Sosis adalah salah satu jenis bahan makanan yang mudah sekali untuk diolah. Dari anak-anak sampai dewasa pasti akan menyukainya. Salah satu resep yang bisa Anda coba adalah resep sosis asam manis. Resep ini sangat simple karena hanya membutuhkan sosis sebagai bahan utama serta bumbu pelengkap yang mudah untuk didapatkan. Bisa menjadi alternatif makanan enak untuk anak yang susah makan. 

Resep Sosis Asam Manis

Bahan yang dibutuhkan :

  • 200 ml minyak goreng atau minyak kelapa sawit
  • 200 ml air bersih untuk memasak
  • 2 sdt gula pasir ( bisa ditambah jika dirasa kurang manis )
  • 1 bungkus kaldu jamur atau kaldu lainnya
  • 4 siung bawang putih ( cincang )
  • 2 sdm margarin 
  • 1 sdt merica bubuk
  • 3 sdm saus tomat 
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang ( potong bentuk dadu )
  • 10 buah sosis sapi ( potong miring menjadi dua bagian )

Cara mengolah :

  1. Masukkan minyak ke dalam wajan penggorengan dan nyalakan kompornya. Pastikan minyak sudah dalam kondisi yang panas barulah masukkan sosisnya untuk digoreng. Goreng sosis sampai merekah dengan sempurna kemudian angkat dan tiriskan. Ingat, jangan menggoreng sosis terlalu kering karena akan diolah kembali. 
  2. Langkah berikutnya dalam membuat resep sosis asam manis ini adalah membuat saus asam manisnya. Panaskan wajan untuk menumis dan masukkan margarin sampai meleleh. Lanjut dengan memasukkan bawang putih dan bawang bombay. Jangan lupa untuk terus menumisnya sampai layu. Berikutnya barulah masukkan semua bahan yang ada. Lakukan pengadukan secara merata untuk hasil yang lebih bagus. 
  3. Langkah selanjutnya adalah memasukkan sosis yang telah digoreng tersebut ke dalam saus. Diamkan sosis ke dalam saus agar bumbunya meresap, kira-kira sekitar 3 menitan. 
  4. Resep sosis asam manis ini sudah siap untuk dihidangkan. Disarankan untuk menghidangkan dalam kondisi masih hangat. Paling enak dimakan bersama dengan nasi putih hangat. 

Tips Memilih Sosis yang Enak

Untuk memilih sebuah sosis tentunya membutuhkan kriteria penting sebagai tanda bagus tidaknya kualitas yang diberikan. Apalagi saat ini sosis sudah cukup banyak di pasaran dengan tampilan dan harga yang bervariasi. Jadi, konsumen memang dituntut untuk selalu jeli dalam memilih produk yang berkualitas untuk keluarga. 

Dalam memilih sosis yang enak ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, pertama cobalah lihat bagian kulitnya. Disarankan pembeli untuk mengutamakan pembelian sosis dengan kulit yang bentuknya sedikit kusut. Kulit ini menjadi tanda banyak tidaknya kandungan daging yang digunakan. semakin elastis kulit sosis menandakan terlalu banyak air dan tepung yang digunakan. 

Cara memilih yang kedua adalah berdasarkan aroma dan warna. Sosis yang enak warnanya tidak akan luntur dan lengket di tangan ketika dimasak. Sementara untuk aromanya tidak asam dan basi, namun lebih segar. 

Resep Sosis Asam Manis Lebih Enak dengan Produk dari PT Markaindo Selaras

Perlu diketahui bahwa dalam membuat resep sosis asam manis ini lebih enak menggunakan bahan dan bumbu dari PT Markaindo Selaras. PT ini menyediakan banyak kebutuhan untuk memasak mulai dari tepung sampai dengan bumbu yang praktis untuk digunakan. Untuk memastikan produk yang dibuat selalu bagus jangan lupa selalu memakai tepung dan bungkus sosis dari Markaindo ini.

Penasaran dengan produk apa saja yang dijual? Silahkan mengunjungi www.markaindo.com dan cek aneka tepung serta bumbu yang tersedia. Jika Anda langsung ingin melakukan pemesanan juga sangat mudah, silahkan hubungi kontak email marketing@markaindo.co.id. Untuk pelayanan lebih baik.