Martabak manis adalah salah satu jenis makanan yang disukai oleh semua orang. Bentuknya yang empuk diselingi lapisan selai yang semakin menggugah selera. Meskipun harga beli martabak ini memang terjangkau namun banyak orang yang memilih untuk membuatnya sendiri. Perlu diperhatikan bahwa martabak yang enak ditentukan dari adonan yang bersarang dan tidak terlalu padat. 

Mengenal Resep Martabak Manis Anti Gagal

Bahan :

  • Siapkan topping sesuai selera, bisa keju, meses coklat atau selai lainnya seperti resep martabak manis untuk jualan
  • 2 butir telur. 
  • 200 gram margarin yang dicairkan. 
  • 1 sdt pengembang adonan.
  • 1 sdt baking powder. 
  • 1 sdt vanili bubuk. 
  • 150 gram gula pasir ( bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera ).
  • 300 ml air bersih. 
  • 90 gram tepung tapioka.
  • 180 gram tepung terigu tinggi protein. 

Cara membuat :

  1. Siapkan wadah untuk mencampurkan adonan, usahakan wadah ini cukup menampung semua bahannya. Kemudian masukkan air, gula, vanila bubuk, tepung tapioka dan tepung terigu. Uleni sampai licin agar tekstur yang diberikan lebih enak nantinya. 
  2. Setelah itu masukkan pengembang adonan dan tutup menggunakan kain basah. Kira-kira diamkan 30 menitan. 
  3. Pecahkan telur ke dalam adonan dan margarin cair lalu aduk kembali sampai merata. Terakhir masukkan baking powder dengan adukan yang cepat agar tidak menggumpal. 
  4. Siapkan teflon dengan api sedang dan pastikan sudah panas. Masukkan adonan ke dalam teflon sampai ada buih-buih seperti rongga. 
  5. Taburkan gula pada bagian sarangnya, kemudian tutup teflonnya. 
  6. Jika sudah matang angkat dan olesi menggunakan topping yang telah disediakan. Martabak sudah siap untuk disajikan. 

Kriteria Pemilihan Tepung Untuk Martabak Manis

Tepung adalah komponen penting yang harus diperhatikan ketika membuat martabak manis. Tepung dengan kualitas bagus tentu menentukan ada rongga tidaknya sebuah adonan. Adapun untuk memilih tepung yang baik bisa dilihat dari beberapa aspek. Pertama, bisa dilihat dari warna dan teksturnya, tepung berkualitas baik akan memberikan warna lebih ke broken white. Sementara teksturnya lembut dan halus. 

Kedua, dari aromanya, tepung berkualitas baik akan memberikan aroma cenderung lebih ke samar-samar protein. Sementara tepung kualitas buruk akan memberikan aroma apek dan tidak sedap. Ketiga, hindari membeli tepung terigu yang sudah banyak kutunya, kualitas yang diberikan tentu sudah menurun dan terlalu lama penyimpanannya di toko. Terakhir, untuk tepung martabak direkomendasikan yang memiliki kandungan tinggi protein. Tepung ini memberikan hasil adonan yang lebih baik terutama ketika membuat kue seperti martabak. Jadi jangan memilih protein sedang atau rendah untuk membuat sebuah kue. 

Martabak Manis Lebih Berongga Dengan Tepung Dari PT Markaindo

Anda kesulitan untuk mendapatkan produk tepung berkualitas? Jangan khawatir beli saja di PT Markaindo. Perusahaan ini menjual beraneka ragam tepung dan bumbu masakan yang mendukung kualitas dan hasil masakannya. Sehingga membuat martabak manis berongga saat ini tentu bukan menjadi hal yang sulit karena didukung tepung berkualitas. 

Anda juga tidak perlu ragu dengan stok yang ada karena sangat melimpah apalagi untuk usaha kuliner. Tertarik untuk membeli produk dari PT Markaindo ini? Jangan khawatir segera kunjungi website www.markaindo.com untuk melihat produk yang dijual. Namun jika ingin langsung melakukan pemesanan bisa menghubungi marketingnya melalui email marketing@markaindo.co.id. Tentunya banyak pilihan produk berkualitas untuk keluarga yang sehat.