang dalam jumlah yang banyak dan bingung untuk menyimpannya? Ternyata cara paling mudah menyimpan udang adalah menggunakan freezer. Siapkan udang yang tidak diolah setelah membeli. Jangan lupa untuk mencucinya sampai bersih dan sisihkan sampai airnya hilang dalam udangnya.

Siapkan wadah yang kering kemudian masukkan semua udangnya ke dalam wadah tersebut. Pilih wadah yang menggunakan tutup kedap udara. Kemudian simpan segera udangnya ke dalam freezer agar lebih awet untuk digunakan. Ketika disimpan ke dalam freezer ini maka bisa bertahan sampai dengan 5 harian. Ketika ingin menggunakan udangnya silahkan keluarkan beberapa saja sesuai kebutuhan jangan semuanya. 

Memasak Udang Lebih Enak Menggunakan Bahan dari PT Markaindo Selaras

Anda sudah mempraktekkan cara penyimpanan dan pemilihan udang yang tepat? Ditambah lagi dengan penggunaan bumbu kering dari PT Markaindo Selaras. PT ini menyediakan banyak kebutuhan dapur mulai dari aneka tepung, bumbu dapur sampai dengan bungkus sosis dengan kualitas bagus. 

Anda bisa langsung melakukan pemesanan melalui email marketing@markaindo.co.id. Anda juga bisa melihat beberapa produk yang tersedia di alamat website www.markaindo.com. Mereka melayani pembelian dalam jumlah besar untuk keperluan penjualan atau untuk dapur pribadi.