Bumbu ikan bakar umumnya sangat beragam, karena selera setiap orang tentu berbeda. Saat ini, Anda bisa memilih untuk menggunakan bumbu olahan sendiri ataupun bumbu kemasan yang tersedia di pasaran. Berikut beberapa resep bumbu untuk ikan bakar yang praktis dan lezat yang bisa Anda buat di rumah.

  1. Ikan Bakar Sederhana

Jika ingin membuat ikan bakar sederhana, Anda bisa menggunakan bumbu ikan bakar yang seadanya dan tidak terlalu banyak. Misalnya, ikan yang dipilih bisa diberi garam, minyak goreng dan perasan jeruk nipis, dan kunyit bubuk secukupnya. Selain menggunakan bumbu-bumbu tadi, kecap, serta kaldu dan merica bubuk juga bisa ditambahkan untuk meningkatkan rasa ikan bakar.

  1. Ikan Bakar Padang

Menu masakan padang umumnya dikenal karena rasanya yang pedas dan menggugah selera. supaya rasanya lebih maksimal, ikan bakar padang sebaiknya dibuat menggunakan bumbu alami. bumbu yang harus disiapkan adalah bawang merah, bawang putih, cabe merah, kunyit, jahe dan lengkuas. Bumbu ikan tersebut nantinya akan haluskan, lalu dilumuri ke ikan sebelum dibakar.

  1. Ikan Bakar Manis Pedas

Tidak sedikit orang yang kurang menyukai rasa pedas berlebihan. Karenanya, kamu para pebisnis kuliner, bisa menyajikan menu ikan bakar manis pedas. Siapkan bawang putih, bawang merah, cabe rawit, cabe keriting, jahe, kunyit, dan lada. Selain itu, sediakan juga kemiri sangria, kaldu bubuk, jeruk nipis, dan asam sundai.

Selain jeruk nipis dan asam sundai, bumbu ikan bakar untuk dijual tersebut harus dihaluskan dengan ditambah sedikit minyak goreng. Jangan lupa, untuk menciptakan rasa manis pada ikan bakar pedas ini, Anda perlu menambahkan bumbu dengan gula pasir secukupnya.

  1. Ikan Bakar Bali

Jika ingin menjadi pemilik usaha kuliner yang menyediakan menu ikan bakar bali, Anda perlu mengetahui jenis bumbu yang digunakan. Bumbu ikan bakar untuk dijual tersebut terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai rawit, tomat, jahe, dan lada. 

Siapkan juga beberapa bumbu lainya, yaitu kunyit bakar, ketumbar, dan kemiri sangrai. Supaya ikan terasa lebih fresh, siapkan beberapa buah jeruk nipis yang nantinya akan diperas di ikan setelah dicuci. 

  1. Ikan Bakar Dabu Dabu

Ikan bakar dabu-dabu memiliki tampilan yang unik, karena disajikan dengan bumbu yang dipotong dadu. Bumbu yang perlu disiapkan adalah ketumbar bubuk, bawang putih, kemiri, kunyit, tomat, jeruk nipis, bawang merah dan cabe merah. Jeruk nipis, tomat, dan bawang merah hanya digunakan sebagai bumbu untuk hiasan ikan bakar dabu dabu.

Sedangkan untuk bumbu halusnya menggunakan bawang putih, ketumbar, kemiri dan kunyit. Supaya rasa ikan bakar lebih terasa, Anda bisa mengolesi ikan dengan bumbu halus lalu menyimpannya dalam kulkas selama 30 menit. Beberapa bumbu ikan bakar untuk dijual tersebut bisa membuat ikan terasa lebih segar.

Masak Ikan Bakar Lebih Mudah dengan Bumbu dari PT Markaindo Selaras

Ikan bakar memang termasuk sebagai makanan sederhana dengan rasa yang nikmat dan menyehatkan. Sayangnya, proses pembuatan bumbu dan pembakaran ikan bisa membutuhkan waktu yang cukup lama. kamu yang tidak punya banyak waktu tetap bisa memasak ikan bakar lezat dengan menggunakan bumbu ikan bakar dari PT  Markaindo Selaras.

PT Markaindo Selaras menyediakan berbagai bumbu bubuk, seperti bawang putih, merica, ketumbar, dan kunyit bubuk. Beberapa bumbu bubuk ini tentu bisa mempermudah serta mempercepat proses pembuatan ikan bakar. Anda juga bisa menemukan banyak bumbu masak lainnya di PT Markaindo Selaras melalui website resminya di www.markaindo.com.

Sedangkan untuk pemesanan atau informasi lebih lanjut, silahkan hubungi PT  Markaindo Selaras melalui email marketing@markaindo.co.id. Gunakan bumbu dari PT  Markaindo Selaras untuk membuat ikan bakar jadi lebih lezat, dengan proses yang cepat dan mudah.