Penyuka soto ayam wajib merapat untuk mencoba resep soto ayam anti gagal berikut ini. Soto ayam merupakan salah satu hidangan khas nusantara, sangat cocok dimakan bersama keluarga saat musim hujan untuk menghangatkan tubuh. Bisa juga dijadikan hidangan untuk meredakan demam atau rasa sakit dalam tubuh karena di dalamnya terdapat banyak rempah yang bermanfaat. Anda ternyata bisa membuat soto ayam enak hanya dengan bahan yang mudah ditemukan di sekitar. 

Resep Soto Ayam

Bahan :

  • Bumbu halus

Untuk membuat bumbu halus Anda membutuhkan beberapa bahan khusus yang nantinya akan dihaluskan. Adapun bahan yang dibutuhkan bisa dilihat di bawah ini:

  1. 3 sdt garam
  2. Satu ruas jari kunyit ( bakar terlebih dahulu )
  3. 6 butir kemiri
  4. 12 siung bawang putih 
  • Bahan Soto
  1. ½ ruas jari jahe
  2. 2 batang serai ( pipihkan atau geprek kasar )
  3. 4 lembar daun jeruk
  4. 5 butir telur rebus potong menjadi dua bagian
  5. 150 gram kol iris kecil halus
  6. 70 gram soun atau mie untuk soto ( rendam agar tidak kaku )
  7. 4 sdm minyak sawit
  8. 2 sdm jeruk nipis
  9. 1 ayam kampung ( ayam biasa juga bisa )
  10. 3 liter air
  • Pelengkap sajian
  1. 1 buah jeruk nipis ( iris tipis )
  2. Koya
  3. Bawang goreng
  4. Daun bawang

Cara memasak :

  1. Siapkan ayam yang telah dibersihkan kemudian berikan perasan jeruk nipis untuk menghilangkan aroma amisnya. Lanjut untuk memasukkannya ke dalam panci dan rebus sampai empuk. 
  2. Jika sudah empuk jangan lupa ditiriskan dan dipotong kecil atau suwir sesuai selera. 
  3. Siapkan wajan untuk menumis bumbu halus. Masukkan minyak, bumbu halus, jahe, serai dan daun jeruk. Aduklah perlahan sampai merata. 
  4. Tuangkan bumbu yang sudah matang ke dalam panci berisikan kaldu ayam. Tutup panci sampai mendidih. 
  5. Siapkan mangkok dan tata telur rebus, soun, kol dan ayam suwir dengan rapi. 
  6. Masukkan kuah soto ke dalam mangkok secara perlahan. Soto siap disajikan, paling mantap dimakan bersama nasi hangat dan jika Anda suka bisa ditambahkan kerupuk udang maupun emping. 

Tips Menyimpan Bumbu Kering

Anda suka menggunakan bumbu kering? Tentunya wajib tahu bagaimana cara menyimpan bumbu yang benar. Tujuannya agar bisa lebih tahan lama dan tidak terjadi pertumbuhan jamur di dalamnya. Cara pertama untuk menyimpannya adalah memanfaatkan freezer. Pastikan wadah tertutup dengan rapat tanpa ada rongga udara sehingga lebih awet dan tetap bagus di dalam freezer.

Cara kedua menggunakan wadah silica gel. Tentunya Anda sudah sering mendengar bentuk wadah yang seperti ini. Selain lebih rapat wadah ini juga kedap udara jadi memungkinkan bumbu lebih awet dalam suhu ruang. Alternatif murah berikutnya adalah menggunakan plastik pressed hanya saja tidak bisa digunakan untuk jangka panjang. 

Resep Soto Ayam Lebih Enak Dengan Bumbu Dari PT Markaindo Selaras

Ingin cita rasa soto ayam menjadi lebih enak namun tetap praktis? Jangan lupa untuk menggunakan bumbu dapur kering dari PT Markaindo Selaras. Selain lebih fresh bumbu yang dijual tentu memiliki kualitas dan ketahanan yang lebih baik. 

Anda berminat untuk melihat produk yang dijual? Silahkan langsung mengunjungi laman website www.markaindo.com. Kemudian untuk pemesanan lebih mudah melalui email marketer marketing@markaindo.co.id. Tentunya pelayanan yang diberikan sangat memuaskan dengan produk yang terjamin mutunya.