Salah satu jenis kue yang sering disantap bersama keluarga adalah brownies. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan enak ketika sampai ke mulut. Ada juga yang menyukai tipe brownies lumer sehingga penggunaan cokelatnya juga harus lebih banyak. Namun kebanyakan brownies yang disukai adalah tipe yang empuk dan tidak alot saat dikunyah. Berikut ini adalah resep brownies yang bisa Anda coba :

Resep Brownies Kukus Simple

Bahan taburan :

  • Keju parut ( Anda bisa menggantinya dengan bahan lain sesuka selera )
  • Butter seperlunya

Bahan pertama :

  • 2 sdm susu bubuk rasa cokelat
  • 70 gram tepung protein sedang
  • ½ sdt baking powder

Bahan kedua :

  • 70 gram gula pasir
  • 2 buah telur
  • ½ sdt SP

Bahan ketiga :

  • 25 ml minyak goreng
  • 2 sdm SKM
  • 40 gram mentega
  • 40 gram cokelat batang

Cara membuat :

  1. Campurkan semua bahan ketiga dan lelehkan sampai baik. Proses ini membutuhkan waktu jadi disarankan untuk mencampurkan bahan lainnya sembari menunggu leleh. 
  2. Campurkan semua bahan kedua dengan menggunakan mixer agar mengembang dengan baik. Gunakan mixer dengan kecepatan tinggi agar mendapatkan adonan putih pucat. Lanjut masukkan semua bahan pertama dengan cara mengayak agar tidak ada gumpalan. 
  3. Masukkan bahan ketiga yang sudah dilelehkan tersebut kemudian aduk menggunakan sendok kue. 
  4. Panaskan panci kukusan kemudian masukkan adonan ke dalam kukusan. Kukus sekitar 30 menit. Cek menggunakan tusuk gigi jika sudah tidak ada adonan yang tertinggal maka brownies sudah bisa diangkat.
  5. Biarkan dingin terlebih dahulu kemudian oleskan butter dan taburan topping keju sesuai selera. 

Tips Penting dalam Membuat brownies Enak

Untuk bisa mendapatkan tekstur brownies lembut dan enak ternyata tidak boleh sembarangan dalam membuatnya. Selain dibutuhkan bahan-bahan berkualitas dalam menunjang pembuatannya, Anda juga bisa memilih komponen yang wajib ada di dalamnya. Seperti halnya pemilihan kualitas tepung, margarin dan pengembang. 

Bahan pertama yang diperhatikan adalah baking powder, pastikan membeli yang baru dengan kualitas baik. Bahan ini menentukan mengembang tidaknya brownies yang dibuat. Jika sudah tidak bagus jangan digunakan. Kemudian ada emulsifier meskipun bisa untuk tidak menggunakannya namun fungsinya cukup baik agar menghindari adonan yang terlalu bantat. 

Selanjutnya ada cokelat bubuk, belilah cokelat bubuk dengan kualitas baik. Cirinya adalah memiliki aroma khas cokelat dengan bubuk yang pekat. Dari segi rasa dan aroma akan sangat mempengaruhi hasilnya. Berikutnya pemilihan tepung, untuk brownies kukus disarankan memilih tepung dengan protein sedang.  Sehingga tekstur rongga yang diberikan tidak terlalu banyak dan masih tetap lumer untuk dinikmati. Pilihlah tepung dengan warna putih pucat dengan aroma yang masih enak. Jangan membeli yang sudah banyak kutunya.

brownies Lebih Enak dengan Tepung dan Pengembang dari PT Markaindo Selaras

Anda membutuhkan tempat untuk membeli tepung dan kebutuhan membuat brownies dengan lebih mudah? Silahkan membeli di PT Markaindo Selaras. Perusahaan ini tidak hanya menyediakan tepung, namun juga ada pengenyal, bumbu dapur kering sampai dengan casing sosis. Anda bisa mendapatkan semua keperluan dapur secara lengkap tanpa ribet. 

Untuk informasi produk yang tersedia di PT Markaindo Selaras Anda bisa mengeceknya melalui laman website www.markaindo.com. Ingin langsung melakukan pemesanan? Lebih mudah menghubungi alamat email marketernya di marketing@markaindo.co.id. Pelayanannya lebih cepat dan memberikan kepuasan untuk para pelanggannya.