Ayam potong memiliki ciri khas bau amis yang bagi sebagian orang menganggu, namun ada beberapa cara menghilangkan bau amis pada daging. Bau amis dikarenakan ayam potong tidak langsung diolah setelah disembelih, bahan ini akan menghilangkan aroma amis ayam, sebagai berikut. 

  1. Tuangkan Jeruk Nipis dan Garam

Bau amis daging ayam bisa dihilangkan dengan kombinasi terbaik antara jeruk nipis dan garam, karena aroma jeruk nipis kuat. Cara menghilangkan bau amis yaitu cuci ayam terlebih dahulu, kemudian tuangkan satu sendok teh garam pada daging. 

Setelah garam, tuang 2-3 sendok makan jeruk nipis untuk 1 kg ayam. Kemudian aduk campuran tersebut sampai meresap ke kulit ayam, lalu bilas sampai bersih. 

  1. Rendam dengan Air Asam Jawa

Biasanya, bau amis disebabkan lendir-lendir yang dikeluarkan ayam potong. Cara menghilangkan bau amis pada ayam selanjutnya yaitu mencuci ayam hingga bersih, kemudian direndam pada air asam jawa. Daging ayam direndam kurang lebih 30-60 menit, setelah itu bilas bersih air asam jawa yang masih melekat di ayam.

  1. Tuangkan Cuka Secara Merata

Cuka merupakan bahan masakan yang memiliki aroma asam kuat, sehingga bisa menyamarkan bau amis ayam. Cukup tuangkan satu sendok makan cuka untuk 1 kg ayam potong, kemudian remas-remas daging ayam, agar cuka tersebar merata. Setelah itu, diamkan ayam selama 5-10 menit, kemudian dibilas dengan air matang, dan ayam siap dimasak. 

  1. Baluri Tepung Terigu

Cara menghilangkan bau amis pada ayam lainnya menggunakan tepung terigu, tanpa mengubah cita rasa daging. Anda bisa membaluri tepung terigu pada seluruh bagian daging ayam sampai tertutup, kemudian diamkan sekitar 10-20 menit. 

Setelah didiamkan, ayam bisa dicuci bersih dan dikeringkan dengan tisu dapur sebelum diolah. Jadi, bau amis ayam hilang, namun cita rasa dagingnya tetap original. 

  1. Cuci dengan Air Rebusan Daun Jeruk 

Semua orang tahu bahwa daun jeruk beraroma kuat dan mampu menyedapkan berbagai masakan. Selain itu, rebusan daun jeruk mampu melenyapkan aroma amis ayam potong. 

Air rebusan dari daun jeruk yang telah mendidih, didiamkan sampai mendingin, setelah itu cuci ayam dengan air rebusan itu. Agar aroma amis menghilang secara optimal, Anda bisa memasukan daun jeruk segar sebanyak 2 lembar ke masakan. 

  1. Olesi dengan Minyak Wijen

Selain digunakan memasak, minyak wijen mampu melenyapkan bau amis dari ayam potong, cukup dituangkan pada daging ayam mentah secukupnya. Cara menghilangkan bau amis pada ayam dengan membolak-balik ayam agar minyak wijen tercampur merata di daging ayam

Setelah itu diamkan selama 30 menit, hal ini bertujuan agar minyak wijen terserap ke daging serta kulit ayam. Resapan minyak wijen menjadikan rasa daging ayam semakin lezat ketika matang. 

  1. Dibalurkan dengan Jahe 

Cara menghilangkan bau amis ayam maupun ikan dengan jahe, populer di berbagai negara. Cukup memarut jahe sekitar 5 cm. Kemudian balurkan jahe ke daging ayam secara merata, lalu tunggu selama setengah jam, dan bilas menggunakan air bersih. 

Ciptakan Hidangan Ayam Lezat Bersama Bumbu dari PT Markaindo Selaras 

Selain menerapkan cara menghilangkan bau ayam potong, olahan ayam lezat, salah satunya dipengaruhi kualitas bumbu yang Anda pilih. Gunakan tepung atau bumbu dari PT Markaindo Selaras, agar cita rasa masakan ayam lebih lezat dan menggugah selera. 

Ketahui lebih lanjut mengenai tepung atau bumbu berkualitas untuk menciptakan olahan ayam lezat website www.markaindo.com.  Untuk informasi lebih lanjut seperti mengajukan pertanyaan atau melakukan pemesanan bisa lewat marketing@markaindo.co.id.