Bahan pengenyal bakso tentunya sudah menjadi bahan utama yang penting dalam membuat bakso kenyal. Selain pemilihan daging berkualitas, tepung dan bumbu lain yang mendukung pengadaan bahan pengenyal ini juga menjadi kunci. Pemilihan pengenyal yang tidak sesuai membuat bakso menjadi keras dan tidak enak. 

Tips Penting Dalam Membuat Bakso Dengan Bahan Pengenyal 

Siapa yang tidak suka dengan bakso? Bulatan sempurna dengan rasa yang menggoyang lidah ini hampir disukai oleh semua orang. Namun beberapa orang memiliki kriteria khusus ketika membuat atau membeli sebuah bakso. Yakni mengenai tingkat kekenyalan dan juga daging yang digunakan. Kedua hal tersebut memang menunjang rasa yang diberikan oleh baksonya. 

Anda ingin membuat bakso sendiri? Tentu saja bukanlah masalah karena langsung bisa menggunakan beberapa tips penting ini. Pertama, tentunya tentang pemilihan dagingnya. Anda harus tahu terlebih dahulu jenis bakso apa yang akan dibuat seperti halnya bakso daging sapi, ikan, ayam ataupun udang. Pastikan membeli daging yang masih segar jangan bentuk frozen. Kemudian bisa segera diolah menjadi bakso. 

Hal kedua yang penting adalah terkait cara memasak dan perpaduan bahan yang digunakan. Perlu dipahami bakso tidak hanya terbuat dari daging namun ada bumbu lain yang menunjang cita rasanya. Masak daging agar empuk dan siapkan bahan pendukung seperti tepung, bawang putih dan lada. 

Tips ketiga dalam membuat bakso kenyal enak adalah dengan memilih tipe pengenyal yang sesuai. saat ini jenis pengenyal sudah cukup banyak untuk membuat bakso daging ini lebih empuk dan kenyal ketika dimakan. Namun harus dipastikan pengenyal yang digunakan adalah bahan aman untuk makanan. 

Mengenal Jenis Bahan Pengenyal Makanan untuk Bakso

Anda bingung untuk menggunakan bahan pengenyal makanan? Jangan khawatir pahami beberapa penjelasannya di bawah ini:

  1. Natrium Bikarbonat

Bahan ini aman digunakan untuk tambahan pengenyal pada bakso. Bentuknya seperti bubuk putih sehingga mudah disimpan dan digunakan kapan saja ketika dibutuhkan. Hampir sama dengan baking soda bentuknya dan cocok untuk melunakkan daging sapi ataupun ikan. 

  1. Mixphos

Jenis berikutnya untuk pengenyal adalah mixphos. Pengenyal yang satu ini memiliki warna kuning dengan bentuk bubuk kasar. Anda harus memperhatikan takaran penggunaannya jangan sampai kebanyakan untuk menghindari adanya rasa pahit. 

  1. STPP

Pengenyal ini bentuknya bubuk kasar putih dan harus digunakan sesuai takaran tertentu saja. Sama dengan mixphos jika kelebihan akan memberikan rasa pahit di makanan. Perlu dipahami penggunaannya juga harus dipastikan karena termasuk bahan kimia. 

  1. Karagenan

Jenis keempat dari pengenyal yang bisa digunakan adalah karagenan. Pengenyal yang satu ini terbuat dari bahan alami jadi aman digunakan. Cocok untuk melunakkan daging sapi secara maksimal. 

Bakso Lebih Enak dengan Bahan Pengenyal Makanan dari PT Markaindo Selaras

Anda bingung untuk mendapatkan bahan pengenyal makanan yang berkualitas? Jangan khawatir PT Markaindo menyediakan kebutuhan Anda. Bahkan untuk bahan pembuatan bakso disarankan menggunakan bumbu dapur dan tepung dari PT Markaindo Selaras karena sudah terjamin kualitas dan rasanya. Mereka menyediakan apa yang Anda cari terkait bumbu dapur baik untuk kebutuhan sendiri atau berjualan. 

Anda ingin melihat produk yang tersedia? Jangan lupa mengunjungi website www.markaindo.com. Sementara untuk melakukan proses pemesanan memang paling mudah langsung melalui alamat email marketing@markaindo.co.id. Pelayanannya pasti cepat dan ramah pada setiap pembelinya.