Soto ayam termasuk salah satu makanan berkuah yang diminati masyarakat, karena rasa bumbu soto ayam yang segar dan nikmat. Selain bisa dibuat untuk konsumsi pribadi bersama pembeli, soto ayam juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha, lho. Supaya bisa membuat soto ayam jadi lebih enak dan laris diborong pembeli, yuk! coba beberapa resep berikut.

Soto Ayam Kuah Kuning

Bumbu soto ayam terdiri dari 2 jenis, yaitu bumbu halus dan bumbu tambahan. Bumbu halus untuk soto ayam kuah kuning terdiri dari bawang putih, merica butir, kemiri, kunyit, garam, dan jahe. Sedangkan untuk bahan tambahannya adalah daun salam, minyak goreng, tomat, serai, lengkuas, daun jeruk, daun bawang, dan tomat.

Sedangkan untuk isian sotonya, Anda bisa memilih bahan sesuai selera. Sebelum dibuat menjadi bumbu kuah, semua bumbu harus ditumis dan kemudian dituangkan air kaldu yang tadinya digunakan untuk merebus ayam. Setelah dituang kaldu, aduk bumbu soto ayam untuk jualan tersebut hingga merata.

Soto Kudus

Jumlah bumbu soto ayam untuk jualan ini tidak jauh berbeda dengan soto ayam kuah kuning. Bahan soto yang perlu disiapkan adalah daun salam, lengkuas, garam, kaldu ayam, kecap manis, dan minyak goreng. Sedangkan untuk bumbu halusnya, siapkan bawang merah, bawang putih, dan merica.

Supaya rasanya lebih segar, nantinya Anda bisa menambahkan air perasan jeruk nipis ke dalam kuah soto ayam. Pertama-tama bumbu harus ditumis, kemudian dituang dalam air rebusan ayam sambil dicampur dengan garam dan kaldu ayam. Setelah itu, masak kuah soto hingga mendidih lalu ditambah kecap manis dan garam secukupnya.

Soto Ayam Lamongan

Resep soto yang terakhir adalah soto ayam Lamongan yang sudah sangat terkenal. Bumbu soto ayam untuk jualan soto ayam Lamongan adalah jeruk nipis, minyak goreng, daun jeruk, serai, dan jahe. Kemudian untuk bumbu halus, yang perlu disiapkan adalah bawang putih, kemiri, kunyit bakar, dan garam.

Proses pembuatan kuah soto ayam Lamongan juga sama dengan beberapa cara sebelumnya, yakni dengan menumis bumbu terlebih dahulu. Tumis bumbu halus, lalu masukan ke dalam kaldu ayam, dan masak bumbu tersebut hingga mendidih. Jika sudah, maka kuah sudah siap untuk diisi dengan suwiran ayam goreng maupun isian lainnya.

Butuh Bumbu Dapur Berkualitas? Beli Saja di PT Markaindo Selaras

Bumbu soto ayam tentu menjadi kebutuhan pokok saat Anda akan membuat soto ayam. Jangan ragu untuk membeli bumbu dapur untuk keperluan memasak di PT Markaindo Selaras. Aneka produk yang ditawarkan perusahaan ini sudah terjamin aman dan berkualitas. Perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan ini pun sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat.

Perusahaan ini memiliki laman website resmi, yakni www.markaindo.com, yang bisa membantu Anda dalam menemukan produk yang dibutuhkan. Beberapa bahan masak bubuk seperti tepung, bumbu soto, dan bumbu BBQ juga telah tersedia di PT Markaindo Selaras. Gunakan produk bumbu dapur Markaindo untuk mendapatkan masakan yang lezat dan menyehatkan.

Jika Anda membutuhkan bumbu dapur, ataupun hal lain yang berkaitan dengan makanan, silahkan percayakan pada PT Markaindo Selaras. Selain berkualitas, bumbu dapur yang tersedia juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk mengajukan pertanyaan atau pemesanan, Anda bisa menghubungi email perusahaan di marketing@markaindo.co.id