Takoyaki adalah salah satu jenis jajanan jepang yang banyak digemari oleh anak-anak sampai orang dewasa. Meskipun terlihat mudah namun untuk membuat bulatan yang maksimal dibutuhkan teknik yang tepat dan bahan berkualitas. Apalagi jika untuk bisnis jualan tentunya harus bagus dan enak agar menarik minat pembelinya. 

Cara Membuat Takoyaki (Rumahan)

Bahan :

  • Siapkan minyak sawit 
  • Saus cabai secukupnya
  • Saus tomat secukupnya
  • 2 sdm mayonaise
  • Irisan keju secukupnya
  • Irisan sosis secukupnya
  • Irisan baso sapi secukupnya
  • 2 butir telur ayam
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt garam
  • ½ kaldu bubuk
  • 2 batang daun bawang ( iris dengan tipis )
  • 500 ml air
  • 300 gram tepung terigu 

Cara membuat :

  1. Siapkan wadah untuk membuat adonannya, kemudian masukkan telur dan kocok secara lepas. Lanjut dengan memasukkan tepung secara perlahan dan air. Kocok kembali agar terigunya tidak menggumpal pada adonannya. Terakhir masukkan irisan daun bawang dan kocok kembali. 
  2. Selanjutnya siapkan cetakan takoyaki dan panaskan dengan api kecil. Olesi juga cetakannya menggunakan minyak sawitnya. Masukkan satu persatu adonan ke dalam cetakannya sampai penuh dan berikan isian sesuai keinginan. Jangan langsung dibalik namun tunggu sisi bawahnya matang dan mengeras. 
  3. Miringkan takoyaki yang keras dan berikan kembali adonan untuk menutupnya. Ratakan adonan sampai membentuk bulatan yang sempurna. Tunggu sampai matang dan takoyaki sudah siap untuk dihidangkan. 

Pemilihan Bahan Berkualitas Untuk Membuat Takoyaki

Hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan takoyaki yang enak dan bulat sempurna adalah dari bahan dan tekniknya. Pemilihan bahan yang bagus tentu mendukung dari segi rasa dan bentuk yang akan dijual nantinya. Pilih tepung terigu dengan protein sedang, dan isian yang enak untuk mendukung pembuatannya. 

Selain itu pembuatan adonan yang harus diperhatikan. Adonan yang digunakan jangan terlalu encer dan padat. Aduklah semua bahan dengan merata tanpa menyisakan gumpalan karena akan menghasilkan takoyaki yang kurang enak. Ketika matang adonan yang menggumpal ini tidak bisa mengembang dan menyisakan sisa tepung yang masih mentah. 

Selanjutnya mengenai cara memasak takoyaki. Anda tidak boleh menggunakan api yang terlalu besar karena membuatnya cepat gosong. Jangan lupa untuk mengolesi cetakan takoyaki bulat dengan minyak agar tidak lengket. Lakukan pemanggangan secara perlahan untuk memastikan takoyaki bisa matang sampai sisi dalamnya. 

Banyak orang yang terlalu ragu untuk memiringkan adonan sebelum memasukkan sisi lainnya. Padahal jika ragu-ragu justru akan membuat takoyakinya pecah atau tidak sempurna. Lakukan dengan siap dan langsung berikan adonan mentah untuk menutupi sisi lainnya. Dengan begitu takoyaki bisa matang merata dari dalam. 

Takoyaki Mengembang Baik Dengan Bahan Dari PT Markaindo Selaras

Untuk mendapatkan takoyaki yang mengembang Anda bisa mencoba tepung protein berkualitas dari PT Markaindo Selaras. Selain tepung, perusahaan ini juga menyediakan bungkus sosis dan juga bumbu masakan yang membuat takoyaki semakin lezat untuk disajikan. Hanya dengan satu halaman namun bisa dapat semua kebutuhan untuk berjualan takoyaki. Anda bisa berbelanja di mana saja dan kapan saja tanpa ribet. 

Ingin tahu produk apa saja yang ada dalam PT Markaindo ini? Silahkan langsung mengunjungi laman website www.markaindo.com dan temukan kebutuhan dapur Anda. Ingin langsung melakukan pemesanan? Lebih mudah melalui marketingnya di alamat email marketing@markaindo.co.id. Pelayanan cepat dan mudah untuk mendapatkan produk berkualitas kapan saja.